Sukses

5 Kabar Terbaru Jessica Kumala Wongso Usai Viral Film Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso

Saat ini, Jessica Wongso sedang menjalani masa hukuman di Rumah Tahanan atau Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur setelah divonis bersalah dalam kasus kematian Wayan Mirna Salihin karena sianida, tahun 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, Jessica Wongso sedang menjalani masa hukuman di Rumah Tahanan atau Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur setelah divonis bersalah dalam kasus kematian Wayan Mirna Salihin karena sianida, tahun 2016.

Namun belakangan, nama Jessica Wongso kembali ramai dibicarakan usai tayangnya film dokumenter Netflix berjudul 'Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso'.

Di tengah ramainya perbincangan publik mengenai perkara ini, pada Minggu 8 Oktober 2023, viral di media sosial surat hasil scan yang diduga ditulis oleh Jessica Wongso dari dalam jeruji besi untuk temannya yang bernama Tami. Surat itu dibagikan oleh TikToker kondang @Awbimax.

"Hi Tami, Bagus deh kamu dan lainnya terima surat aku, kirimnya lebih praktis kalau lewan scan-an. :)" tulisnya mengawali surat tersebut.

"Thank you banget yah sepatunya, aku pake di sini kalo lagi mau olah raga. Pas kok ukurannya :) Tapi, jangan aku aja ya yang olah raga, kamu juga! Ayo hilangin males-malesnya. :)" sambung Jessica Kumala Wongso.

Jessica Wongso tampak antusias mendengan update kehidupan temannya yang dapat pekerjaan. Dia ingin kembali berkumpul bersama teman-temannya suatu saat nanti.

"Wow, jadi kamu dapat kerjaan gara-gara kenal di grup WA yang ngomongin aku? That's cool! :)Aku ikut seneng kamu jadi punya temen-temen baru dan bos yg baik :) nanti kita semua ketemuan yah waktu aku udah bebas!" tutur Jessica.

Dan rupanya pada Senin 9 Oktober 2023, Jessica Wongso berulang tahun ke-35. Tepat di hari ulang tahunnya, beredar video sang ibu, Imelda Wongso, mendatangi rutan Pondok Bambu ntuk merayakan ulang tahun putrinya.

Imelda Wongso datang bersama para kuasa hukum Jessica, namun tidak terlihat ada Otto Hasibuan dalam video yang dibagikan akun TikTok @terkini69.

Mereka membawa tumpeng bertuliskan 'Happy Birthday Jessica". Menurut Imelda Wongso, putrinya biasanya akan berkumpul bersama kakak-kakaknya saat berulang tahun.

"Biasanya kan kumpul, sama kakaknya, kedua kakaknya, ponakannya, ibu bapak. Sekarang di sini, ulang tahunnya sama lawyer-lawyer," ucap Imelda.

Berikut sederet kabar terkini Jessica Wongso usai viral tayangnya film dokumenter Netflix berjudul 'Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso' dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dalam Surat, Sebut Baik-Baik Saat Ice Cold Netflix Tayang

Jessica Wongso sedang menjalani masa hukuman di Rutan Pondok Bambu, Jakarta setelah divonis bersalah dalam kasus kematian Mirna Salihin karena sianida, tahun 2016.

Kasus hukum ini sudah terangkum dalam film dokumenter Netflix berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso, yang tengah tayang. Ice Cold Netflix yang tengah viral ini bikin netizen ingat kasus dan sosok Jessica kembali.

Di tengah ramainya perbincangan publik mengenai perkara ini, pada Minggu 8 Oktober 2023, viral di media sosial surat hasil scan yang diduga ditulis oleh Jessica Wongso dari dalam jeruji besi untuk temannya yang bernama Tami. Surat itu dibagikan oleh TikToker kondang @Awbimax.

"Hi Tami, Bagus deh kamu dan lainnya terima surat aku, kirimnya lebih praktis kalau lewan scan-an. :)" tulisnya mengawali surat tersebut.

"Thank you banget yah sepatunya, aku pake di sini kalo lagi mau olah raga. Pas kok ukurannya :) Tapi, jangan aku aja ya yang olah raga, kamu juga! Ayo hilangin males-malesnya. :)" sambungnya.

Jessica Wongso tampak antusias mendengan update kehidupan temannya yang dapat pekerjaan. Dia ingin kembali berkumpul bersama teman-temannya suatu saat nanti.

"Wow, jadi kamu dapat kerjaan gara-gara kenal di grup WA yang ngomongin aku? That's cool! :)Aku ikut seneng kamu jadi punya temen-temen baru dan bos yg baik :) nanti kita semua ketemuan yah waktu aku udah bebas!" tutur Jessica.

Wanita yang sempat mengenyam pendidikan di Australia ini juga berencana bertukar foto dengan sahabatnya itu meski tampaknya akan sulit.

"Kalau kamu mau kirim foto, silahkan aja, boleh dilampirin sama surat kamu biasanya kamu kirim ke rumah :). Di sini sudah kalau mau foto, mesti nunggu moment yang tepat, walau udah foto pun, lama banget fotonya di-print buat akunya, dan aku juga menghindari kamera kan :) tapi nanti aku usahain ya!" paparnya.

Terpidana 20 tahun pernjara dalam kasus pembunuhan itu lantas menceritakan tentang rutinitasnya selama berada di balik jeruji besi dan mengkungkap kondisi terkininya.

"Don't worry, aku baik-baik aja kok di sini, di sini sangking gak ada kerjaan malah jadi perawatan, rajin olahraga :). Selain rutinitas kamu itu, ada hobi yang lain gak? Suka nonton atau baca? :)" ungkapnya.

"Tami, jangan terlalu percaya sama berita di media, aku di sini setiap hari sibuk bantuin petugas. Nggak pernah di kamar selain hari Sabtu dan Minggu. Jadi yang mereka tulis itu nggak bener, mungkin mereka asal tulis aja biar artikelnya diklik. :)" sambung Jessica.

 

3 dari 6 halaman

2. Mengaku Sudah Berhenti Minum Kopi, Pandai Merajut

Meski sedang hidup di penjara, namun Jessica Wongso tetap produktif. Dia juga memiliki keterampilan baru, yaitu merajut. Seperti diketahui, setiap warga binaan diajarkan berbagai keterampilan selama menjalani hukuman.

"Iya jam 17.00 sore (bisa lebih awal atau terlambat tergantung kerjaan dan petugasnya) aku balik ke sel untuk istirahat dan lanjut lagi besoknya. Soal tas rajutan, nanti kalau ada kesempatan dan benang yang bagus aku buatin ibu kamu ya :)" kata dia.

Jessica Wongso juga bercerita bahwa saat ini dia sudah berhenti minum kopi. Dia hanya meminumnya di saat-saat tertentu.

"Aku sekarang udah gak minum kopi lho! Sejak bulan Maret kemarin udah quit, jadi paling kalau lagi kepengen aja, tapi jarang banget :) Dulu aku juga ketagihan sama kopi, tapi udah berhenti, tapi waktu berhenti itu dalam 2 minggu kepala berat banget rasanya, tapi di minggu ketiga udah gak terlalu pusing :) Kamu suka kopi yang rasa apa?" terangnya.

Jessica juga sepertinya tahu bahwa saat ini dia sedang jadi topik perbincangan seantero negeri. Dengan nada bercanda, dia menebak teman-temannya juga tak luput membicarakannya.

"Kemarinnya waktu ada artikel yang bawa nama-nama aku di media, pasti kalian ngomongin aku malem-malem? Berasa mulesnya soalnya :) Salam buat keluarga kamu ya, Aku tulis surat buat Ibu Anas juga, mau bilang terima kasih udah dikirimin kerupuk enak :) Take care, Jess xx" tutup Jessica.

 

4 dari 6 halaman

3. Ulang Tahun ke-35, Dikunjungi Ibu dan Bawa Tumpeng

Jessica Kumala Wongso atau Jessica Wongso berulang tahun ke-35 pada Senin 9 Oktober 2023. Tepat di hari ulang tahunnya, beredar video ibu dari Jessica Wongso, Imelda Wongso, mendatangi rumah tahanan (rutan) Pondok Bambu, Jakarta Timur, untuk merayakan ulang tahun putrinya.

Imelda Wongso datang bersama para kuasa hukum Jessica, namun tidak terlihat ada Otto Hasibuan dalam video yang dibagikan akun TikTok @terkini69.. Mereka membawa tumpeng bertuliskan 'Happy Birthday Jessica".

Menurut Imelda Wongso, putrinya biasanya akan berkumpul bersama kakak-kakaknya saat berulang tahun.

"Biasanya kan kumpul, sama kakaknya, kedua kakaknya, ponakannya, ibu bapak. Sekarang di sini, ulang tahunnya sama lawyer-lawyer," ucap Imelda.

Kunjungan itu kabarnya benar-benar jadi kejutan bagi Jessica karena tidak ada pemberitahuan sebelumnya dari ibunya maupun anggota keluarganya yang lain.

Dalam kesempatan itu, Imelda Wongso berharap putrinya yang terjerat kasus kopi sianida dapat segera bebas dari penjara.

"Iya cepet bebas ya. Harapan ibu cuman itu," harapnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Mantan Pengacara Sebut Kondisi Jessica Tetap Stabil, Sama Seperti Waktu Sidang

Tim pengacara yang pernah membela Jessica Wongso pun mendatangi Lapas Pondok Bambu, untuk merayakan hari jadi mantan kliennya. Mereka adalah Hidayat Bustam, Sordame Purba, dan Elisabet Batubara.

Dalam kesempatan itu, tim pengacara membawa kue ulang tahun dan beberapa kado untuk Jessica. Namun tidak semua kado titipan para pendukung Jessica, mengingat ukurannya yang besar.

"Kebetulan hari ini Jessica ulang tahun, kita bawakan dia kue ulang tahun, ada juga beberapa kado. Tapi nggak semua bisa kita bawa karena besar-besar, itu dari pendukung Jessica," ujar Hidayat Bustam di Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur, Senin 9 Oktober 2023.

Hidayat mengatakan, tidak ada perayaan khusus untuk Jessica yang kini genap berusia 35 tahun. Bahkan, keluarga Jessica juga tak ikut datang ke Lapas Pondok Bambu.

"Nggak ada perayaan khusus. Bapaknya nggak bisa hadir karena kurang sehat, dan memang terbatas untuk datang ke sini karena kan lebih ketat," ucap dia.

Hidayat mengungkap kondisi Jessica, yang sudah 7 tahun terakhir menjalani masa hukumannya. Menurut Hidayat, tidak ada yang berbeda dari kondisi Jessica selama mendekam di Lapas Pondok Bambu.

"Jessica kondisinya tetap stabil ya, seperti yang waktu dia sidang sama berat badannya juga 51 kilogram," ungkap Hidayat.

Hidayat menambahkan, Jessica masih tetap sebagai pribadi yang murah senyum. Jessica juga sudah membuka diri untuk bercengkerama dan bercanda, di tengah masa hukuman yang dijalani.

"Orangnya murah senyum, dia juga udah bisa bercanda ya, hanya disitu-situ aja lingkupnya karena terbatas," jelas Hidayat.

 

6 dari 6 halaman

5. Harapan Jessica Wongso di Ulang Tahun ke-35

Tim pengacara yang mengawal Jessica Wongso di persidangan pun menyempatkan diri untuk menjenguk mantan kliennya yang kini mendekam di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur. Bahkan, mereka membawakan kue ulang tahun untuk Jessica Wongso.

Ada harapan yang disampaikan Jessica Wongso kepada tim pengacara, tepat di hari ulang tahun ke-35 ini. Jessica berharap agar dirinya bisa segera menghirup udara bebas.

"Tadi sih dia sampaikan kepada kami selaku tim lawyer-nya, ya agar bisa cepat bebas," ungkap Hidayat Bustam usai menjenguk Jessica Wongso di Rutan Pondok Bambu.

Hidayat melanjutkan, Jessica juga memohon doa agar dirinya selalu diberikan kesehatan. Besar keinginan Jessica untuk segera menghirup udara bebas.

"Dia juga berharap kepada teman-teman di luar termasuk netizen agar dia (didoakan) selalu sehat dan cepat bebaslah," ujar Hidayat.

Hidayat mengungkapkan, suasana haru begitu terasa saat pertemuannya dengan Jessica. Sebab, hanya kepada tim pengacaralah Jessica dapat berkeluh kesah tentang kasus hukum yang menimpanya.

"Ya biasa, kalau ketemu kita sedih, senang, terharu, bercampur baurlah. Artinya, kenapa ya orang yang bisa diajak ngomong tentang hukum kita bertiga atau kadang-kadang saya datang dengan bang Otto datang, dia ceritakan semuanya," kata dia.

Menurut Hidayat, tak ada seorang pun yang rela menerima hukuman, sementara ia tidak merasa bersalah. Begitu juga dengan Jessica yang ia duga ingin berontak namun tidak dapat berbuat apa-apa.

"Siapa sih yang menerima hukuman sementara enggak salah, ya. Hatinya pasti berontak, dong. Berontaknya dia pun enggak bisa apa-apa. Hanya bisa minta bantuan," pungkas Hidayat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.