Sukses

Bekali Pesan Nasionalisme, Andika Perkasa Minta Mahasiswa Ukir Prestasi Atas Nama Bangsa

Jenderal (Purn) Andika Perkasa membekali materi soal belanegara, di hadapan 15.488 mahasiswa baru Universitas Brawijaya Malang. Materi yang diberikan oleh Andika, adalah berfokus pada pesan tentang bagaimana mengimplementasikan nasionalisme.

Liputan6.com, Jakarta - Jenderal (Purn) Andika Perkasa membekali materi soal belanegara, di hadapan 15.488 mahasiswa baru Universitas Brawijaya Malang. Materi yang diberikan oleh Andika, adalah berfokus pada pesan tentang bagaimana mengimplementasikan nasionalisme.

"Saya memberikan inspirasi tentang nasionalisme dan tentang Indonesia. Bagaimana saya mau mahasiswa dan mahasiswi baru di universitas Brawijaya ini bisa lebih sukses," ujar Andika saat pembekalan yang berlangsung kemarin di Malang, seperti dikutip Selasa (15/8/2023).

Andika lalu memutarkan sebuah video yang menceritakan tentang salah satu orang yang dulunya bukan siapa-siapa kini berhasil menjadi orang hebat. Dia mendorong, agar generasi Z memiliki lebih banyak keunggulan, seperti mampu mendapatkan informasi yang lebih mudah dan cepat kemudian dimanfaatkan dengan baik bagi bangsa dan negara.

"Intinya bagaimana mereka menunjukkan nasionalisme, tapi sebetulnya dimulai dari dirinya sendiri. Tidak perlu mikir nasionalisme yang terlalu kompleks," tutur mantan Panglima TNI ini.

Andika meyakini, generasi Z yang memiliki banyak keunggulan, seperti halnya mampu mendapatkan informasi yang lebih mudah dan cepat, harus bisa dimanfaatkan dengan baik bagi bangsa dan negara.

"Intinya bagaimana mereka menunjukkan nasionalisme, tapi sebetulnya dimulai dari dirinya sendiri. Tidak perlu mikir nasionalisme yang terlalu kompleks," ungkap dia.

Andika berharap, mahasiswa baru dapat menorehkan prestasi yang menunjukkan seorang nasionalis. Caranya, dengan memacu diri sendiri, sehingga prestasi dapat muncul.

“Itu (prestasi) sudah menunjukkan nasionalisme yang sangat bagus," bangga jenderal bintang empat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Undang Andika

Sementara itu, Ketua Panitia PKK Maba UB, Puguh menyebut, undangan terhadap Jenderal (Purn) Andika Perkasa dilakukan karena sosoknya memiliki konsep dan program yang sama dalam kegiatan ini, yakni tentang belanegara.

"Kegiatan kita selaraskan dengan Dikti. Jadi salah satu materi ada Belanegara. Kebetulan juga kita bisa mengundang beliau untuk menyampaikan tentang nasionalisme dan belanegara," kata dia.

Sebagai informasi, sebelum meninggalkan lokasi, Andika Perkasa juga menyempatkan diri untuk menyapa para Maba, khususnya Maba Difabel yang turut hadir dalam pembukaan PKK Maba UB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Andika Perkasa adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 22 November 2018.
    Andika Perkasa adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak 22 November 2018.

    Andika Perkasa

Video Terkini