Sukses

Kata Airlangga soal Kabar Demokrat Akan Gabung Kabinet Jokowi

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi soal kabar kader Partai Demokrat akan menjadi menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menanggapi soal kabar kader Partai Demokrat akan menjadi menteri Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Airlangga mengaku belum mendengar kabar soal Partai Demokrat bergabung ke kabinet Indonesia Maju.

"Wah belum, kita belum dengar," kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu juga tidak mengetahui kapan Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet. Airlangga belum mendapat informasi terkait reshuffle kabinet.

"Ndak ada, belum tahu (ada reshuffle)," ujarnya.

Seperti diketahui, Partai Demokrat saat ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju yang terdiri dari, Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, PBB, PSI, Partai Garuda dan Partai Gelora. Koalisi tersebut mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi capres-cawapres.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pekan ini. Namun, Jokowi tak mengungkapkan tanggal pasti reshuffle akan dilakukan.

"Mungkin minggu ini (reshuffle). (Hari) baru disiapkan," kata Jokowi di Plataran Hutan Kota Senayan Jakarta, Selasa (24/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lantik Menteri Pertanian Definitif

Jokowi menyebut dirinya akan melantik Menteri Pertanian definitif. Pos kementerian tersebut memang kosong pasca Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri karena tersangkut kasus korupsi.

"Menteri Pertanian," ucapnya saat ditanya pos kementerian yang akan diisi.

Saat ini, Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi menjadi Plt Menteri Pertanian.

Saat ditanya apakah Partai Demokrat akan masuk kabinet, Jokowi hanya mengangguk.

Hanya saja, Jokowi memang melakukan pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Merdeka Jakarta, Senin 23 Oktober 2023. Pertemuan dilakukan secara tertutup.

"Ya biasa ya pertemuan silahturahmi berbicara hal-hal yang biasa saja. Kita bicarakan ketemu dengan partai," jelas Jokowi saat ditanya awak media soal pertemuan dengan AHY.

3 dari 3 halaman

AHY Unggah Foto di Kebun Apel dan Singgung soal Pertanian, Sinyal Bakal Jadi Mentan?

Diketahui, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengunggah foto sedang berada di kebun apel malang di Batu Malang, Jawa Timur. Menurut dia, apel malang adalah sebuah produk unggulan pertanian nasional dari Jawa Timur.

“Jangan lupa untuk selalu konsumsi produk pertanian lokal kita, salah satunya produk unggulan dari Jawa Timur, yaitu Apel Malang!,” tulis AHY seperti dikutip Selasa 24 Oktober 2023.

AHY lalu meyakini, pertanian Indonesia adalah salah satu sektor yang perlu dibangun dan didorong untuk bangkit dan maju. Dia menegaskan, sebagai ketua umum partai dirinya akan terus berkontribusi demi kemajuan pertanian Indonesia.

“Partai akan terus mendorong terjaminnya ketersediaan pupuk, hadirnya inovasi, teknologi, dan sumber daya manusia di bidang pertanian agar kita semakin mandiri dan produktif utamanya dalam menyediakan ketersediaan pangan,” AHY menandasi.

Sebagai informasi, momen AHY bersama Apel Malang adalah ketika dirinya berada di Kebun Puri Agung, Kota Batu, Jawa Timur.

“Di sini ada yang suka Apel Malang? Cerita di kolom komentar ya,” AHY menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.