Sukses

WNI Slovakia Antusias Dialog Bersama Wapres Ma’ruf Amin di Bratislava

Sebanyak 160 WNI Slovakia, nampak antusias saat melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang tengah melakukan kunjungan kerja di Bratislava, Slovakia, Minggu (26/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 160 WNI Slovakia, nampak antusias saat melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang tengah melakukan kunjungan kerja di Bratislava, Slovakia, Minggu (26/11/2023).

Para WNI yang hadir dari beragam usia dan pekerjaan itu khusuk mendengarkan sambutan Ma’ruf Amin.

Dia pun mengaku sangat senang bisa menemui para WNI di Slovakia yang mayoritas adalah Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Pelajari keunggulan Slovakia kebaikan yang ada di negeri ini, kita tak apa ambil yang baik dibawa ke Indonesia, jangan yang jelek yang dibawa," kata Ma’ruf Amin dalam dialog bersama WNI di Bratislava, Slovakia, Minggu (26/11/2023).

Dia bahkan menyarankan agar menyerap habis semua ilmu di Slovakia namun dengan syarat tetap membawa pulang ilmu itu ke Indonesia.

"Habiskan ilmu Slovakia, bawa saja, telan semua, tapi jangan tidak pulang. Untuk bekerja bolehlah, tapi jangan keterusan. Jadi kembali ke Indonesia terapkan ilmunya," ungkap Ma'ruf Amin.

Dia pun meminta, KBRI Slovakia untuk menjamin hak dan perlindungan para WNI. Baik itu perlindungan hukum maupun kerja.

"Saya minta KBRI Slovakia memastikan WNI dan pekerja migran benar-benar mencapai akses pelayanan dan perlindungan memadai. Termasuk perlindungan hukum dan hak tidak kerja," kata Ma’ruf Amin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemerintah Harus Meningkatkan Perlindungan WNI di Luar Negeri

Menurut Ma’ruf Amin, pemerintah terus berusaha meningkatkan perlindungan pada WNI di luar negeri.

"Kita memang meningkatkan perlindungan, jangan sampai pekerja migran tidak terlindungi. Karena itu saya minta pemberangkatan secara legal," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun sempat mengunjungi Kastil Bratislava. Ia mengakui keindahan Bratislava dan menyebut semua punya ciri khas masing-masing.

"Ya saya kira masing masing negara itu kan punya keistimewaan-keistimewaan destinasinya, dan kita Indonesia juga punya kota Tua juga perlu dikembangkan ya supaya jadi destinasi wisata yang lebih menarik ya," kata Ma’ruf di sela kunjungannya di Slovakia, Minggu (26/11/2023).

 

3 dari 3 halaman

Kunjungi Kastil Bratislava

 

Ma'ruf juga menyampaikan, Indonesia tak kalah dalam hal pariwisata dengan negara Eropa. Ia menyebut semua sudut Indonesia sangat indah, hanya saja memang diperlukan pengelolaan lebih baik lagi.

"Indonesia kan punya destinasi wisata yang banyak selain yang prioritas. Semua daerah Indonesia itu kan semuanya destinasi, sebenarnya indah semua, hanya memang perlu dikelola lebih baik lagi," kata Ma'ruf.

Dengan kunjungannya ke Yunani dan Slovakia, Ma’ruf menyatakan mendorong peningkatan kerja sama antarnegara tersebut. Mengingat banyak kesamaan Indonesia dengan negara tersebut, salah satunya Indonesia dan Yunani yang merupakan megara maritim.

"Sehingga kita yakin bahwa banyak daerah kita yang bisa dikembangkan, dikerjasamakan mungkin dengan Yunani kemarin, kemudian dengan Slovakia," kata Ma’ruf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini