Sukses

Panglima Yudo Margono Mutasi 105 Perwira Tinggi TNI, Ada Wakasad hingga Waka BIN

Ada sejumlah perwira tinggi TNI yang berganti jabatan dalam mutasi Panglima TNI kali ini.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi terhadap 105 perwira tinggi TNI. Mutasi ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1286/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Surat itu diteken Yudo pada Kamis, 9 November 2023. Ada sejumlah perwira tinggi TNI yang berganti jabatan dalam mutasi kali ini.

Salah satunya yakni, Letjen Arif Rahman ditunjuk menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi KSAD.

Arif sebelumnya merupakan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat (Dankodiklatad).

Kemudian, Letjen I Nyoman Cantiasa yang ditunjuk menjadi Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (Waka BIN). Dia sebelumnya adalah Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Koorsahli KSAD).

Posisi Nyoman sebagai Koorsahli KSAD digantikan oleh Mayjen Sonny Aprianto yang sebelumnya menjabat Asintel Panglima TNI.Sedangkan, Pa Sahli Tk.III Bidang Sosbudkum HAM dan Narkoba Panglima TNI, Mayjen Djaka Budhi Utama menjabat sebagai Asintel Panglima TNI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganti Juga Sesmilpres Kemensetneg

Dalam mutasi ini, Yudo Margono juga mengganti Sekretaris Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara (Sesmilpres Kemensetneg).

Brigen Rudy Saladin ditunjuk menjadi Sesmilpres menggantikan posisi Laksda Hersan yang dimutasi menjadi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III.

Sebagai informasi, Rudy Saladin sebelumnya merupakan Staf Khusus KSAD. Penerima penghargaan Adhi Makayasa ini pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi pada tahun 2019-2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.