Sukses

Hujan Deras di Bogor, Sejumlah Wilayah Terendam Banjir

Hujan deras menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/11/2023) sore.

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras menyebabkan banjir di sejumlah titik di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (26/11/2023) sore.

Banjir terjadi di wilayah Kampung Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, yang mengakibatkan ratusan rumah dan tempat usaha terendam. Banjir mencapai ketinggian 50-70 cm terjadi sekitar pukul 16.00 WIB akibat meluapnya Sungai Cibuluh.

"Total ada 120 rumah yang terendam banjir lintasan di daerah itu," kata Kepala BPBD Kota Bogor Teofilo Patrocinio Freitas.

Tak hanya itu, dua orang sempat terjebak banjir. Namun keduanya berhasil dievakuasi warga.

Banjir setinggi 1 meter hingga 1,5 meter juga terjadi di ruas Jalan Kaum Sari, Keluruhan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara. Banjir menyebabkan satu unit mobil Honda Brio dengan nomor polisi F 1640 AP terbawa arus.

Beruntung, mobil yang dikemudikan Widi tersangkut di pinggir sungai. Namun Widi bersama kendaraannya sempat terjebak banjir. Widi dan kendaraannya berhasil dievakuasi oleh tim gabungan.

"Pengemudi dan kendaraannya yang terjebak sudah berhasil dievakuasi tim gabungan," kata Teo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wilayah Lainnya

Kemudian banjir di Jalan Malabar Ujung, Kelurahan Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah. Arus sangat deras bak aliran sungai membuat satu unit motor terseret kurang lebih sejauh 100 meter.

Selanjutnya, hujan deras juga mengakibatkan lantai dasar Blok F Pasar Kebon Kembang tergenang. Sekitar pukul 19.45 WIB, genangan berangsur surut setelah petugas Pemadam Kebakaran turun tangan menyedot air menggunakan mesin pompa.

Teofilo mengatakan banjir perlahan surut setelah hujan reda. Tidak ada korban jiwa baik dalam kejadian banjir maupun pohon tumbang.

"Tidak ada laporan korban akibat banjir lintasan. Secara umum, pantauan di lapangan banjir sudah surut," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Prediksi BMKG

Di akhir pekan, Minggu (26/11/2023), langit pagi hari Jakarta diprakirakan berawan, kecuali Kepulauan Seribu cerah berawan. Begitulah prediksi cuaca hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, cuaca Ibu Kota pada siang hari nanti keseluruhannya diprakirakanberawan, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hujan dengan intensitas ringan.

Namun di malam hari nanti, seluruh cuaca Jakarta diprediksi kembali berawan, tanpa terkecuali dan tak ada hujan sama sekali.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari," papar BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat, pada pagi hari ini diprakirakan cerah berawan, siang berawan, dan malam nanti hujan berintensitas ringan.

Berbeda di Depok dan Kota Bogor, Jawa Barat, hanya pagi ini yang diprediksi cerah berawan, lalu siang hingga malam hari nanti diguyur hujan dengan intensitas ringan.

"Waspada potensi hujan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota depok, Kabupaten Karawang," jelas BMKG.

Tak jauh berbeda di Kota Tangerang, Banten juga pagi dan malam hari diprakirakan berawan, lalu siang nanti hujan ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.