Sukses

Metro Sepekan: Sederet Fakta Viral Ghisca Debora Terlibat Kasus Dugaan Penipuan Tiket Konser Coldplay

Belum lama ini viral di media sosial (medsos) seorang mahasiswi Trisakti bernama Ghisca Debora Aritonang melakukan penipuan tiket Coldplay hingga Rp15 miliar.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini viral di media sosial (medsos) seorang mahasiswi Trisakti bernama Ghisca Debora Aritonang melakukan penipuan tiket Coldplay hingga Rp15 miliar.

Aksi dugaan penipuan tersebut kemudian viral di media sosial usai akun X, @__aqshal mengunggah kisah keluarganya yang menjadi korban penipuan tiket dari seorang mahasiswi Universitas Trisakti bernama Ghisca Debora Aritonang.

Belakangan diketahui, Ghisca Debora merupakan mahasiswi Universitas Trisakti yang menempuh pendidikan Sarjana Fakultas Manajemen. Hal itu sebagaimana dalam unggahan akun X @humbugxyloto.

Terkait kejadian ini, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengimbau kepada pihak yang dirugikan untuk membuat laporan ke polisi.

Tak butuh waktu lama, Polres Metro Jakarta Pusat pun menetapkan Ghisca Debora Aritonang (GDA) (19), seorang mahasiswa sebagai tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan tiket konser Coldplay.

Sementara itu, Christoper Stefanus Budianto alias Steven masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) interpol setelah Polda Metro Jaya mengajukan penerbitan red notice Sekretariat NCB-Interpol Indonesia.

Sebelumnya, Christoper Stefanus Budianto ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan yang dilaporkan oleh artis Jessica Iskandar.

Polisi pun kini telah berhasil menangkap Christoper Stefanus Budianto. Penangkapan pelaku dilakukan di Bangkok, Thailand. Hal tersebut disampaikan Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Ranmor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah mengatakan, pemeriksaan Christopher berkaitan dengan dirinya yang bisa melarikan diri dan berpindah-pindah negara.

Berita lain yang terpopuler dalam sepekan terakhir dalam sub kanal Megapolitan, News Liputan6.com adalah terkait Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2024 menjadi Rp5.067.381.

UMP ini naik 165.583 dari UMP 2023 sebesar Rp4.901.798. Pengumuman tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Selasa 21 November 2023.

Heru mengatakan, pihaknya menggunakan alfa sebesar 0,3 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023.

Berikut deretan berita metro yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com dalam sepekan terakhir:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Lima Fakta Viral Mahasiswi Trisakti Ghisca Debora Terlibat Kasus Dugaan Penipuan Tiket Konser Coldplay

Belum lama ini viral di media sosial (medsos) seorang mahasiswi Trisakti bernama Ghisca Debora Aritonang melakukan penipuan tiket Coldplay hingga Rp15 miliar.

Aksi dugaan penipuan tersebut kemudian viral di media sosial usai akun X, @__aqshal mengunggah kisah keluarganya yang menjadi korban penipuan tiket dari seorang mahasiswi Universitas Trisakti bernama Ghisca Debora Aritonang.

"Hidup lagi cape-capenya, dapet kabar ade sendiri kena tipu tiket Coldplay … turns out the lady who’s behind it has successfully scammed about Rp15.000.000.000. juara sih lo, Ghisca Debora Aritonang," tulis akun tersebut, Rabu, 15 November 2023.

Dalam unggahannya juga turut melampirkan sebuah gambar chat yang memberikan keterangan terkait mereka yang jadi korban penipuan tiket konser Coldplay.

Tak butuh waktu lama, Polres Metro Jakarta Pusat pun menetapkan Ghisca Debora Aritonang (GDA) (19), seorang mahasiswa sebagai tersangka kasus dugaan penipuan dan penggelapan tiket konser Coldplay.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Fakta Penangkapan Christoper Stefanus Budianto, Tersangka Penipuan Jessica Iskandar

Christoper Stefanus Budianto alias Steven masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) interpol setelah Polda Metro Jaya mengajukan penerbitan red notice Sekretariat NCB-Interpol Indonesia.

Sebelumnya, Christoper Stefanus Budianto ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan penipuan dan penggelapan yang dilaporkan oleh artis Jessica Iskandar.

 Polisi pun kini telah berhasil menangkap Christoper Stefanus Budianto. Penangkapan pelaku dilakukan di Bangkok, Thailand.

Menurut Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti, tersangka yang sudah ditangkap di Thailand itu akan tiba di Jakarta pada Selasa sore 21 November 2023.

"Ya benar (ditangkap di Bangkok, Thailand). Hari ini, sore akan tiba di Jakarta," kata Krishna saat dihubungi, Selasa 21 November 2023.

Sementara itu Kepala Subdirektorat Ranmor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah mengatakan, pemeriksaan Christopher berkaitan dengan dirinya yang bisa melarikan diri dan berpindah-pindah negara.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. UMP Jakarta 2024 Naik Rp165.583 Menjadi Rp5.067.381

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2024 menjadi Rp5.067.381. UMP ini naik 165.583 dari UMP 2023 sebesar Rp4.901.798.

"Jadi rupiahnya dari Rp4,9 juta jadi Rp5.067.381," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Selasa 21 November 2023.

Heru mengatakan, pihaknya menggunakan alfa sebesar 0,3 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023. "Dewan pengupahan mewakili pengusaha kemampuan mereka alfanya 0,2. Permohonan serikat pekerja tentunya lebih dari itu," ujar Heru.

"Maka Pemda DKI menetapkan alfa tertinggi 0,3 sesuai dengan PP nomor 51 tahun 2023. Pemda DKI tidak bisa melewati peraturan pemerintah yang sudah ditetapkan, yaitu alfanya maksimum 0,3," sambungnya.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.