Sukses

Prabowo: Di Planet Kita yang Semakin Kecil, Kebutuhan Kerja sama Sangat Mendesak

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengapresiasi para Delegasi Menhan se-ASEAN atas partisipasinya dalam acara The 17th ASEAN Defence Minister's Meeting (ADMM) and The 10th ASEAN Defence Minister's Meeting Plus 2023 di JCC Senayan, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengapresiasi para Delegasi Menhan se-ASEAN atas partisipasinya dalam acara The 17th ASEAN Defence Minister's Meeting (ADMM) and The 10th ASEAN Defence Minister's Meeting Plus 2023 di JCC Senayan, Jakarta.

"Pada kesempatan ini, atas nama Kementerian Pertahanan RI, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi Anda dalam ADMM ke-17," kata Prabowo Subianto saat Gala Dinner di Hotel Mulia Senayan, Kamis 16 November 2023.

Prabowo sangat menghargai partisipasi para Delegasi Menhan se-ASEAN yang datang dari jauh untuk berupaya bergabung ke Indonesia. Serta berhasil menciptakan jaringan persahabatan antar negara se-ASEAN atau web of frienfdship.

"Mekanisme ADMM juga mekanisme ADMM plus terbukti bermanfaat besar dalam membina kerjasama, pemahaman, kolaborasi di bidang pertahanan dan keamanan. Kami telah berhasil menciptakan jaringan persahabatan," kata Prabowo.

Prabowo menyatakan, pertemuan ini telah berhasil menciptakan jaringan komunikasi dengan para Menhan negara se-ASEAN. Menurutnya, kerja sama dan kompromi adalah kebutuhan yang sangat mendesak.

"Kita telah berhasil menciptakan jaringan komunikasi yang pada akhirnya dapat sangat bermanfaat dalam mengatasi kesalahpahaman. Di planet kita yang semakin kecil ini, kebutuhan akan kerja sama, kompromi, dan pemahaman sangatlah mendesak," tutur Prabowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perdamaian dengan Keamanan

Menurut Prabowo tidak akan ada perdamaian dunia tanpa adanya keamanan. Serta tidak akan ada kemakmuran tanpa perdamaian.

Untuk itu, ia sebagai Ketua ADMM tahun 2023 sangat bangga atas terselenggaranya acara ini.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ADMM ke-17 dan ADMM plus yang dihelat selama dua hari yakni 15-16 November di Jakarta Convention Center tersebut membahas sejumlah isu pertahanan dan keamanan yang menonjol seperti dinamika geopolitik dan geostrategi dalam konteks regional dan global.

Selain itu juga membahas seputar kerja sama pertahanan dalam kerangka ASEAN, dan juga kerjasama antara ASEAN dan Plus Country.

 

 

3 dari 3 halaman

Prabowo Soroti Isu Stabilitas Kawasan

Di sela-sela rangkaian kegiatan 17th Asean Defence Ministers’ Meeting (ADMM) and 10th Asean Defence Ministers’ Meeting-Plus (ADMM-Plus), Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menhan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin dan Menhan Jepang Minoru Kihara pada Rabu (15/11/2023) di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan.

Prabowo menyoroti keterlibatan dan peran penting kedua negara tersebut dalam menjaga stabilitas kawasan.

"Sebagai negara koordinator hubungan ASEAN-AS, Indonesia mengakui dan memuji keterlibatan AS di kawasan dalam mendorong perdamaian dan stabilitas kawasan, serta kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik," ujarnya, seperti dikutip dari laman Kemhan, Kamis (16/11/2023).

Lewat pertemuan antara menteri pertahananse-ASEAN dengan AS, Prabowo berharap agar kolaborasi kedua wilayah semakin kuat dan memperdalam pemahaman mengenai lanskap keamanan yang berkembang di kawasan ASEAN.

Selain itu, bidang penting dari kerja sama dengan Amerika Serikat adalah untuk memperkuat kapasitas ASEAN dalam mengatasi ancaman yang terus berkembang di Indo-Pasifik.

"Kami mempunyai keyakinan kuat bahwa kapasitas kelembagaan pertahanan yang kuat di antara Negara-negara anggota ASEAN adalah kunci untuk mengatasi masalah keamanan di kawasan secara efektif," sambung Prabowo.

 

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.