Sukses

Kenang Rizal Ramli, Mantan Menag Lukman Hakim Puji Konsistensi Almarhum Merawat Demokrasi

Mantan Menteri Agama (menag) Lukman Hakim Saifuddin ikut menghadiri pemakaman Almarhum Rizal Ramli di Jeruk Purut Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Agama (menag) Lukman Hakim Saifuddin ikut menghadiri pemakaman Almarhum Rizal Ramli di Jeruk Purut Jakarta. Kepada awak pers, Lukman mengenang sosok mendiang sebagai seorang yang konsisten menjaga tegak lurusnya demokrasi.

"Konsistensi dia dalam menjaga memelihara dan merawat nilai demokrasi itu patut kita teladani," kata Lukman di lokasi, Kamis (4/1/2023).

Lukman mengaku sangat kehilangan sosok Rizal Ramli. Sebab, almarhum memiliki sejarah panjang untuk bangsa Indonesia sejak zaman menjadi aktivis hingga duduki posisi menteri koordinator bidang kemaritiman.

"Tentu kita sangat kehilangan tokoh seperti almarhum karena banyak hal yang bisa kita petik pelajaran dari beliau," kenang Lukman.

Lukman menambahkan, Almarhum Rizal Ramli tidak hanya memiliki kemampuan di bidang ekonomi dan sosial politik tetapi juga integritas yang patut diteladani.

"Untuk itu mari kita antar kepulangannya, mudah-mudahan beliau husnul khotimah dan kita dapat berkemampuan melanjutkan cita-cita beliau," Lukman menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikebumikan

Sebagai informasi, jenazah Rizal Ramli sudah dikebumikan pada siang hari ini sekira pukul 13.00 WIB. Rizal dimakamkan dengan prosesi sederhana selayaknya rakyat biasa. Hal itu bukan tanpa sebab. Meski pernah menjadi seorang pejabat negara, namun dalam wasiat terakhirnya, Rizal enggan dispesialkan oleh negara saat dikuburkan.

Hal itu terungkap dari pengakuan perwakilan keluarga, Yos Nggarang saat diwawancara awak media.

“Beliau tidak dimakamkan secara kenegaraan meski dia pejabat, karena itu wasiat beliau karena ingin dekat dengan rakyat,” ujar Yos.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.