Sukses

ICW Yakin KPK Era Firli Bahuri Tidak Mau Menangkap Harun Masiku

Indonesia Corruption Watch (ICW) meyakini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak akan pernah bisa menangkap Harun Masiku selama dinakhodai oleh Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia Corruption Watch (ICW) meyakini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak akan pernah bisa menangkap Harun Masiku selama dinakhodai oleh Komjen Pol (Purn) Firli Bahuri.

ICW menilai bukan KPK-nya yang tidak mampu menangkap Harun, melainkan KPK era Firli memang enggan menyeret mantan calon anggota legislatif dari PDI Perjuangan itu.

"ICW meyakini, sampai nanti masa kepemimpinan Firli habis, Harun Masiku akan tetap bebas berkeliaran tanpa khawatir diproses hukum oleh KPK," ujar peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Senin (7/8/2023).

Kurnia mengatakan demikian usai mendengar pernyataan dari Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti. Krishna Murti menyebut Harun Masiku ada di Indonesia.

"Pernyataan dari kepolisian mengenai keberadaan mantan calon anggota legislatif asal PDIP yang disinyalir berada di dalam negeri membuktikan betapa bobroknya kerja pencarian KPK. Hal ini sekaligus mengonfirmasi dugaan publik bahwa lembaga antirasuah melindungi Harun hampir mendekati kebenaran," kata Kurnia.

Kurnia menyebut, kinerja KPK di bawah komando Firli amat buruk dalam menangani suatu perkara yang kental irisannya dengan wilayah politik.

Kurnia menduga tidak tertangkapnya Harun Masiku lantaran KPK ingin melindungi sejumlah elite partai yang diduga terlibat kasus suap pergantian antar-waktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024 tersebut.

"ICW meyakini, faktor terbesar keengganan KPK dalam memproses hukum Harun karena ada indikasi kuat jika mantan caleg PDIP itu diringkus maka akan ada elite partai politik yang bisa terseret. Dugaan kami, KPK ingin melindungi elite partai tersebut," kata Kurnia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polri Ungkap Buronan KPK Harun Masiku Ada di Indonesia

Sebelumnya, Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Krishna Murti menyebut buronan KPK Harun Masiku berada di Indonesia. Meski demikian, Krishna memastikan tetap akan mencari buronan KPK itu di luar negeri.

"Ada data perlintasannya yang menunjukkan bahwa yang bersangkutan ada di dalam negeri. Jadi rumor yang beredar seperti itu (Harun di Kamboja) ya, kami sampaikan. Tapi kami tidak menghentikan pencarian terhadap yang bersangkutan di luar negeri," ujar Krishna Murti di gedung KPK, Senin (7/8/2023).

Krishna Murti tak merinci waktu pastinya Harun Masiku keluar dan kembali masuk ke dalam negeri. Krishna Murti menyebut Harun Masiku hanya satu hari berada di luar negeri

"Lupa tanggalnya, tapi ada. Sehari setelah dia keluar, dia balik lagi ke dalam (Indonesia). Jadi dia sebenarnya bersembunyi di dalam, tidak seperti rumor. Tapi kita juga tidak menghentikan pencarian dari yang bersangkutan di luar," kata Krishna.

Krishna Murti membantah Harun Masiku diberi kemudahan pergi dan kembali ke Indonesia. Menurut Krishna Murti, Harun Masiku hanya satu kali pergi ke luar negeri dan langsung kembali ke Tanah Air.

"Bukan keluar masuk. Pernah keluar dan langsung kembali. Bukan keluar masuk. Dugaan kami berdasarkan data perlintasan seperti itu. Itu bagian yang silakan dicari tahu bersama KPK," kata Krishna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.