Sukses

Gerindra Akui Prabowo-Gibran Sudah Bicara soal Susunan Kabinet

Menurut Muzani, kursi menteri sepenuhnya disusun oleh Prabowo. Ia yakin Prabowo akan memilih calon menteri dari parpol pengusung tentu yang profesional dan kompeten.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengakui bahwa Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah membicarakan soal proporsionalitas kabinet untuk pemerintahan yang akan datang. Namun menurutnya hal itu baru tahap awal.

Ia mengatakan, dalam pertemuan keduanya Gibran menyampaikan pandangannya mengenai susunan kabinet.

“Tapi itu baru awalan. Mas Gibran sampaikan pandangan, Pak Prabowo berdiskusi dengan wapresnya sesuatu yang bagus. Itu yang terjadi. Ya dibicarakan nama, portofolio, dan seterusnya. Tapi itu baru awalan saja," kata Muzani di Jakarta, Rabu, (27/3/2024) 

Menurut Muzani, kursi menteri sepenuhnya disusun oleh Prabowo. Ia yakin Prabowo akan memilih calon menteri dari parpol pengusung tentu yang profesional dan kompeten. Ia juga memastikan komunikasi antar ketum parpol berjalan terus.

"(Prabowo) menganggap bahwa orang-orang yang diajukan oleh partai juga adalah orang yang dianggap profesional, memiliki kemampuan, dan kepakaran di bidang yang diajukan," pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Gerindra mengatakan bahwa Prabowo juga akan meminta pendapat Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait susunan kabinet Prabowo-Gibran. 

"Bukan cawe-cawe, pastinya akan dimintai pendapat oleh Pak Prabowo," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/3).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gerindra Sebut Prabowo Akan Minta Pendapat Jokowi soal Susunan Kabinet

 

Selain itu, Jokowi juga bisa memberikan usulan nama-nama calon anggota kabinet. Namun, dirinya tidak mengetahui apakah Jokowi akan memberi nama atau belum.

"Saya enggak tahu ya, apakah sampai nama apakah sosoknya seperti apa ya bisa saja memberi nama, orang saya aja boleh mengusulkan kan," ujarnya.

"Ya boleh dong (Pak Jokowi mengusulkan), anda boleh mengusulkan nama Habiburokhman jadi menteri apa. Saya enggak tahu, saya enggak tahu (Pak Jokowi sudah kasih nama)," sambungnya.

Selain itu, Habiburokhman menyebut, jika Jokowi orang yang paling banyak dimintai pendapat oleh Prabowo.

"Saya tidak tahu (peran Jokowi sejauh apa), secara institusional tidak tahu. Tapi secara prinsip, memang Pak Jokowi dipastikan menjadi salah satu orang yang paling banyak dimintai pendapat oleh Pak Prabowo, saya yakin," sebutnya.

"Pak Prabowo kan mengatakan Pak Jokowi itu mentor beliau, di acara-acara internal Pak Prabowo berulang kali menyampaikan kepada kami bahwa beliau belajar banyak dari Pak Jokowi. Beliau kan sebagai tentara kan belajar kepemimpinan dari muda, tapi melihat sosok yang begitu luar biasa ya itu adalah Pak Jokowi," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Prabowo Belajar dari Jokowi

Habiburokhman mengatakan, Prabowo menilai Jokowi mampu memimpin rapat secara efektif, pekerja keras serta melakukan safari ke berbagai wilayah Indonesia.

"Itulah yang dipelajari oleh Pak Prabowo dari Pak Jokowi, dan putusan-putusan yang tepat dalam saat-saat yang kritik, yang sering dibuat Pak Jokowi. Itu kata Pak Prabowo," jelasnya.

"Jadi Pak Prabowo kan melanjutkan capaian dan legacy-nya Pak Jokowi. Ke mana? Kalau ingin melanjutkan capaian Pak Jokowi? Ya ke Pak Jokowi lah nanyanya, ya enggak?," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini