Sukses

Senyum AHY Ketika Ditanya Soal Moeldoko Tak Hadir saat Pelantikan Menteri di Istana

Sosok Moeldoko sebelumnya sempat berseberangan dengan AHY terkait kisruh Partai Demokrat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Pelantikan dilaksanakan di Istana, Jakarta, Rabu (21/2/2024), pukul 11.00 Wib.

Dalam kegiatan ini, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko tidak hadir. Selain itu, acara tersebut juga tidak dihadiri Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sosok Moeldoko sebelumnya sempat berseberangan dengan AHY terkait kisruh Partai Demokrat. Kala itu, Moeldoko pernah terpilih menjadi ketua umum Partai Demokrat melalui Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat, 5 Maret 2021.

Kisruh itu berlanjut ke jalur hukum. Mahkamah Agung menolak kasasi Moeldoko terkait kepengurusan Demokrat pada 3 Oktober 2022. Moeldoko sempat mengajukan peninjauan kembali (PK), tetapi MA kembali menolaknya pada 10 Agustus 2023.

Ketidakhadiran Moeldoko tersebut tidak terlalu ditanggapi oleh Ketua Umum Partai Demokrat tersebut. Ia hanya menjawab secara singkat sambil melempar senyum kepada awak media yang menanyakan perihal itu.

"(Pak Moeldoko enggak hadir di pelantikan) Wahduh," ujar AHY yang kemudian langsung tersenyum dan berjalan menuju ke ruang aula tempat serah terima jabatan dengan Hadi Tjahjanto di Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Rabu (21/2).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Megawati Absen di Pelantikan Menteri

Sebelumnya, Presiden kelima RI, sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri absen di pelantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Selain Megawati, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko juga tak hadir.

Sebagai informasi, AHY dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri ATR di Istana Negara, Jakarta, hari ini pukul 11.00 WIB.

AHY dilantik bersamaan dengan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pantauan merdeka.com, Rabu (21/2), AHY tampak menggunakan setelan jas hitam dengan peci hitam. Hadi juga mengenakan konstum serupa.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) hadir dalam pelantikan ini. Mereka di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Kemudian, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, hingga Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Menariknya, menteri dari PDIP tak seluruhnya hadir. Mereka yang hadir hanya Menteri PAN-RB Azwar Anas dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebagai informasi, Moeldoko pernah ingin merebut Demokrat dari tangan AHY. Namun, upaya itu kandas usai Mahkamah Agung menolak Peninjauan Kembali (PK) Moeldoko.

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.