Sukses

Techno House: Wadah Pamerkan Teknologi Mutakhir yang Dibangun di IKN

Ibu Kota Nusantara (IKN) diproyeksikan menjadi sebuah kota masa depan dengan tema kota hutan berkelanjutan yang dipadukan dengan konsep Smart City.

Liputan6.com, Jakarta Ibu Kota Nusantara (IKN) diproyeksikan menjadi sebuah kota masa depan dengan tema kota hutan berkelanjutan yang dipadukan dengan konsep Smart City. Untuk itu, Otorita IKN pun menghadirkan techno house di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Melalui showcase pada fasilitas Techno House dapat memberikan gambaran bagi publik mengenai pemanfaatan teknologi yang dibangun di IKN sebagai kota yang modern untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," ungkap Deputi Transformasi Hijau dan Digital OIKN, Prof. Ali Berawi beberapa waktu lalu.

Techno house merupakan wadah untuk memamerkan teknologi mutakhir yang akan menunjang kehidupan warga di ibu kota baru. Selain itu, di techno house juga ditujukan untuk menampilkan visual teknologi sistem cerdas bagi IKN.

Di techno house, masyarakat yang berkunjung akan disuguhi oleh pameran informatif mengenai gambaran pembangunan IKN kedepan yang dikemas dengan desain artistik dan teknologi interaktif. Tak luput, terdapat informasi mengenai visi, prinsip, dan elemen pembangunan disampaikan sebagai pembuka pameran.

Selain itu, terdapat berbagai teknologi yang berkaitan dengan domain Kota Cerdas Nusantara, mulai dari smart energy system, smart building control, smart home appliances dan robot, hingga konsep mobilitas udara masa depan atau sky taxi yang dapat dilihat sekaligus dipelajari oleh masyarakat luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerja Sama di Bidang Mobilitas Pintar

Beberapa waktu yang lalu, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) dan perusahaan Sergek Projects Ltd. dari Kazakhstan menjalin kerja sama dalam bidang mobilitas pintar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur. Kerja sama tersebut meliputi Kolaborasi Lalu Lintas dan Mobilitas Pintar yang akan dilakukan di IKN.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed, Ali Berawi mengatakan bahwa teknologi dari perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dengan OIKN di bidang teknologi nantinya dipamerkan di Techno House IKN Nusantara untuk uji coba.

“Nantinya, masyarakat bisa melihat, menggunakan, dan merasakan teknologi yang ditawarkan untuk kemudian menjadi bahan pertimbangan, teknologi mana yang paling cocok untuk dikembangkan dan diterapkan di IKN,” katanya.

Kerja sama tersebut semakin meneguhkan salah satu prinsip utama IKN Nusantara dari strategi mobilitas kota yang efisien, aman, dan tangguh yakni mengadopsi intelligent transport systems (ITS) dari solusi teknologi baru yang dapat berdampak positif pada masyarakat, lingkungan, dan ekonomi IKN Nusantara.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini