Sukses

Kenang Rizal Ramli, Zulkifli Hasan: Kadang Beda Pandangan, tapi Persahabatan Jalan Terus

Zulkifli Hasan (Zulhas) menyebut, selalu berhubungan baik dengan Rizal Ramli semasa hidup. Dia pun mengaku beberapa kali mendatangi rumah Rizal Ramli untuk berdiskusi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan melayat ke rumah duka mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Rizal mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Selasa 2 Januari 2024.

Pria yang kerap disapa Zulhas itu menyebut, dia selalu berhubungan baik dengan Rizal Ramli semasa hidup. Dia pun mengaku beberapa kali mendatangi rumah Rizal Ramli untuk berdiskusi.

"Beberapa kali ke sini kita diskusi. Bahkan kadang-kadang kita berbeda pandangan tajam tapi persahabatan jalan terus," kata Zulkifli Hasan di rumah duka Rizal Ramli, Rabu (3/1/2024).

Dia mengatakan, Rizal Ramli adalah salah satu sosok yang aktif dalam pendirian PAN yang pada saat itu dipimpin oleh Amien Rais.

"Dulu awal-awal PAN berdiri beliau ini aktif walaupun tidak terdaftar dalam akta pendirian. Tapi waktu itu aktif sekali untuk mendirikan yang namanya Partai Amanat Nasional Itu," kelas dia

Ia mendoakan almarhum semoga seluruh amal ibadahnya dapat diterima sisi Allah SWT.

Selain Zulhas, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani juga turut datang melayat Rizal Ramli. Sosok Rizal, dalam pandangan Muzani, merupakan aktivis tulen yang sejak masa mudanya sampai dengan akhir hayatnya memberi pengabdian yang besar kepada perjuangan Indonesia.

"Beliau begitu konsisten di dalam semua lini kehidupannya, baik pada saat beliau menjabat di pemerintahan ataupun pada saat beliau tidak menjabat di pemerintahan," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosok yang Konsisten

Muzani mengatakan, Rizal Ramli adalah sosok yang konsisten dalam perjuangan terhadap kerakyatan, keadilan, kesejahteraan, hingga kemakmuran bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

Ia menceritakan, terakhir berkomunikasi secara tatap muka dengan almarhum sekitar setengah tahun yang lalu pada saat mengahdiri suatu forum. Dia tidak menyangka kalau pertemuan itu akan menjadi terakhir kali baginya.

"Ada satu forum, ada beliau saya salaman, dan beliau menurut kami ketika itu beliau sangat sehat. Karena itu mendengar kepulangan beliau kami terkejut, sangat kaget dan sangat kehilangan karena kami merasa beliau selama ini sehat-sehat saja dan selama ini beliau happy dengan keadaan yang beliau hadapi selama ini," ceritanya.

Muzani mengatakan, Rizal Ramli juga sempat menitipkan pesan ke Sekjen Gerindra itu untuk konsisten melanjutkan perjuangan yang selama ini telah dititipkan.

3 dari 3 halaman

Sandiaga Uno Kenang Sosok Rizal Ramli: Pemikiran Beliau Ini Berbeda dengan Mainstream

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf) Sandiaga Uno datang melayat mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli di rumah duka Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan.

Ia menyebut sosok Rizal Ramli memiliki cara berfikir yang tidak biasa untuk pembangunan bangsa.

"Beliau berjuang dari pemikiran yang visioner, kadang-kadang juga pemikiran beliau ini berbeda dengan mainstream. Jadi selalu menimbulkan diskursus yang baik. Tapi niatnya tulus untuk bangsa Indonesia," kata Sandiaga di rumah duka Rizal, Rabu (3/1/2023).

Sandiaga pun mengenang ketika dirinya pernah bersama-sama menjabat Asprindo bersama Rizal. Ia mengungkapkan kala itu dirinya bersama Rizal memperjuangkan para pengusaha yang ada di Indonesia untuk menggapai Indonesia emas 2045.

"Kami sama sama di Asprindo, di asosiasi pengusaha pribumi indonesia memperjuangkan bagaimana pengusaha-pengusaha nasional ini bisa mengambil peran besar dalam pembangunan indonesia khususnya untuk pencapaian indonesia emas 2045," ungkap dia.

Tidak hanya itu, pada saat Sandi bertanding di Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu, ia juga pernah diingatkan perihal reklamasi harus berdampak positif bagi masyarakat.

"Jadi waktu saya berjuang saat di 2017 dia mengingatkan bagaimana reklamasi nanti itu harus memberikan dampak yang positif bagi rakyat kecil," kenang Sandiaga.

 

 

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini