Sukses

Andika Perkasa: Saya Yakin TNI Akan Tetap pada Relnya di Bawah Pimpinan Jenderal Agus

Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa merespons soal uji kelayakan dan kepatutan KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI, pada Senin (13/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa merespons soal uji kelayakan dan kepatutan KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI pada Senin (13/11/2023).

Dia menyebut bahwa dirinya mengenal dekat dan menyakini jika Agus akan mengemban dengan baik tugas-tugas sebagai Panglima TNI.

"Untuk calon Panglima TNI, yang tadi sudah melakukan fit and proper test, saya kenal baik Pak Agus ini, jadi saya yakin Pak Agus akan mengemban tugas-tugas yang memang dibebankan kepada pundaknya,  Panglima TNI ini dengan sebaik mungkin," kata Andika, saat konferensi pers di Jalan Cemara Nomor 19, Jakarta, Senin (13/11).

Dia pun meyakini TNI di bawah kepemimpinan Agus akan tetap berada di jalurnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah diatur.

"Dan, kita saling mengenal dan saya yakin beliau juga mengenal saya sangat baik. Yang penting kita sekarang melakukan tugas kita masing-masing, dan saya yakin TNI akan tetap pada relnya di bawah pimpinan Jenderal Agus," imbuh dia.

Sebagai informasi, Komisi I DPR RI telah menyetujui KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono.

Keputusan itu, diambil setelah Agus menjalankan uji kelayakan dan kepatutan bersama Komisi I DPR RI, di Senayan, Jakarta, Senin (13/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agus Subiyanto Jalani Jalani Fit and Proper Test di DPR

Diketahui, Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menjalani uji kelayakan dan uji kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR RI, hari ini Senin (13/11/2023).

Dari pantauan merdeka.com, Agus Subiyanto tiba di gedung DPR sekitar pukul 09.41 WIB. Dia didampingi oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Saat ditanya awak media, calon panglima TNI tersebut mengaku siap 100 persen untuk menjalani fit and proper test di Komisi I DPR RI.

"Alhamdullilah, siap 100 persen," kata Jenderal TNI Agus, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin.

Agus pun langsung menuju ruang pimpinan Komisi I DPR RI. Dia memasuki ruang rapat Komisi I DPR RI didampingi Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid beserta seluruh jajaran pimpinan Komisi I DPR RI.

3 dari 3 halaman

Persyaratan Sudah Lengkap

Sebelumnya, Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengatakan persyaratan administrasi calon Panglima TNI atas nama Jenderal TNI Agus Subiyanto sudah lengkap. Verifikasi fisik berkas administrasi calon Panglima TNI tengah diperiksa oleh pimpinan Komisi I DPR RI.

"Saya menyampaikan bahwa syarat administrasi calon Panglima TNI sudah lengkap," kata Meutya Hafid dalam keterangan tertulisnya, Jumat 10 November 2023.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.