Sukses

GEKARI Puji Langkah Wamen ATR soal Sertifikat Rumah Ibadah, Raja Antoni: Kita Sertifikasi Semuanya Tanpa Terkecuali

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni, memenuhi undangan memberikan ceramah di hadapan Persekutuan Pengurus Jemaat Gereja Kasih Karunia Indonesia Indonesia (GEKARI), Kamis (21/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni, memenuhi undangan memberikan ceramah di hadapan Persekutuan Pengurus Jemaat Gereja Kasih Karunia Indonesia Indonesia (GEKARI), Kamis (21/9/2023).

Sebelum memberikan ceramahnya, Sekretaris Umum Sinode GEKARI, Pdt Pastor Roni Sigarlaki, menyebutkan bahwa Raja Antoni merupakan sahabat sejak lama.

Kepada jemaat yang hadir, Pdt Roni menceritakan, Raja Juli Antoni merupakan anak rohani dari Buya Syafii Maarif yang sangat getol dalam merajut hubungan antar iman.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa persahabatannya dengan Wakil Menteri tersebut ditengarai oleh kesamaan dengan nilai yang dianut.

“Kesamaan kita (Pdt Roni dan Wamen ATR/BPN) terletak pada nilai-nilai yaitu keadilan, kebenaran, dan kesetaraan warga di hadapan negara,” kata dia dalam keterangannya.

Langkah Raja Juli yang memberikan perhatian terhadap sertifikasi tanah wakaf dan rumah ibadah juga mendapat apresiasi dari Pimpinan GEKARI. Pasalnya hal tersebut merupakan langkah yang tidak populer tapi dilakukannya.

Menanggapi hal tersebut dalam bagian cerahmahnya Raja Antoni menyampaikan kembali komitmennya dalam melakukan sertifikasi tanah rumah ibadah. Selama Ia menjabat Wakil Menteri, pihaknya sudah mensertifikasi ribuan rumah ibadah selain masjid.

“Saya akan sertifikasi tanpa terkecuali dan tanpa diskriminasi termasuk aset milik Gekari, selama saya menjabat sudah 3.340 rumah ibadah selain masjid kita sertifikasi” tegas Politisi Partai Solidaritas Indonesia tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Berkomitmen

Melanjutkan paparannya, Raja Juli Antoni menjelaskan bahwa selain komitmen tetapi juga harus terwujud dalam kebijakan yang praktis.

Sehingga kebijakan itu benar-benar dirasakan oleh umat. Baginya palu sidang harus membuahkan kebijakan untuk kemaslahatan Rakyat.

Raja Juli mengaku terbuka apabila terdapat gereja dibawah Gekari yang belum disertifikasi untuk dapat didaftarkan. Namun ia meminta supaya datanya tidak bersifat sporadik dan sudah tersedia serta valid.

“Jadi Bapak/ibu datanglah secara ‘grosiran’ jangan ‘eceran’. Kita siap dan akan bantu sertifikasi,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.