Sukses

Jimly Asshiddiqie: Kita Perlu Orang Seperti Rizal Ramli Dimanapun Posisinya

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengenang mantan Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli sebagai pribadi yang selalu berpikir kritis untuk perbaikan pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengenang mantan Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli sebagai pribadi yang selalu berpikir kritis untuk perbaikan pemerintahan.

Salah satu sikap yang patut diteladani bagi generasi selanjutnya, kata dia, Rizal tidak mengikuti arus situasi pemerintahan terkini.

"Dia tidak ikuti kezaliman. Dia berusaha menempatkan diri melalui helicopter view, jadi jangan terbenam ke kebiasaan," ucap Jimly di rumah duka Rizal, Rabu (3/1/2023).

Menurutnya, meskipun saat ini negara menerapkan sistem Republik, namun seakan-akan menerapkan budaya politik kerajaan.

Sementara sosok Rizal yang dikenalnya sebagai aktivis era 98 hingga reformasi tidak tergerus pada situasi politik saat ini.

"Negara kita sangat feodal. Negara kita itu republik tapi budaya politiknya kerajaan. Nah maka kalau tidak ada orang yang berpikir nyeleneh, tidak biasa kita rugi. Maka kita perlu orang seperti almarhum dimana pun posisinya," pungkas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karakter Rizal Ramli Patut Ditiru

Karakter Rizal juga, lanjut Jimly, patut ditiru untuk menyongsong Indonesia emas dalam 25 tahun mendatang. Diharapkan generasi selanjutnya dapat berkomitmen melakukan perbaikan.

Sekedar informasi, Jenazah mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, besok Kamis 4 Januari 2024. Rencananya, Rizal Ramli dimakamkan satu liang lahat dengan istrinya Herawati Moelyono.

Hal tersebut merupakan amanat terakhir Rizal sebelum mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Selasa 2 Januari 2024.

"Keluarga sudah berembuk semua. Besok ba'da Zuhur itu fix dimakamkan di TPU Jeruk Purut," ucap Tim komunikasi keluarga Rizal Ramli, Yosef Sampurna kepada wartawan, Rabu (3/1/2024).

"Karena memang istri beliau, Ibu Hera juga dimakamkan di sana. Jadi betul, beliau satu rumah lagi," sambung dia.

 

3 dari 3 halaman

Rizal Ramli Tinggalkan 3 Anak

Pemakaman Rizal akan dilangsungkan besok sambil menunggu salah satu anaknya, Daisy Orlana Ramli yang saat ini ada Amerika Serikat dan sedang menuju ke Tanah Air.

Rizal meninggalkan tiga orang anak di antaranya dua orang perempuan dan satu orang laki-laki. "Daisy itu kemarin baru berangkat dari Amerika. Jadi besok pagi diperkirakan sudah sampai di Jakarta," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.