Sukses

Hingga Tengah Malam, TPA Rawa Kucing Tangerang Masih Terbakar Hebat

Kebakaran hebat yang melanda TPA Rawa Kucing Kota Tangerang masih berlangsung hingga nyaris tengah malam, Jumat (20/10/2023). Tebalnya asap kebakaran bahkan membuat satu petugas damkar tumbang dan harus dievakuasi karena sesak napas.

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 9 jam, kobaran api masih membumbung tinggi di TPA Rawa Kucing Kota Tangerang, Jumat (20/10/2023). Kebakaran hebat di TPA Rawa Kucing masih berlangsung hingga nyaris tengah malam.

Bahkan seorang petugas Pemadam Kebakaran (Damkar), harus dilarikan ke UGD RSUD Kota Tangerang lantaran mengalami sesak napas.

Kondisi lokasi kejadian, sampah plastik dan angin kencang membuat proses pemadaman api terhambat. Asap tebal kebakaran yang muncul dari gunung sampah juga membuat petugas pemadam bertumbangan.

Humas PMI Kota Tangerang, Ade menuturkan, pihaknya mengevakuasi seorang petugas Damkar ke RSUD Kota Tangerang, lantaran sudah lemas sesak napas.

"Tadi ada 1 orang petugas, kondisinya lemas, sesak nafas. Sudah dievakuasi ke rumah sakit dengan ambulans PMI, untuk dapat penanganan di sana," ungkapnya.

Selanjutnya, petugas PMI kembali lagi ke lokasi kejadian TPA Rawa Kucing untuk siaga. Sembari, petugas lainnya membagikan masker medis untuk menghalau efek polusi udara akibat kebakaran hebat yang masih berkobar itu.

Di lain pihak, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menuturkan, hingga tengah malam ini, segala upaya dari petugas di lapangan terus dilakukan agar kebakaran segera padam dan kondisi api tak menyambar ke bangunan di sekitarnya.

"Kami terus melakukan berbagai upaya dan daya maksimal untuk memadamkan api. Kami tidak hanya terjunkan petugas pemadam namun hampir semua petugas lapangan yang bisa bantu kamu mobilisasi untuk memadakan api," ujar Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diduga Kebakaran Akibat Suhu Panas Ekstrem

Adapun petugas yang diterjunkan mulai dari BPBD, Dishub, Budpar, PUPR, PDAM, PMI, Dinkes sampai Dinsos, dan POL PP. Hal tersebut dilakukan, mengingat lokasi TPA selain berdekatan dengan permukiman juga hanya berjarak 2,1 KM dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Meskipun sudah larut malam, Kami terus upaya melakukan pemadaman karena lokasi kebakaran hanya berjarak 2,1 KM dari ujung runway bandara. Kami berupaya jangan sampai kebakaran ini menggangu penerbangan di Bandara Soetta yang menjadi pintu gerbang negara," ujarnya.

Sebagai informasi Pemerintah Kota Tangerang telah mengerahkan 34 mobil damkar dan kurang lebih 534 personil dari BPBD, Dishub, PUPR, Budpar, Dinkes dan PDAM untuk memadamkan kebakaran di TPA Rawa Kucing, sejak Jumat Siang (20/10/2023).

Dugaan sementara, kebakaran terjadi karena suhu panas yang ekstrem yang terjadi pada hari ini di wilayah Kota Tangerang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini