Sukses

Target Pariwisata Inklusif, Sandiaga Uno Berikan Bantuan DPUP Ke 5 Desa Wisata di Jabar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, memberikan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata (DPUP) senilai Rp 120 juta rupiah kepada 5 desa wisata di Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, memberikan bantuan Dukungan Pengembangan Usaha Pariwisata (DPUP) senilai Rp 120 juta rupiah kepada 5 desa wisata di Jawa Barat.

Kegiatan berlangsung di Desa Wisata Alamendah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Berkolaborasi dengan Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) dan UMKM Sahabat Sandi Uno Kabupaten Bandung, Menparekraf Sandiaga Uno menyebut ingin mewujudkan visi pengembangan pariwisata yang berkelanjutan dan inklusif, sehingga 4,4 juta lapangan pekerjaan bisa tercipta.

"Desember 2020 keadaan pariwisata dalam keadaan yang sangat memprihatinkan. Salah satu inovasi kami saat itu saya berkunjung ke Desa Alamendah yaitu untuk pengembangan desa wisata," kata Sandiaga dalam keterangannya, Sabtu (12/8/2023).

Sandiaga menyatakan, kenaikan wisatawan otomatis menaikkan ekonomi lokal dan lapangan pekerjaan.

"Alhamdulillah di Desa Wisata Alamendah setelah 2 tahun kunjungan, wisatawan meningkat, lapangan kerja tercipta, sehingga tahun lalu secara kolektif 2,6 juta lapangan kerja baru tercipta, nah tahun depan targetnya 4,4 juta lapangan kerja," kata dia.

Diketahui, bantuan dari Menparekraf dapat merangsang pertumbuhan sektor pariwisata di daerah tersebut, dengan fokus pada pengembangan infrastruktur pariwisata, pelatihan SDM, serta peningkatan pelayanan kepada wisatawan.

"Saya dorong agar bantuan ini bisa difokuskan kepada peningkatan SDM, peningkatan produk-produk ekonomi kreatif, peningkatan destinasi wisata sehingga kunjungan wisatawan itu lebih berkualitas dan lebih berkelanjutan," ungkap Sandiaga.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Bertransformasi

Melalui dukungannya, Sandiaga Uno ingin membantu desa wisata bertransformasi menjadi destinasi yang menarik, meningkatkan kualitas pengalaman wisatawan, dan secara keseluruhan, mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

"Tadi kami serahkan dukungan untuk 5 desa disini langsung konkret, tidak pakai besok, tidak pakai nanti, kita serahkan bantuannya. Nanti akan diikuti juga pelatihan-pelatihan tambahan dan juga peningkatan literasi keuangan dan kita harapkan juga ada partisipasi dari dunia usaha," kata Sandiaga.

Sementara itu, Ketua Desa Wisata Alamendah Wendiansyah mengungkapkan, bahwa bantuan tersebut akan digunakan untuk peningkatan perbaikan hingga kualitas desa wisata.

"Penyerahan bantuan DPUP dari Kemenparekraf dan Alhamdulillah bisa dihadiri oleh Pak Sandi. Dari ADWI 2021 ini salah satu peningkatan yang sangat luar biasa, mulai dari data kunjungan yang signifikan meningkat sampai saat ini. Kami ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan," tutup Wendiansyah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.