Sukses

Top 3 News: Selisih Suara dengan PDIP Tipis, Golkar Berpeluang Jadi Penguasa DPR

Partai Golkar berpotensi meraih kursi terbanyak di parlemen usai Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 meski Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang meraih suara tertinggi hasil perhitungan suara. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar berpotensi meraih kursi terbanyak di parlemen usai Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 meski Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang meraih suara tertinggi hasil perhitungan suara. Itulah top 3 news hari ini.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai, tingginya jumlah suara nasional biasanya diikuti jumlah kursi di Senayan atau DPR yang juga akan tinggi.

Tetapi, menurut Pangi, dalam perhitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU), meski perolehan suara PDIP unggul secara nasional, namun secara sebaran suara Partai Golkar lebih banyak di 15 provinsi, sementara PDIP hanya 9 provinsi.

Sementara itu, bencana angin puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Bandung dan Sumedang, Jawa Barat pada Rabu 21 Februari 2024 pada pukul 15.30 WIB.

Menurut laporan, terdapat 5 kecamatan yang terdampak, di antaranya Kecamatan Rancaekek, Cicalengka dan Cileunyi (Kabupaten Bandung), serta Kecamatan Mangunraja dan Jatinangor (Kabupaten Sumedang).

Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman mengatakan, kejadian ini telah menyebabkan sekitar 121 warga mengalami luka. Pihaknya pun kini mendirikan tenda darurat di Kecamatan Mangunraja, Desa Cimanggung.

Kemudian, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mencatat, angin puting beliung itu sudah menerjang pemukiman warga, pabrik, hingga pusat perbelanjaan di sekitar lokasi kejadian.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) yang merespons pernyataan Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni menyebutnya lawan mudah jika maju pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada DKI Jakarta 2024.

Menanggapi pernyataan Sahroni, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil kemudian mengutip pernyataan Komedian Mandra dari potongan video 'Si Doel Anak Sekolahan'. Video itu, dia unggah di laman Instagram pribadinya @ridwankamil, Jumat 23 Februari 2024.

Dilihat Liputan6.com, video yang diunggah Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih Partai Golkar itu berisi editan gabungan Baliho dirinya dengan meme video Mandra.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 23 Februari 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Selisih Suara dengan PDIP Tipis, Pengamat Sebut Golkar Bisa Jadi Penguasa DPR

Partai Golkar berpotensi meraih kursi terbanyak di parlemen usai Pemilu 2024 meski Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang meraih suara tertinggi hasil perhitungan suara. 

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago meniliai, tingginya jumlah suara nasional biasanya diikuti jumlah kursi di Senayan yang juga akan tinggi.

Tapi dalam dalam perhitungan suara KPU, meski perolehan suara PDIP unggul secara nasional, namun secara sebaran suara Partai Golkar lebih banyak di 15 provinsi, sementara PDIP hanya 9 provinsi.

"Sebetulnya memang menarik ya, Golkar jumlah suara nasionalnya biasa melewati jumlah kursi, memang terutama sebaran Golkar lebih merata ya. Yang pertama partai Golkar partai yang luar biasa untuk bisa mengambil kursi-kursi terakhir itu," kata Pangi kepada Liputan6.com, Jumat 23 Februari 2024.

Sehingga tak menutup kemungkinan Partai Golkar akan mendapat kursi terbanyak di parlemen dan menjadi penguasa DPR meski suara PDIP lebih tinggi.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Lima Fakta Terkait Bencana Angin Puting Beliung Rancaekek yang Disebut Mirip Tornado di Amerika Serikat

Bencana angin puting beliung menerjang wilayah Kabupaten Bandung dan Sumedang, Jawa Barat pada Rabu 21 Februari 2024 pada pukul 15.30 WIB.

Menurut laporan, terdapat 5 kecamatan yang terdampak, di antaranya Kecamatan Rancaekek, Cicalengka dan Cileunyi (Kabupaten Bandung), serta Kecamatan Mangunraja dan Jatinangor (Kabupaten Sumedang).

Pj. Bupati Sumedang, Herman Suryatman mengatakan, kejadian ini telah menyebabkan sekitar 121 warga mengalami luka. Pihaknya pun kini mendirikan tenda darurat di Kecamatan Mangunraja, Desa Cimanggung.

"Kami siapkan tenda darurat sebagai penanganan darurat untuk warga terdampak, ada 113 warga yang luka ringan dan 10 luka sedang," kata Herman dalam keterangannya di Sumedang, Kamis 22 Februari 2024.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mencatat, angin puting beliung itu sudah menerjang pemukiman warga, pabrik, hingga pusat perbelanjaan di sekitar lokasi kejadian.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Dianggap Lawan Mudah di Pilkada DKI oleh Sahroni, Ridwan Kamil Unggah Video Mandra: Sombong Amat

Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK), merespons pernyataan Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni yang menyebutnya lawan mudah jika maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024.

Menanggapi pernyataan Sahroni, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil kemudian mengutip pernyataan Komedian Mandra dari potongan video 'Si Doel Anak Sekolahan'. Video itu, dia unggah di laman Instagram pribadinya @ridwankamil, Jumat 23 Februari 2024.

"Bang @ahmadsahroni88 ada salam dari Mandra. Hatur Nuhun," kata Kang Emil.

Dilihat Liputan6.com, video yang diunggah Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Pemilih Partai Golkar itu berisi editan gabungan Baliho dirinya dengan meme video Mandra.

Tercatat, per pukul 11.19 WIB, unggahan itu telah disukai sebanyak 49.677 pengguna Instagram. Selain itu, total 6.085 lainnya mengomentari postingan Ridwan Kamil tersebut.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.