Sukses

Siapa Dito Mahendra? Buron Kasus Senpi Ilegal yang Juga Pacar Penyanyi Nindy Ayunda

Bareskrim Polri akhirnya berhasil menangkap tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api (senpi) ilegal Mahendra Dito Sampurno alias Dito Mahendra.

Liputan6.com, Jakarta - Bareskrim Polri menangkap tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api (senpi) ilegal Mahendra Dito Sampurno alias Dito Mahendra. Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Pol Djuhandani Rahardjo Puro pun menyiratkan penangkapan tersebut pada hari ini, Jumat (8/9/2023).

Lalu, siapa Dito Mahendra?

Nama Dito Mahendra sendiri mencuat kala berseteru dengan artis Nikita Mirzani. Dito melaporkan Nikita ke Polresta Serang Kota pada 16 Mei 2022 atas dugaan kasus pencemaran nama baik.

Kasus ini bermula dari unggahan Instagram story Nikita Mirzani yang berisi dua foto Dito yang diambil dari Google dan situs berita. Ketika itu Nikita menuliskan kata-kata yang diduga mengandung unsur penghinaan.

Selanjutnya Penyidik Satreskrim Polresta Serang Kota hendak menjemput paksa Nikita di rumahnya pada 15 Juni 2022 namun saat itu Nikita enggan keluar. Sore harinya Nikita menyambangi Polresta Serang Kota.

Kemudian pada Juli 2022, Nikita ditangkap saat berada di pusat perbelanjaan kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Kala itu penangguhan penahanan Nikita dikabulkan sehingga ia hanya menjalani wajib lapor.

Selama berkonflik dengan Nikita, Dito tak pernah memperlihatkan batang hidungnya dan hanya melimpahkan kepada kuasa hukumnya, Yafet Rissy.

Namun rupanya terungkap, Dito kala itu tengah diburu setelah dua kali mangkir dari panggilan pemeriksaan kasus temuan 15 pucuk senjata api yang diduga ilegal di rumahnya di Jakarta Selatan, kala digeledah tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Maret 2023.

Pada saat itu, Nikita Mirzani mengunggah tangkapan layar headline yang menampilkan judul 'Kabur, Dito Mahendra Diburu dan Akan Langsung Ditangkap Bareskrim'.

"Dito, Dito, Dito si****** yang ngaku punya Taman Mini, yang istri sirinya namanya Nindy Ayunda si tukang playing victim yang hidupnya penuh du*** ******* sok-sokan lagi." ucap Nikita kala itu.

Kabar Dito Mahendra tersangka dikonfirmasi Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani kepada jurnalis di Jakarta, Senin 17 April 2023 lalu.

Sebelum akhirnya ditetapkan sebagai tersangka, KPK menemukan 15 senjata api saat menggeledah kediaman Mahendra Dito S alias Dito Mahendra pada Senin, 13 Maret 2023. Penggeledahan berkaitan dengan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) mantan Sekretaris MA Nurhadi.

"Dalam geledah tersebut benar tim menemukan 15 pucuk senjata api berbagai jenis. 5 pistol berjenis glock, satu pistol S&W, satu pistol kimber micro, serta 8 senjata api laras panjang," ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung KPK, Jumat 17 Maret.

Kesembilan senpi ilegal dijadikan barang bukti dalam perkara yang ditangani oleh Dittipidum Bareskrim Polri terkait dugaan pelanggaran tindak pidana Pasal 1 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1951.

Dito Mahendra Pengusaha Apa?

Sebelumnya, beredar sebuah rekaman percakapan yang beredar, yang diduga antara Nindy dan ibundanya, sosok kekasih dikenal sebagai orang kaya. "Dia dari keluarga kaya," sebut Nindy seperti dikutip dari akun @sailormoon.realwinner.

"Rumahnya ada di Kebayoran, Cilandak, uangnya dia sendiri,” ucap Nindy Ayunda lagi.

Mahendra Dito Sampurno merupakan pengusaha kaya raya. Dia berasal dari keluarga konglomerat. Kabarnya Dito salah satu pengelola Taman Mini Indonesia Indah.

Namun, hal itu dibantah oleh pihak terkait.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selalu Mangkir dari Panggilan Polisi

Tersangka dugaan tindak pidana kepemilikan senjata api ilegal Dito Mahendra mangkir dari panggilan Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri. Dito Mahendra seharusnya diperiksa sebagai tersangka pada Jumat 28 April 2023.

Namun, hingga Sabtu 29 April 2023, Dito tidak hadir ke Bareskrim Polri tanpa keterangan.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Sandi Nugroho, mengatakan penyidik menjadwalkan pemanggilan kedua kepada Dito sebagai tersangka pada Selasa 2 Mei 2023.

"(Dito) tidak hadir, rencana akan dipanggil kedua tanggal 2 Mei," ujar Sandi seperti dilansir Antara, Sabtu.

Dito berkali-kali mangkir dari panggilan penyidik Bareskrim Polri. Pada saat penyelidikan, pria yang pernah berseteru dengan Nikita Mirzani itu juga mangkir saat dipanggil sebagai saksi. Dia dipanggil penyelidik pada Senin 3 dan 6 April 2023 lalu.

Penyidik berupaya mencari keberadaan Dito Mahendra dengan perintah untuk dibawa. Hingga akhirnya, setelah dilakukan gelar perkara, penyidik menemukan unsur pidana dan menetapkan kekasih Nindy Ayunda sebagai tersangka dugaan kepemilikan senjata ilegal pada Senin 17 April 2023.

 

3 dari 4 halaman

Dito Mahendra Ditetapkan Jadi DPO

Bareskrim Polri telah menetapkan Mahendra Dito S alias Dito Mahendra sebagai tersangka di kasus kepemilikan senjata api (senpi) ilegal. Lantaran mangkir dari pemeriksaan, polisi pun memasukkannya ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron.

Guru Besar Hukum Pidana Universitas Pancasila, Agus Surono pun mendukung langkah tegas Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto dalam mengusut tuntas kasus tersebut. Menurutnya sikap tersebut merupakan bentuk tegas dan konkrit pihak kepolisian dalam menangani perkara tersebut secara serius.

"Menurut saya bagus, memang harus upaya serius dan konkrit dalam melakukan proses hukum kepada siapapun yang melanggar hukum," tutur Agus kepada wartawan, Jumat 5 Mei 2023.

Agus menilai, penetapan tersangka dan status DPO terhadap Dito Mahendra adalah bukti bahwa Polri tidak pandang bulu dalam penegakan hukum.

"Terkait dengan penetapan sebagai DPO, itu merupakan kewenangan dari aparat penegak hukum dalam hal ini penyidik untuk menetapkan seseorang sebagai DPO," jelas dia.

Agus berpesan, penanganan kasus layaknya Dito Mahendra tetap perlu mengedepankan langkah-langkah penegakan hukum yang berlaku di Indonesia. Diharapkan Polri dapat menangani perkara itu dengan seadil-adilnya.

"Hukum harus ditegakkan dengan seadil-adilnya, dengan tetap proses hukumnya harus menerapkan asas pruden dan due process of law," Agus menandaskan.

 

4 dari 4 halaman

Profil Singkat Dito Mahendra

Dito Mahendra merupakan salah satu pengusaha Indonesia yang selama ini diketahui sempat berpacaran dengan penyanyi Nindy Ayunda. Dito memiliki nama asli Mahendra Dito Sampurno.

Meseki begitu, sosok Dito masih cukup misterius karena tidak diketahui kapan ia lahir dan lini bisnis apa yang ia geluti. Dito pernah diperkenalkan sebagai kekasih Nindy pada awal 2022 saat ia merayakan ulang tahun ke-33.

Ketika itu, Nindy menyebut Dito berasal dari keluarga yang kaya dan merupakan pemilik Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Namun faktanya, TMII dikelola PT Taman Wisata Candi (TWC) sejak April 2021.

Sejumlah rumor yang beredar menyebut bahwa Dito merupakan seorang cucu jenderal. Dito disebut-sebut merupakan cucu Brigjen (Purn) Sampurno yang meninggal dunia pada 1999 lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.