Sukses

7 Fakta Viral Pengemudi Xpander Tabrak Showroom Porsche di PIK, Jadi Tersangka

Belum lama ini viral video di media sosial mobil Mitsubishi Xpander menabrak sebuah showroom mobil mewah. Kejadian itu terjadi di showroom mobil mewah milik Ivan’s Motor yang membuat satu unit Porsche GT3 ringsek.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini viral video di media sosial mobil Mitsubishi Xpander menabrak sebuah showroom mobil mewah. Kejadian itu terjadi di showroom mobil mewah milik Ivan’s Motor yang membuat satu unit Porsche GT3 ringsek.

Insiden tersebut dibenarkan Kasi Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Aryono. Dia mengatakan, kejadian tersebut di Jalan Thamrin Boulevard Pantai Indah Kapuk atau di PIK 2, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Iya benar itu (kecelakaan) sudah diproses," singkat Aryono saat dikonfirmasi, Kamis 14 Maret 2024.

Ivan’s Motor pengelola showroom mobil mewah pun buka suara. Lewat akun resmi WhatsApp dari Ivan’s Motor, dijelaskan jika kejadian yang terjadi pada Rabu 14 Maret 2024 sedang ditangani baik secara internal maupun eksternal.

"Mohon maaf belum bisa kasih info apa-apa terkait insiden yang ramai di sosmed," kata akun resmi Ivan’ Motor.

Rupanya, diduga pengemudi Xpander tersebut mabuk. Hal itu seperti disampaikan Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

"Di TKP diamankan pengemudi mobil diduga dalam pengaruh minunan keras," kata Zain saat dikonfirmasi, Jumat 15 Maret 2024.

Zain menjelaskan, pengemudi Xpander telah meminum alkohol di rumahnya yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Kemudian pada saat berkendara, pengemudi tersebut juga dalam kondisi tidak sepenuhnya sadar hingga terlibat kecelakaan.

"Pada saat keluar rumah membawa mobil dalam pengaruh miras dan pada saat melewati jalan di depan showroom tidak bisa mengendalikan mobil sehingga menabrak bangunan showroom," ungkap Zain.

Polisi pun menetapkan J (42), pengemudi Xpander yang menabrak Porsche di dalam Showroom di kawasan PIK 2, Kabupaten Tangerang, Banten sebagai tersangka. Saat ini, J ditahan di Mapolres Metro Tangerang.

"Iya, sudah (tersangka). Saat ini ditahan, dititipkan di Mapolres, sebab ruang tahanan di Polsek (Teluknaga) sudah penuh, ada 20 tahanan," ungkap Kapolsek Teluknaga, AKP Wahyu Hidayat, Jumat 15 Maret 2024.

Berikut sederet fakta terkait insiden viral video di media sosial mobil Mitsubishi Xpander tabrak Porsche di PIK 2, Kabupaten Tangerang, Banten dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Kejadian Viral di Media Sosial, Polisi Turun Tangan

Kejadian viral terekam lewat akun X @innovacommunity. Dengan mengetahui identitas dari showroom yang ditabrak mobil Xpander adalah milik dari Ivan’s Motor.

Dari penelusuran ke lokasi, didapati jika kejadian mobil Xpander yang menabrak showroom Ivan’s Motor, terletak di salah satu cabangnya daerah perumahan Pantai Mutiara, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Tangerang, Banten.

Polres Metro Tangerang Kota pun turun tangan mengusut kejadian mobil Xpander yang menabrak showroom mobil mewah milik Ivan’s Motor yang membuat satu unit Porsche GT3 ringsek.

Kasi Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Aryono membenarkan kejadian tersebut di Jl Thamrin Boulevard Pantai Indah Kapuk 2, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Iya bener itu (kecelakaan) sudah diproses," singkat Aryono saat dikonfirmasi, Kamis 14 Maret 2024.

Namun, Aryono belum bisa menjelaskan lebih lanjut terkait kronologi dan penyebab kecelakaan. Sebab, pihaknya sampai saat ini masih mengumpulkan barang bukti dan informasi, termasuk sopir Expander.

"Sudah, kejadian kemarin. (Identitas Pengemudi Expander) sudah (diketahui) tinggal tunggu aja," tegas Aryono.

 

3 dari 8 halaman

2. Respons Showroom Terkait Insiden

Ivan’s Motor pengelola showroom mobil mewah buka suara atas insiden mobil Xpander yang menabrak satu unit Porsche GT3 di showroom kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kabupaten Tangerang, Banten.

Lewat akun resmi whatsaap dari Ivan’s Motor, dijelaskan jika kejadian yang terjadi pada Rabu 14 Maret 2024, sedang ditangani baik secara internal maupun eksternal.

"Mohon maaf belum bisa kasih info apa-apa terkait insiden yang ramai di sosmed," kata akun resmi Ivan’ Motor.

Sebab, sampai saat ini pihaknya masih melakukan investigasi atas insiden tersebut. Sehingga pihaknya belum bisa memberikan komentar lebih lanjut baik terkait kronologi maupun penyebab insiden itu.

"Karena saat ini sedang proses investigasi. Mohon pengertiannya," tulisnya.

 

4 dari 8 halaman

3. Kronologi Kejadian Sopir Xpander Tabrak Porsche Seharga Rp8,9 M

Polisi mengungkap kronologi pengemudi Xpander menabrak sebuah mobil mewah Porsche GT 3 seharga Rp 8,9 miliar di showroom kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho menyebut insiden tersebut terjadi pada Rabu, 13 Maret 2024 sekitar pukul 11.00 WIB di Showroom mobil Ivan’s PIK 2 Jl Kavling Boulevard Kosambi Tangerang.

Setelah dilakukan pengecekan di TKP, ditemukan sebuah mobil Mitsubishi Expander terlibat kecelakaan yang menyebabkan properti showroom hancur.

"Sebuah Mitsubishi Xpander yang dikemudikan JS menabrak bagian gedung showroom bagian depan yang akibatkan panel besi kaca depan patah dan kaca pecah," ungkap Zain saat dikonfirmasi, Jumat 15 Maret 2024.

Tidak hanya itu, salah satu mobil yang dipajang merk Porsche GT juga ikut tertabrak hingga ringsek. Polisi pun mengamankan pengemudi Xpander dalam kondisi mabuk.

"Di TKP diamankan pengemudi mobil diduga dalam pengaruh minunan keras dan barang bukti mobil ke polsek untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," terang dia.

Zain menjelaskan, pengemudi Xpander telah meminum alkohol di rumahnya yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Kemudian pada saat berkendara, pengemudi tersebut juga dalam kondisi tidak sepenuhnya sadar hingga terlibat kecelakaan.

"Pada saat keluar rumah membawa mobil dalam pengaruh miras dan pada saat melewati jalan di depan showroom tidak bisa mengendalikan mobil sehingga menabrak bangunan showroom," ungkap Zain.

 

5 dari 8 halaman

4. Sopir Xpander Diduga Gara-Gara Mabuk

Seorang pengemudi Xpander menabrak sebuah mobil mewah Porsche GT 3 di showroom kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kabupaten Tangerang, Banten. Diduga pengemudi Xpander tersebut mabuk.

"Di TKP diamankan pengemudi mobil diduga dalam pengaruh minunan keras," kata Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho saat dikonfirmasi, Jumat 15 Maret 2024.

Zain menjelaskan, pengemudi Xpander telah meminum alkohol di rumahnya yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Kemudian pada saat berkendara, pengemudi tersebut juga dalam kondisi tidak sepenuhnya sadar hingga terlibat kecelakaan.

"Pada saat keluar rumah membawa mobil dalam pengaruh miras dan pada saat melewati jalan di depan showroom tidak bisa mengendalikan mobil sehingga menabrak bangunan showroom," ungkap Zain.

Saat ini polisi mengamankan mobil Xpander tersebut. Sementara kerugian yang dialami Ivan's Showroom masih didalami.

 

6 dari 8 halaman

5. Pengemudi Xpander Ditetapkan Tersangka

Tak butuh waktu lama, polisi menetapkan J (42), pengemudi mobil Xpander yang menabrak Porsche di dalam Showroom di kawasan PIK 2, Kabupaten Tangerang, sebagai tersangka. Saat ini, J ditahan di Mapolres Metro Tangerang.

"Iya, sudah (tersangka). Saat ini ditahan, dititipkan di Mapolres, sebab ruang tahanan di Polsek (Teluknaga) sudah penuh, ada 20 tahanan," ungkap Kapolsek Teluknaga AKP Wahyu Hidayat.

Polisi pun menjerat J dengan pasal 200 KUHP dan atau 406 KUHP, dimana J lalai dalam mengendarai kendaraanya, serta mengemudi dalam keadaan mabuk akibat meminum alkohol jenis vodka.

"Dia mengakui meminum alkohol jenis vodka pada saat sebelum berangkat dan mengendarai mobilnya. Dan juga mengakui, mau berangkat menuju showroom tersebut," ucap Wahyu.

Namun, apakah hanya sekedar mampir karena kenal dengan pemilik showroom atau hanya ingin sekedar melihat-lihat kendaraan mewah di sana, polisi masih terus mendalaminya.

 

7 dari 8 halaman

6. Polisi Periksa Pegawai Showroom

AKP Wahyu Hidayat pun menyampaikan pihaknya memeriksa lima orang saksi dalam kasus sopir Xpander menabrak mobil mewah Porsche GT 3 di showroom kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Sudah ada lima saksi. Manajer showroom yang bertugas saat itu, marketing yang tengah menjelaskan produk pada saat kejadian, serta petugas keamanan yang berjaga di depan showroom," terang dia.

Lalu, pada Jumat 15 Maret 2024, ada tiga saksi lainnya yang dipanggil untuk dimintai keterangan. Ketiganya bertugas sebagai apa pada saat kejadian, Kapolsek belum bisa memastikan.

Meski begitu, Wahyu memastikan, pada saat kejadian tidak ada korban luka. Petugas Showroom pun langsung mengamankan lokasi agar tidak ada yang terdampak.

 

8 dari 8 halaman

7. Pengakuan Pengemudi Xpander, Siap Ganti Rugi

Pengemudi Xpander berinisial JS (42) mengaku kepada Polisi dirinya siap mengganti kerugian yang dialami showroom mewah Ivan’s motor setelah mobil Porsche-nya ditabrak hingga ringsek.

Demikian pengakuan JS itu disampaikan Kapolsek Teluk Naga AKP Wahyu Hidayat pada saat pemeriksaan beberapa waktu lalu.

"Pengakuannya dia pengen ganti rugi, 'saya siap ganti rugi' itu aja omongannya. Itu setelah kita amankan. 'Saya bakalan ganti rugi nanti' gitu ngomongnya," kata Wahyu saat dikonfirmasi, Minggu (17/3/2024).

Sementara dari pihak pemilik showroom Ivan’s motor menyatakan sampai saat ini tetap ingin melanjutkan kasus ini ke proses hukum. Sehingga, JS pun telah ditetapkan tersangka akibat insiden itu.

"Dari pihak korban, ingin prosesnya dilanjut, begitu," ujarnya.

Sementara untuk kerugian yang diperkirakan ditanggung JS akibat kecerobohaannya menabrak showroom dan merusak mobil sport porsche, ditaksir mencapai Rp5,7 miliar.

"Kerugian kurang lebih Rp 5,7 Miliar. (jumlah kerugian) keseluruhan kalau kata manajernya," jelas Wahyu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.