Sukses

Jokowi Akan Berikan Bintang Jasa ke Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Hari Ini

Presiden Jokowi hari ini akan memberikan anugerah tanda kehormatan bintang jasa kepada Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana, Jakarta. Penganugerahan ini bertepatan dengan pembukaan Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan pertemuan dengan Presiden Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) Gianni Infantino, Jumat (10/11/2023). Jokowi diagendakan menganugerahkan Tanda Kehormatan Bintang Jasa kepada Gianni Infantino di Istana Negara Jakarta.

"Hari ini, rencananya akan dijadwalkan pertemuan Bapak Presiden dengan Presiden FIFA. Karena ada beberapa agenda Bapak Presiden hari ini yang juga dihadiri Presiden FIFA," kata Koordinator Stat Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (10/11/2023).

"Pertama, Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jasa dari Presiden kepada Presiden FIFA di Istana Negara," sambungnya.

Selain itu, Jokowi dan Gianni Infantino akan melakukan peresmian Kantor FIFA di Jakarta. Selanjutnya, Jokowi dan Infantino direncanakan membuka Piala Dunia U-17 di Surabaya, Jawa Timur.

"Kedua, peresmian Kantor FIFA di Jakarta. Ketiga, pembukaan Piala Dunia U-17 di Surabaya," ujar Ari.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan kepada Presiden Federasi Sepak bola Internasional (Federation Internationale de Football Association/FIFA) Gianni Infantino pada November 2023.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi usai menganugerahkan tanda kehormatan kepada sejumlah tokoh di Istana Negara, Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023.

"Gianni Infantino enggak bisa hadir. Nanti mungkin akan diberikan di bulan November," kata Presiden Jokowi.

Presiden menjelaskan bahwa Presiden FIFA Gianni Infantino tidak dapat menghadiri penganugerahan tanda kehormatan pada Senin ini.

Seharusnya, penyerahan tanda kehormatan kepada Gianni bersamaan dengan penyerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Nararya kepada Wishnutama Kusubandio selaku penggiat seni.

Presiden mengatakan rencananya tanda kehormatan kepada Gianni diserahkan pada November mendatang, bersamaan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia yang berlangsung pada 10 November sampai dengan 2 Desember 2023.

"Kemungkinan iya," kata Presiden saat ditanya awak media tentang penyerahan tanda kehormatan itu saat Piala Dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Groundbreaking National Training Center FIFA di IKN

3 dari 4 halaman

Jadi Pusat Pengembangan Sepakbola Indonesia

Di lain kesempatan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki banyak stadion sepak bola bertaraf internasional di tiap kota-kota besar. Diketahui, stadion-stadion tersebut tersebar di tiap pulau seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan di Papua.

"Stadion bertaraf internasional ada sudah kita miliki," ujar kepala negara di Ibu Kota Nusantara, seperti dikutip daring, Jumat (22/9/2023).

Namun Jokowi menyadari, hadirnya stadion-stadion tersebut belum didukung oleh hadirnya tempat latihan terpusat dan terintegrasi. Sehingga, saat Tim Nasional Kesebelasan Indonesia hendak berlatih maka lokasinya masih harus berpindah-pindah.

Menjawab persoalan tersebut, Jokowi pun akhirnya membangun satu tempat latihan terpusat untuk Tim Nasional Kesebelasan Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia yakin, dengan lokasi baru nan strategis ini Timnas bisa mendapat dukungan penuh dari negara.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini akan kita groundbreaking national training center untuk sepakbola indonesia," bangga Jokowi.

Jokowi menjelaskan, pusat pelatihan dibangun di atas lahan seluas 34,5 hektare. Kemudian, akan terdapat 8 lapangan sepak bola dengan pelbagai fasilitas pendukung. Selain itu, pusat pelatihan juga akan dilengkapi dengan asrama yang dikelilingi alam asri IKN.

"Kita lihat di gambar sangat indah dan sangat cantik, sehingga kita harapkan nanti yang training di sini betah, jauh dari keramaian, tidak seperti Jakarta. Pagi latihan, malamnya ndak latihan kalau di Jakarta. Kalau di sini ndak, kalau malam (bisa) tetap latihan," jelas Jokowi.   

Jokowi memastikan, pusat pelatihan untuk Tim Nasional Kesebelasan Indonesia tidak hanya sebagai tempat berlatih saja, tetapi juga pusat inovasi pengembangan sepak bola Indonesia yang memfasilitasi research serta pengujian teknologi terbaru dalam olahraga sepak bola.

Jokowi pun mengucapkan terima kasih kepada Fédération Internationale de Football Association (FIFA) atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan. Diketahui, FIFA memberikan suntikan dana untuk pembangunan pusat pelatihan di IKN sebesar Rp85,6 miliar.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada FIFA yang memberikan pendanaan FIFA forward terbesar di Asia Tenggara kepada Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI)," ungkap Jokowi.

Selain dari FIFA, lanjut Jokowi, pemerintah juga memberikan sumbangsihnya sebesar Rp95 miliar yang sudah disetujui oleh menteri keuangan. Menurut Jokowi, hal tersebut adalah wujud nyata negara hadir untuk kemajuan persepakbolaan di Tanah Air.

"Ini kalau enggak kita sebut dipikir, kita enggak memberi dukungan kepada PSSI, nanti kalau kurang ditambah lagi dukungannya," canda Jokowi. 

4 dari 4 halaman

Jokowi Berharap Sepakbola Indonesia Tambah Moncer

Presiden pun berharap dan meyakini, sepak bola Indonesia bisa tambah moncer dengan adanya national training center di IKN. Syaratnya, selain infrastruktur adalah dukungan manajemen yang baik, sarana prasarana yang memadai, serta kecintaan besar masyarakat Indonesia terhadap sepak bola.

"Saya yakin saya optimis akan mampu, membawa dan menyaksikan Garuda kita, Timnas kita tidak hanya juara di Asia Tenggara tetapi akan segera mendunia," bangga Jokowi.

"Dengan mengucap bismillah, pada pagi hari ini groundbreaking national training center secara resmi saya nyatakan dimulai," Jokowi menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini