Sukses

Prabowo Serahkan Sepeda Motor untuk Prajurit TNI dan Polri di Mimika

Prabowo mengatakan, di sebagian daerah motor yang ia serahkan adalah berbasis listrik buatan Indonesia. Motor itu dibuat oleh PT LEN bersama PT Pindad.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyerahkan kendaraan dinas sepeda motor untuk Babinsa Prajurit TNI-Polri di Kodim 1710/Mimika. Prabowo mengatakan, secara keseluruhan ia menyerahkan 1.270 unit kendaraan dinas prajurit di seluruh Indonesia secara bertahap.

"Motor jumlahnya cukup banyak 1.270 unit. Tapi ini adalah untuk Babinsa seluruh Indonesia bertahap, Babinsa seluruh Indonesia akan dapat motor," kata Prabowo di Kodim 1710/Mimika, Papua, Jumat (10/11).

Prabowo melanjutkan, di sebagian daerah, motor yang ia serahkan adalah berbasis listrik buatan Indonesia. Motor itu dibuat oleh PT LEN bersama PT Pindad.

"Buatan PT LEN bersama PT Pindad kita sudah berhasil membuat motor listrik nanti akan kita bagikan juga dan sebagian masih motor yang sekarang, pakai bensin dan sebagian dari itu adalah motor listrik," tuturnya.

Prabowo mengatakan, penggunaan motor listrik adalah sebagai bagian dari transisi ke energi hijau terbarukan. Tujuannya untuk mengurangi polusi dan biaya.

"Karena itu yang kita harapkan nanti di tempat-tempat tertentu pakai tenaga surya jadi di chargernya itu pakai tenaga surya supaya nanti kebutuhan BBM kita terjangkau oleh seluruh unsur," pungkas Prabowo.

Untuk daerah Mimika, ada 291 unit motor yang diserahkan. Rinciannya untuk Kogabwilhan III 10 unit, Kodim Mimika 70 unit, Lanud Mimika 3 unit, Lanal Mimika : 3 unit, Polres Mimika 3 unit, Kodim Merauke 65 unit, Kodim Bovendigul 70 unit Kodim Mappi 45, Yonif 757 25, dan Denkav 3/SC 25.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

22 Pemuda Palestina dapat Basiswa dari Kemhan RI, Prabowo Subianto Ucapkan Selamat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyambut kedatangan 22 Kadet Palestina calon mahasiswa Unhan RI pada Rabu (8/11/2023) di Jakarta.

Informasi tersebut disampaikan dalam akun Instagram resmi Kementerian Pertahanan RI @kemhanri.

Dalam unggahan tersebut tampak proses serahterima yang dilakukan oleh Duta Besar Palestina Yang Mulia Dr. Zuhair S.M Al-Shun dan Rektor Unhan RI Letjen TNI Jonni Mahroza, di Kemhan, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

"Sebagai bagian dari kerja sama antara Indonesia-Palestina, Menhan Prabowo memfasilitasi beasiswa S1 Unhan RI bagi pemuda pemudi Palestina untuk menempuh pendidikan pada program studi kedokteran militer, farmasi militer, teknik sipil, teknik tenaga listrik, teknik mesin dan rekayasa keamanan informasi," demikian tulisan dari unggahan itu.

Dalam keterangan tersebut Menhan Prabowo juga mengucapkan selamat datang kepada 22 calon Kadet Mahasiswa Unhan RI.

Prabowo menyebut atas nama pemerintah serta seluruh rakyat Indonesia, menyampaikan rasa solidaritas penuh dan mutlak juga empati mendalam atas keadaan yang terjadi di Palestina saat ini.

 

3 dari 3 halaman

Prabowo Kecewa Negara Barat Diam Saat Palestina Diserang Israel dalam Skala Besar

Calon presiden (capres) Prabowo Subianto menyoroti sikap negara barat terhadap konflik yang tengah terjadi di Gaza, Palestina. Menurut Prabowo Subianto, mereka malah diam seribu bahasa melihat warga tidak bersalah, terutama anak-anak menjadi korban perang.

"Sayang disayang, mereka banyak mengajarkan demokrasi. Mereka ajarkan hak asasi manusia. Tapi, begitu ada sebuah negara yang bom rumah sakit, yang bunuh anak-anak kecil, mereka diam seribu bahasa," tutur Prabowo dalam siaran persnya, Minggu (5/11/2023).

Melansir data yang dihimpun United Nations Office for the Coordination of Humanitarian Affairs (OCHA) dari Kementerian Kesehatan Gaza dan keterangan resmi pemerintah Israel, terungkap lebih dari 9.100 warga Palestina tewas akibat perang antara Israel dan kelompok militan Hamas selama periode 7 Oktober-2 November 2023.

Dalam acara Dialog Cendekia yang digelar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) di Makassar itu, Prabowo mengungkapkan rasa prihatin atas sikap acuh negara Barat, yang dikenal memiliki prinsip dan ajaran baik khususnya tentang demokrasi serta Hak Asasi Manusia (HAM).

"Mereka yang mengajarkan kita hak asasi. Jadi, ternyata saudara-saudara, apa yang diajarkan seringkali bukan itu yang diyakini," jelas dia.

Tercatat, korban Palestina paling banyak berada di Jalur Gaza yakni korban jiwa 9.061 orang dan korban luka 22.911 orang, sementara di wilayah Tepi Barat ada korban jiwa 132 orang dan korban luka 2.281 orang. Dalam periode yang sama pula, jumlah total korban jiwa dari pihak Israel sekitar 1.419 orang dan korban lukanya 5.415 orang.

Prabowo lantas mengingatkan bahwa sejarah memiliki nilai penting bagi sebuah bangsa. Untuk itu, dia berharap para cendekiawan muslim dapat terus mempelajari sejarah, selain mempelajari IPTEK.

"Kita harus belajar sejarah. Karena itu, cendekiawan muslim, selain IPTEK, saya juga berharap belajarlah sejarah, apalah kita punya sejarah," Prabowo menandaskan.

 

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini