Sukses

Panglima Rotasi 38 Perwira Tinggi TNI, Ini Daftarnya

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono kembali melakukan mutasi jabatan sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Laksamana Yudo Margono kembali melakukan merotasi jabatan sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan TNI. Kebijakan itu tertuang dalam SK Panglima TNI Nomor Kep/1111/IX/2023.

"Tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditetapkan Laksamana TNI Yudo Margono pada Rabu, 27 September 2023,” tulis keterangan yang dikutip, Jumat (29/9/2023).

Adapun total ada 38 perwira tinggi yang masuk dalam daftar rotasi itu, 19 di antaranya berasal dari matra TNI Angkatan Darat, 18 perwira tinggi dari TNI Angkatan Laut, dan satu perwira tinggi dari TNI Angkatan Udara.

Berikut daftar perwira tinggi, yakni Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah yang mendapat promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Komandan Korps Marinir (Dankomar) TNI AL menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal).

Sementara itu, Letjen TNI (Mar) Suhartono yang sebelumnya bertugas sebagai Dankodiklatal kini ditugasjan sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) TNI menggantikan Laksamana Madya (Laksdya) TNI Angkasa Dipua yang memasuki masa pensiun.

Kemudian, mutasi juga dilakukan untuk posisi Brigjen TNI Sugiyono yang semula menjabat Wakil Kepala Puspen TNI saat ini menjadi Perwira Staf Ahli (Pa Sahli) Tingkat III Bidang Sosial Budaya dan Hukum, HAM, dan Narkoba Panglima TNI.

Brigjen Sugiyono menggantikan posisi Mayjen TNI Lismer Lumban Siantar yang saat ini mengisi posisi sebagai Staf Khusus Panglima TNI. Alhasil, posisi Wakil Kepala Puspen TNI saat ini diisi oleh Kolonel Inf Teguh Pudji Rahardjo.

Kemudian, dari TNI AL ada Laksamana Pertama (Laksma) TNI Erjawan yang dimutasi dari jabatannya sebagai Direktur Umum (Dirum) Akademi TNI menjadi Staf Khusus Kepala Staf TNI AL (Kasal).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perwira Lainnya

Sementara, jabatan Dirum Akademi TNI pun saat ini diisi oleh Kolonel Mar Werijon yang sebelumnya berdinas di Universitas Pertahanan.

Dari jajaran TNI AD, Brigjen TNI I Gusti Agung Winatha saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (Kapusdiklat) Badan Intelijen Negara. Dia bertukar posisi dengan Brigjen TNI Murbianto Adhi Wibowo yang saat ini mengisi posisi sebagai Agen Intelijen Ahli Madya BIN.

Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa Mahks, yang sebelumnya menjabat Kepala BIN Daerah Jawa Barat pada Deputi Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN saat ini menjadi Staf Ahli Bidang Ideologi dan Politik BIN. Dalam SK itu, Panglima tidak menyebutkan pengganti Ruddy.

Kemudian, Perwira lainnya yang saling bertukar posisi, yaitu Brigjen TNI Muhammad Ali dari posisi semula sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskogabwilhan) III menjadi Inspektur (Ir) Sekolah Staf dan Komando TNI AD (Seskoad). Dia bertukar posisi dengan Brigjen TNI Jimmy Ramoz Manalu.

3 dari 3 halaman

Rotasi di Bakamla RI

Lalu, untuk posisi di Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Aswan Candra mendapat promosi dari tugas semula sebagai dosen Sesko TNI menjadi Direktur Latihan Deputi Bidang Operasi dan Latihan Bakamla.

Kolonel Laut (P) I Gusti Putu Aswan Candra turut menggantikan Laksma TNI Suwito yang dimutasi menjadi Perwira Staf Ahli Tingkat III Bidang Politik Keamanan Nasional Staf Ahli Panglima TNI.

Selanjutnya dadi TNI AU, hanya ada Marsekal Pertama (Marsma) TNI Tri Akhmad Rubangi melepaskan posisinya sebagai Staf Khusus Kepala Staf TNI AU (Kasau) menjadi perwira tinggi Mabes TNI AU dalam rangka pensiun.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.