Sukses

Melihat Persiapan Tarian Akrobatik Pesawat yang Bakal Ramaikan HUT ke-78 RI di Istana Negara

Tarian akrobatik pesawat yang akan meramaikan HUT ke-78 RI di Istana Negara nanti akan melibatkan 30 pesawat dari tiga matra TNI serta Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan pesawat tengah bersiap untuk melakukan tarian akrobatik mewarnai langit di di Istana Negara, Jakarta. Aksi ini menjadi salah satu dari rangkaian perayaan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Indonesia, Kamis 17 Agustus 2023.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama, R Agung Sasongkojati menggambarkan tarian akrobatik nanti akan melibatkan 30 pesawat dari tiga matra TNI serta Polri.

"F-16. Kemudian kita tampilkan juga pesawat KT-1 yaitu pesawat-pesawat Jupiter Aerobatic Team serta heli-heli kita dari Pegasus, heli Colibri namanya. Di samping itu juga ada gabungan dari helikopternya tiga angkatan dan polisi," kata Agung kepada wartawan, Selasa (15/8/2023).

Pesawat ini akan tampil secara giliran, mulai dari 10 pesawat jet tempur F-16 yang flypast membentuk formasi diamond dan bomburst di atas Istana Negara. Dilanjutkan delapan helikopter tri matra TNI yang terbagi dalam dua element dengan membawa dua bendera Merah-Putih ukuran besar.

Demo udara dilanjutkan penampilan enam pesawat Jupiter Aerobatic Team (JAT) yang melaksanakan enam manuver udara, yakni Half Cuban, Five Card Loop, Cross Over Brake, Jupiter Wheel, dan Screw Roll, serta manuver Love and Bomburst.

Sedangkan empat helikopter EC-120B Colibri bakal terbang manuver break off dengan gerakan Pegasus Cross pada phase satu. Lalu phase 2 Dynamic Pegasus melaksanakan manuver udara berupa Windmill, Gemufamire dan Pegasus Kiss.

"Kita tidak bisa bilang aerobatic tapi lebih mirip tarian di udara. Selanjutnya ada Giant Flag, bendera raksasa dibawa oleh dua heli Caracal Angkatan Udara dan masing-masing dikawal heli dari Angkatan Darat yaitu Apache, kemudian heli dari Angkatan Laut, dan dari Kepolisian ada ikut tampil di depan Istana Negara," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ada yang Spesial dalam Atraksi

Dari sekian banyak penampilan, kata Agung, ada yang spesial dalam perayaan HUT RI ke-78 ini. Dengan hadirnya atraksi dari Dynamic Pegasus yang perdana tampil di depan umum.

"Untuk pertama kali kita tampilkan di depan masyarakat public umum yaitu pesawat helikopter yang nanti akan menari mengikuti lagu di bawah. Itu unik sekali. Ya memang kita harus pamerkan ke masyarakat bahwa pesawat-pesawat yang dibeli dengan harga mahal ini ternyata bisa juga digunakan dengan cara lain dan masyarakat berhak tahu," jelasnya.

"Menjelang Upacara Kemerdekaan dan setelah Upacara Kemerdekaan. Nanti selesai pada puncaknya nanti akan lewat di atas. Agak surprise ya. Kita nggak bisa bocorin," tambah dia.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.