Sukses

NasDem Pastikan Syahrul Yasin Limpo Mundur dari Mentan

Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni memastikan bahwa Syahrul Yasin Limpo (SYL) bakal mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian (Mentan) usai dikabarkan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Liputan6.com, Jakarta Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni memastikan bahwa Syahrul Yasin Limpo (SYL) bakal mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian (Mentan) usai dikabarkan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Meski demikian, Sahroni mengaku belum mengetahui kapan pengunduran diri itu disampailan Syahrul Yasin Limpo kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Mestinya harus sudah ke Istana ya Pak SYL. Cuma belum tahu setelah tadi katanya terakhir di Polda belum ada kabar lagi," kata Sahroni kepada wartawan di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Sahroni menambahkan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh pun sudah tahu bahwa Syahrul Yasin Limpo akan mengundurkan diri. Bahkan, seharusnya Syahrul Yasin Limpo juga bertemu dengan Jokowi pada pukul 14.00 WIB tadi.

"Iya sudah (tahu Surya Paloh), sudah. Tadi pagi (diberitahu). Mestinya dia harusnya tadi jam 2 (bertemu Jokowi)," kata Sahroni.

Sebelumnya, sejumlah petinggi Partai NasDem mulai berdatangan ke NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023) usai Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) datang ke kantornya untuk berpamitan sebagai menteri kepada sejumlah pegawai.

KPK kabarnya telah menetapkan Syahrul Yasin Limpo sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi. Penetapan ini ramai usai tim penyidik KPK menggeledah rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Syahrul Yasin Limpo Pamitan dengan Pegawai Kementan

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo tiba di kantor Kementerian Pertanian (Kementan) pada Kamis (5/10), tepatnya pukul 10.17 WIB.

Syahrul Yasin Limpo dikabarkan berpamitan dengan para pegawai sebelum mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri pada hari ini.

Kedatangan Syahrul disambut para pejabat Kementan. Beberapa pegawai Kementan memeluk politikus Partai Nasdem tersebut. Syahrul Yasin Limpo dan para pejabat Kementan bergegas memasuki ruangan di Gedung A Kementerian Pertanian.

Setelah berpamitan, Syahrul Yasin Limpo akan mendatangi Polda Metro Jaya. Selanjutnya, Mentan akan mendatangi Istana Kepresidenan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syahrul Yasin Limpo Irit Bicara

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) masih irit bicara. Ia memilih tidak berkomentar lebih lanjut di tengah isu penetapan tersangka dirinya atas kasus dugaan korupsi oleh KPK.

Saat ditemui usai pertemuan di Gedung Kementerian Pertanian (Kementan), Jakarta Selatan, Syahrul Yasin Limpo hanya berucap akan menjelaskan semua masalah hukum ini pada waktu yang tepat.

"Pada saat saya akan beri penjelasan," kata Syahrul Yasin Limpo saat ditemui wartawan, Kamis (5/10/2023).

Syahrul Yasin mengaku saat ini dirinya masih fokus menyelesaikan segala urusannya. Meskipun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut terkait urusan yang dimaksud.

"Saya akan menyelesaikan semua proses-prosesnya," kata SYL.

Sementara terkait kepergiannya usai melangsungkan pertemuan di Gedung Kementan, SYL pun enggan berkomentar.

Termasuk rencananya yang akan datang ke Polda Metro Jaya, terkait kasus dugaan pemerasaan terhadap sopirnya oleh pimpinan KPK.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.