Sukses

Sederet Agenda Jokowi Saat Kunker ke Jatim, Resmikan Smelter Freeport di Gresik Salah Satunya

Pasar Among Tani Kota Batu disebut Jokowi sebagai pasar terbesar yang ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 membawa Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama rombongan ke sejumlah wilayah di Provinsi Jawa Timur untuk meresmikan sejumlah infrastruktur serta fasilitas publik hari ini, Kamis (14/12/2023).

Salah satunya meresmikan proyek ekspansi smelter yang dikelola PT Smelting di Gresik. Agenda lainnya, Presiden juga meresmikan tiga lokasi tempat pemrosesan akhir (TPA) yang keberadannya bisa menjadi solusi terkait persoalan sampah di Jawa Timur. Yakni TPA Supit Urang di Kota Malang, TPA Jabon di Kabupaten Sidoarjo, dan TPA Banjardowo di Kabupaten Jombang.

"Hari ini kita resmikan 3 TPA modern di Provinsi Jawa Timur yang akan membantu persoalan sampah yaitu di Kota Malang, di Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Jombang," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis.

Sebuah pasar di Kota Batu juga diresmikan Jokowi hari ini. Pasar ini dikatakan bisa menampung ribuan kios para pedagang lantaran berdiri di lahan seluaas 3,4 hektare. Bahkan Pasar Among Tani Kota Batu ini disebut Jokowi sebagai pasar terbesar yang ada di Indonesia.

"Ini akan menjadi pasar yang bersih, pasar yang tertata rapi, tempat parkirnya juga sangat luas. Sehingga kita harapkan pedagang semakin laris, semakin sejahtera," ujar Jokowi.

Jokowi juga memastikan bahwa para pedagang bisa memanfaatkan pasar ini untuk berjualan baik di zona basah, zona kering, maupun zona makanan dan kuliner. 

Berikut sederet fakta kunjungan kerja Jokowi ke Jawa Timur yang dihimpun dari Liputan6.com:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Jokowi Resmikan Smelter Freeport

Presiden Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur usai sebelumnya mengunjungi Jawa Tengah. Kunjungan kerja Jokowi ke Jawa Timur untuk meresmikan sejumlah infrastruktur dan fasilitas publik, salah satunya meresmikan proyek ekspansi smelter Freeport Indonesia di Gresik.

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas sekira pukul 07.10 WIB dari Pangkalan TNI Angkatan Udara Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Dikutip dari Antara, pada hari ini Kamis, Jokowi akan melakukan perjalanan ke Kabupaten Gresik untuk meresmikan ekspansi PT. Smelting.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir buka suara terkait usulan perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia (PTFI). Menurutnya, perpanjangan kontrak bisa direalisasikan setelah pembangunan smelter rampung.

Diketahui, kontrak Freeport Indonesia untuk menggarap tambang masih ada hingga 2041 mendatang. Perusahaan tambang itu mengajukan perpanjangan kontrak. Namun, syaratnya adalah memperkuat hilirisasi dan menambah porsi saham pemerintah di PTFI.

Erick bilang usulan perpanjangan kontrak sudah dibahas dan disetujui. Kendati begitu, saat ini masih menunggu proses penyelesaian smelter.

"Kalau itu udah dibahas, kan sudah disetujui, tinggal proses penyelesaian smelternya ini benar-benar jadi, baru diperpanjang, karena kan harus seperti itu," tegas Erick Thohir.

Dia juga mengatakan rencananya Smelter Gresik Tahap I akan mulai dibuka pada pekan ini. Sementara, untuk Tahap II tetap dikejar untuk rampung pada Mei 2024, tahun depan.

"Untuk tahap I, satu-dua hari ini kita akan tinjau, untuk nanti yang tahap dua InsyaaAllah Mei sudah bisa selesai. Tapi mulai beroperasinya biasa kalau pabrik perlu dua-tiga bulan," beber Erick Thohir. 

Erick memandang beroperasinya Smelter Gresik PTFI akan meningkatkan upaya hilirisasi Indonesia. Alhasil, ada nilai tambah yang bisa dikantongi negara dan segala aspek yang terlibat didalamnya.

3 dari 4 halaman

2. Jokowi Resmikan 3 TPA dengan Total Anggaran Capai Rp824 Miliar

Jokowi meresmikan tiga tempat pemrosesan akhir (TPA) yang ada di Jawa Timur, Kamis (14/12/2023). Jokowi berharap keberadaan tiga TPA ini dapat mengurangi permasalahan sampah, mengurangi pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas lingkungan.

"Hari ini kita resmikan 3 TPA modern di Provinsi Jawa Timur yang akan membantu persoalan sampah yaitu di Kota Malang, di Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Jombang," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (14/12/2023).

Dia menyampaikan total pembangunan ketiga TPA ini mencapai Rp824 miliar. Jokowi menyebut TPA Supit Urang dibangun dengan anggaran Rp237 miliar, dentan luas landfill 5,2 hektare dam kapasitas 726.000 meter kubik.

"TPA ini dilengkapi dengan fasilitas pengolahan sampah modern dengan daya tampung sampai mencapai 450 ton per hari," ujarnya.

Sementara itu, TPA Jabon di Kabupaten Sidoarjo dibangun dengan anggaran Rp384 miliar di luas lahan 29 hektare. Jokowi menuturkan TPA Jabon memiliki kapasitas 1.650.000 meter kubik dan daya tampung sampahnya mencapai 450 ton per hari.

Sedangkan, kata Jokowi, TPA Banjardowo dibangun dengan biaya Rp203 miliar. TPA Banjardowo dibangun dengan lahan 4,45 Hektare dan daya tampung sampahnya 110 ton per hari.

Jokowi menekankan bahwa sampah merupakan persoalan yang sangat serius yang harus ditangani dengan baik. Menurut dia, sampah yang tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan permasalahan sosial dan menyebabkan banjir.

"Baik masalah sosial, masalah kesehatan, dan juga menimbulkan bencana seperti pencemaran lingkungan, pencemaran sumber air dan bahkan menyebabkan banjir," tutur Jokowi.

4 dari 4 halaman

3. Jokowi Meresmikan Pasar Induk Among Tani Batu

Presiden Jokowi meresmikan Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Jawa Timur. Pasar yang dibangun sejak 2021 kini sudah bisa digunakan oleh para pedagang untuk berjualan.

"Hari ini pasar induk Among Tani di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur yang dibangun sejak 2021 telah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh para pedagang untuk berjualan kembali," kata Jokowi saat peresmian sebagaiman disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (14/12/2023).

Menurut dia, Pasar Induk Among Tani ini bisa menampung 2.700 kios dan los. Jokowi memastikan pedagang bisa memanfaatkan pasar ini untuk berjualan baik di zona basah, zona kering, maupun zona makanan dan kuliner.

"Pasar Among Tani ini bisa menampung 2.700 kios dan los yang bisa semuanya digunakan untuk berdagang baik di zona basah, di zona kering maupun di zona makanan dan kuliner," jelasnya.

Dia menilai Pasar Among Tani Kota Batu akan menjadi pasar yang bersih dan tertata rapi. Jokowi pun berharap keberadaan pasar ini akan membuat pedagang semaki laris dan sejahtera.

"Ini akan menjadi pasar yang bersih, pasar yang tertata rapi, tempat parkirnya juga sangat luas. Sehingga kita harapkan pedagang semakin laris, semakin sejahtera," ujar Jokowi.

Pasar Induk Kota Batu dibangun dengan konsep tiga lantai, yakni pada lantai pertama merupakan area basah seluas 14.990,62 meter persegi dan pada lantai dua merupakan area kering seluas 14.143,63 meter persegi.

Sementara pada lantai tiga, akan disiapkan untuk tempat kuliner dan kantor dengan luas 6.032,86 meter persegi. Pasar yang dibangun di atas lahan seluas 34 hektare tersebut, juga memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang ramah lingkungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini