Sukses

6 Fakta Terkait Video Viral Artis Leon Dozan Diduga Aniaya Pacar, Rinoa Aurora Senduk

Beredar sebuah video viral di sosial media (sosmed) berdurasi singkat hanya 12 detik yang memerlihatkan putra Willy Dozan bernama Leon Dozan.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar sebuah video viral di sosial media (sosmed) berdurasi singkat hanya 12 detik yang memerlihatkan putra Willy Dozan bernama Leon Dozan.

Dalam video yang beredar, sosok diduga Leon tampak berada di parkiran mobil, dan memeluk leher seorang wanita dari belakang. Sosok perempuan tersebut adalah kekasih Leon, aktris Rinoa Aurora Senduk.

Pria mirip Leon dalam video tersebut mengeluarkan kata-kata kasar, yang menyiratkan bahwa dirinya tak takut bila diproses secara hukum.

"Oh mau dilaporin ke polisi biar aku dipenjara? Enggak apa-apa, enggak takut. Polisi anj***, polisi ng*nt**," kata pria ini di hadapan kamera dalam video viral yang beredar.

Bersama video ini, warganet juga menyertakan tangkapan layar aplikasi WhatsApp, yang menampilkan percakapan dan beberapa foto.

Di antara foto yang dibagikan, ada wanita yang sama dengan yang muncul di video, serta pria yang diduga Leon tersebut, sedang muncul di atas celah kubikel. Ada pula sejumlah foto lengan dan kaki yang terlihat memar-memar.

"Ini kta da lari ke toilet krn taso tako skli pa dia, kt mo telfon pa mama kong dia dusu. Dia maso di toilet cewe kong dia b panjat di atas," begitu petikan isi percakapan tersebut.

Kemudian, Kasie Humas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Dwi Hartono pun membenarkan kabar aktor Leon Dozan yang dilaporkan kekasihnya Rinoa Aurora Senduk atas dugaan penganiayaan. Rinoa melaporkan Leon Dozan di SPKT Polda Metro Jaya pada tanggal 8 November 2023.

Mengingat lokasi kejadian di wilayah Jakarta Pusat, Polda Metro Jaya melimpahkan berkas laporan tersebut ke Polres Metro Jakarta Pusat. Hanya saja, Dwi Hartono tidak tahu pasti kapan berkas laporan Rinoa Aurora Senduk itu dilimpahkan.

"Korban sudah membuat laporan ke SPKT Polda Metro Jaya pada Rabu 8 November 2023. Kasus tersebut dilimpahkan ke penyidik Polres Jakarta Pusat," ungkap Kompol Dwi Hartono lewat sambungan telepon, Kamis 16 November 2023.

"Pastinya saya belum tahu, tapi kasus tersebut sudah dilimpahkan dari Polda Metro Jaya ke Polres Jakarta Pusat," sambung dia.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko juga membenarkan, Rinoa sudah melaporkan Leon Dozan ke polisi. Rinoa melaporkan Leon atas dugaan penganiayaan.

Berikut sederet fakta video viral kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan putra Willy Dozan bernama Leon Dozan kepada kekasihnya Rinoa Aurora Senduk dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Video Sempat Viral di Media Sosial

Sebuah video berdurasi singkat, hanya 12 detik, baru-baru ini viral dan membuat nama Leon Dozan mendadak ramai diperbincangkan. Pasalnya, sosok dalam video tersebut diduga adalah putra Willy Dozan dan Betharia Sonata.

Dalam video yang beredar, sosok diduga Leon tampak berada di parkiran mobil, dan memeluk leher seorang wanita dari belakang. Warganet menduga, sosok perempuan ini adalah kekasih Leon, aktris Rinoa Aurora Senduk.

Pria mirip Leon dalam video tersebut mengeluarkan kata-kata kasar, yang menyiratkan bahwa dirinya tak takut bila diproses secara hukum.

"Oh mau dilaporin ke polisi biar aku dipenjara? Enggak apa-apa, enggak takut. Polisi anj***, polisi ng*nt**," kata pria ini di hadapan kamera dalam video viral yang beredar.

Bersama video ini, warganet juga menyertakan tangkapan layar aplikasi WhatsApp, yang menampilkan percakapan dan beberapa foto. Di antara foto yang dibagikan, ada wanita yang sama dengan yang muncul di video, serta pria yang diduga Leon tersebut, sedang muncul di atas celah kubikel. Ada pula sejumlah foto lengan dan kaki yang terlihat memar-memar.

"Ini kta da lari ke toilet krn taso tako skli pa dia, kt mo telfon pa mama kong dia dusu. Dia maso di toilet cewe kong dia b panjat di atas," begitu petikan isi percakapan tersebut.

Unggahan ini membuat banyak warganet menduga bahwa Rinoa Aurora telah dianiaya sang kekasih. Rekaman video dan foto ini lantas viral di medsos.

Ayah Leon Dozan, Willy Dozan, ikut kena getahnya. Namanya kerap disebut-sebut dalam cuitan warganet, bahkan saat artikel ini ditulis masuk dalam deretan 20 besar trending topic X atau Twitter di Indonesia.

Di akun Instagram sendiri, Willy Dozan maupun Betharia Sonata belum angkat bicara mengenai isu ini. Kolom komentar Betharia Sonata dibatasi, sedang sang aktor laga lawas ini benar-benar menutupnya.

 

3 dari 7 halaman

2. Leon Dozan Dilaporkan ke Polres Metro Jakarta Pusat

Kasie Humas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Dwi Hartono, membenarkan kabar aktor Leon Dozan yang dilaporkan kekasihnya, Rinoa Aurora Senduk, atas dugaan penganiayaan. Rinoa melaporkan Leon Dozan di SPKT Polda Metro Jaya pada tanggal 8 November 2023.

Mengingat lokasi kejadian di wilayah Jakarta Pusat, Polda Metro Jaya melimpahkan berkas laporan tersebut ke Polres Metro Jakarta Pusat. Hanya saja, Dwi Hartono tidak tahu pasti kapan berkas laporan Rinoa Aurora Senduk itu dilimpahkan.

"Korban sudah membuat laporan ke SPKT Polda Metro Jaya pada Rabu, 8 November 2023. Kasus tersebut dilimpahkan ke penyidik Polres Jakarta Pusat," ungkap Kompol Dwi Hartono lewat sambungan telepon, Kamis 16 November 2023.

"Pastinya saya belum tahu, tapi kasus tersebut sudah dilimpahkan dari Polda Metro Jaya ke Polres Jakarta Pusat," sambungnya.

 

4 dari 7 halaman

3. Penyidik Akan Memanggil Rinoa Aurora

Dwi Hartono mengatakan, sementara ini penyidik tengah berkoordinasi dengan pihak pelapor terkait masalah ini. Nantinya, penyidik akan memanggil Rinoa Aurora soal dugaan penganiayaan yang dilaporkannya.

"Kami sudah berkoordinasi dari penyidik polres Jakarta Pusat sudah koordinasi dengan pihak pelapor bukan terlapor. Bukti visum belum, nanti kami panggil pelapor. Kami baru terima pelimpahan dari SPKT Polda Metro Jaya baru sebatas itu saja," ucap Dwi Hartono.

Dwi Hartono belum memastikan kapan pelapor akan dimintai klarifikasinya mengenai masalah ini. Sejauh ini, pihak Polres Metro Jakarta Pusat baru sebatas menerima limpahan berkas laporan Rinoa di Polda Metro Jaya.

"Kami baru sebatas menerima pelimpahan saja, penyidik sudah hubungi pihak pelapor. Namun demikian, pelapor masih menunggu waktu yang tepat mendatangi penyidik Polres Jakarta Pusat," katanya.

Disinggung nomor laporan Rinoa, sementara Dwi Hartono belum dapat mengungkapnya. Ia mengatakan, hal itu merupakan bagian dari proses penyidikan.

"Wah itu jangan, mas, ini bagian dari proses penyidikan soalnya," pungkas Dwi Hartono.

 

5 dari 7 halaman

4. Polisi Selidiki Laporan Dugaan Penganiayaan

Pemain film Leon Dozan tengah menjadi sorotan publik, setelah diduga melakukan penganiayaan terhadap kekasihnya, Rinoa Aurora Senduk. Pasalnya, sempat beredar video Leon yang diduga menghina polisi, usai melakukan dugaan penganiayaan kepada sang kekasih.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menuturkan, Rinoa sudah melaporkan Leon Dozan ke polisi. Rinoa melaporkan Leon atas dugaan penganiayaan.

"Saya membenarkan kabar MLD sudah dilaporkan ke polisi," kata Trunoyudo Wisnu Andiko melalui sambungan telepon, Kamis 16 November 2023.

"Jadi RAS membuat laporan polisi dengan melaporkan MLD atas kasus dugaan penganiayaan," sambung dia.

Trunoyudo mengatakan, Leon Dozan dilaporkan oleh kekasihnya, Rinoa Aurora Senduk pada 8 November 2023 di Polda Metro Jaya.

"(Laporan) tanggal 8 November 2023," ucap dia.

Saat ini, lanjut Trunoyudo, Berkas laporan Rinoa dilimpahkan ke Polres Metro Jakarta Pusat. Menurutnya, pihak Polres Jakarta Pusat juga masih menelusuri berkas tersebut.

"Saat ini berkasnya sedang ditelusuri oleh Polres Metro Jakarta Pusat, segitu saja informasi dari saya," kata Trunoyudo.

Berdasarkan informasi yang didapat, lanjut Trunoyudo, dugaan penganiayaan terjadi di wilayah Jakarta Pusat. Oleh karenanya, Polda limpahkan berkas laporan Rinoa ke Polres Metro Jakarta Pusat.

"(TKP) Di Jakarta Pusat. Sementara itu dulu," pungkas Trunoyudo.

 

6 dari 7 halaman

5. Polisi Akan Panggil Leon Dozan

Polisi tengah mengusut kasus dugaan penganiayaan yang dilakukan oleh artis Leon Dozan terhadap kekasihnya, Rinoa Aurora Senduk.

Sejumlah pihak akan dimintai keterangan polisi dalam penyelidikan kasus ini, termasuk Leon Dozan sebagai terlapor.

"Ya tentunya melakukan klarifikasi kepada pihak terlapor," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, kepada wartawan, Jumat (17/11/2023).

Trunoyudo belum membeberkan secara gamblang terkait rencana pemanggilan Leon Dozan. Dia mengatakan, penyidik saat ini masih mengumpulkan bukti-bukti untuk mencari unsur-unsur pidana di dalam laporan tersebut.

Trunoyudo menyebut, upaya pencarian bukti dilakukan di antaranya dengan memeriksa Rinoa Aurora Senduk dan mempelajari hasil visum et repertum.

"Tentu dengan mendasari laporan, kita akan melakukan klarifikasi dengan patut dugaan ini, tentunya mekanismenya pada tahap penyelidikan," jelas dia.

 

7 dari 7 halaman

6. Polisi Tangkap Artis Leon Dozan, Terancam Lima Tahun Penjara

Polisi menangkap artis Leon Dozan atas kasus penganiayaan terhadap kekasihnya, Rinoa Aurora Senduk. Penangkapan itu pun dibenarkan Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

"Sudah (ditangkap)," singkat Susatyo saat dihubungi, Jumat (17/11/2023).

Lebih lanjut, Susatyo mengatakan, pihaknya akan menggelar konferensi pers untuk membeberkan secara gamblang penanganan kasus ini.

"Pagi ini akan kita rilis," kata dia.

Leon Dozan pun ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan atas tuduhan penganiayaan terhadap kekasihnya, Rinoa Aurora Senduk.

Susatyo mengatakan, Leon Dozan disangkkan melanggar Pasal 351 KUHP.

"Pasal 351 KUHP ancaman hukuman 5 tahun," kata Susatyo.

Leon Dozan diringkus karena menganiaya Rinoa Aurora Senduk alias Nazwa (19). Penangkapan dilakukan di kediamannya, Cirende, Lebak Bulus, Jaksel pada Kamis, 16 November sekira pukul 22.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.