Sukses

Top 3 News: Respons Jokowi soal Data Alutsista dan Pertahanan yang Disorot dalam Debat Capres

Jokowi menyebut, bahwa data alutsista maupun pertahanan ada yang bisa terbuka, tetapi lebih banyak yang mesti dirahasiakan.

Liputan6.com, Jakarta - Debat calon presiden yang berfokus pada isu pertahanan sudah berlangsung pada 7 Januari 2024 kemarin bertempat di Istora Senayan, Jakarta. Masing-masing capres, baik itu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo berusaha menguasai tema yang diberikan saat itu, yakni terkait isu pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. 

Saat arena debat membahas soal data alat utama sistem senjata tentara nasional Indonesia (alutsista), argumen dari masing-masing paling banyak mendapat sorotan publik Tanah Air. Lantaran,  calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan meminta agar Prabowo membuka soal data-data tentang pertahanan dan alutsista dalam forum terbuka. 

Momen tersebut tak luput dari perhatian Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dia pun baru-baru ini memberi tanggapannya. Menurut Jokowi tidak semua data alutsista dan pertahanan negara yang bisa diungkap secara gamblang di ruang publik. Ada hal-hal yang perlu dirahasikan karena menyangkut strategi besar negara.

Sementara itu, berita terpopuler kedua yang tak kalah menyita perhatian pembaca Liputan6.com, pada Senin, 8 Januari 2024 kemarin terkait gempa di wilayah Tuapejat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, lindu terjadi pada Senin sore, pukul 16:51:32 WIB.

Saat diguncang gempa bemagnitudo 5,3, wilayah Padang dan Tuapejat ikut merasakan getarannya. Masing-masing dalam skala III dan II-III MMI (Modified Mercalli Intensity). Meski begitu lindu dilaporkan BMKG tak berpotensi tsunami.

Berita gempa yang terjadi disejumlah wilayah Indonesia kembali menjadi sorotan. Selain Tuapejat, Sumbar, ada tiga wilayah lain yang juga digetarkan gempa, pada Senin 8 Januari kemarin.

Kabupaten Garut bermagnitudo 2,7, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh dengan magnitudo 4,4, dan Kabupaten Sumedang dengan magnitudo 3,1. 

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 7 Januari 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi: Jika Berkaitan dengan Pertahanan dan Alutsista Nggak Semua Bisa Dibuka Kayak Toko Klontong

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal data alutsista dan pertahanan yang sempat menjadi sorotan dalam debat calon presiden atau debat capres pada Minggu, (7/1/2023).

Jokowi menyebut, bahwa data alutsista maupun pertahanan ada yang bisa terbuka, tetapi lebih banyak yang mesti dirahasiakan.

"Yang berkaitan dengan pertahanan, yang berkaitan dengan keamanan negara, yang berkaitan dengan alutsista itu ada yang bisa terbuka tapi banyak yang memang harus kita rahasiakan," kata Jokowi di sela kunjungan kerjanya di Serang, Banten, Senin (8/1//2023).

Jokowi menyatakan, strategi besar negara tidak semuanya bisa dibuka. Menurutnya, rahasia negara bukan seperti toko kelontong.

"Karena ini menyangkut strategi besar negara gak bisa semua dibuka kaya toko kelontong nggak bisa," ucapnya.

Sebelumnya, dalam debat capres semalam, calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan meminta agar Prabowo membuka soal data-data tentang pertahanan dan alutsista dalam forum terbuka. 

"Ini bukan soal pribadi, ini soal negara, ini soal policy, penjelasannya ya di tempat ini, bukan di ruang-ruang tertutup yang tidak diketahui oleh publik. Justru kalau bapak ketahui datanya salah, tunjukkan di tempat ini. Sehingga publik bisa mengetahui, bukan dalam pertemuan-pertemuan lain yang tidak jelas dari mana kita bisa menilai akurasinya," ungkap Anies.

Dia pun menuturkan, jika semua data tidak ditunjukkan, maka fakta yang disampaikan Anies dan Ganjar adalah benar.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gempa Terkini Bermagnitudo 5,3 Getarkan Tuapeijat, Sumbar pada Senin 8 Januari 2024

Gempa bumi menggetarkan pada pukul 16:51:32 WIB hari ini, Senin (8/1/2024) di wilayah Tuapejat, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Lindu tersebut berkekuatan magnitudo 5,3.

"Episenter gempa berada pada koordinat titik 2.24 Lintang Selatan (LS) dan 99.66 Bujur Timur (BT)," papar BMKG mengutip laman resminya www.bmkg.go.id, Senin (8/1/2024).

Lokasi gempa bumi berada 24 kilometer tenggara Tuapeijat, Sumbar. BMKG menyebut, lindu tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Arahan tidak berpotensi tsunami," jelas BMKG.

Saran BMKG hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

Apa Itu Gempa Bumi?

Untuk diketahui, gempa bumi adalah bencana alam yang bersifat merusak. Fenomena ini bisa terjadi setiap saat dan berlangsung dalam waktu singkat. Dan Indonesia termasuk wilayah rawan akan bencana gempa.

Gempa bumi adalah bencana yang bisa menyebabkan kerugian nyawa dan materil.

Menurut WHO, secara global gempa bumi menyebabkan 750 ribu kematian selama kurun 1998-2017. Lebih dari 125 juta orang terkena dampak gempa bumi selama periode ini.

Tanggap Bencana Gempa Bumi

Meski tak bisa dicegah, gempa bumi adalah bencana yang bisa dihadapi. Salah satu cara menghadapi gempa bumi adalah tanggap akan bencana gempa bumi.

Contoh tanggap gempa bumi adalah mengetahui prosedur evakuasi dan mematuhi pedoman keselamatan ketika bencana ini datang.

Menurut BNPB, gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, akitivitas gunung api atau runtuhan batuan.

Menurut BMKG, gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi.

Menurut WHO, gempa bumi adalah guncangan hebat dan tiba-tiba dari tanah, yang disebabkan oleh pergerakan antara lempeng tektonik di sepanjang garis patahan di kerak bumi. Gempa bumi dapat mengakibatkan goncangan tanah, likuifaksi tanah, tanah longsor, retakan, longsoran, kebakaran dan tsunami.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Gempa Hari Ini Senin 8 Januari 2024, Terjadi Empat Kali Getarkan Indonesia

Mengawali pekan, Senin (8/1/2024) sejumlah wilayah Indonesia digetarkan gempa. Hingga pukul 19.40 WIB, ada empat kali gempa hari ini terjadi di Bumi Pertiwi.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lindu pertama pada hari ini menggetarkan pagi tadi pukul 07:26:07 WIB di wilayah Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

"Pusat gempa berada di darat 8 kilometer barat laut Kabupaten Garut," papar BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Episenter lindu berada pada koordinat titik 7.2 Lintang Selatan (LS) dan 107.82 Bujur Timur (BT). Gempa bumi dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II di Garut. Lindu tersebut memiliki kekuatan magnitudo 2,7 dengan kedalaman 6 kilometer.

Kemudian pada pukul 08:21:11 WIB, gempa terjadi di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Episenter lindu berada pada koordinat titik 4.85 Lintang Utara (LU) dan 96.07 Bujur Timur (BT).

Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4,4 dengan kedalaman 6 kilometer. Pusat lindu berada di darat 28 kilometer barat daya Kabupaten Pidie Jaya. Gempa dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II di Pidie Jaya dan MMI II-III di Pidie.

Lalu di siang hari pukul 14:02:03 WIB, lindu membuat wilayah Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. Gempa yang terjadi memiliki kekuatan magnitudo 3,1 dengan kedalaman 7 kilometer.

"Lindu dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II-III di Cimalaka dan Sumedang Utara," terang BMKG.

Pusat gempa berada di darat 6 kilometer timur laut Kabupaten Sumedang. Episenter lindu berada pada koordinat titik 6.81 Lintang Selatan (LS) dan 107.95 Bujur Timur (BT).

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.