Sukses

Dilantik Jadi Ketua ASKOMPSI, Faisal: Kami Akan Bantu Pemerintah Percepat Transformasi Digital

ASKOMPSI akan membantu pemerintah dalam percepat transformasi digital dan mengurangi gap kemampuan teknologi antara provinsi

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Dewan Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika (ASKOMPSI) periode 2023-2025 resmi dikukuhkan. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Timur, Muhammad Faisal, pun menjabat sebagai Ketua ASKOMPSI periode 2023-2025.

Faisal mengatakan bahwa ASKOMPSI akan membantu dan memperjuangkan keseimbangan pembangunan IPTEK di Indonesia. Dirinya mengungkapkan juga akan mensinergikan proker nasional dan memperjuangkan aspirasi daerah ke pemerintah pusat.

"Kami juga membantu pemerintah dalam percepat transformasi digital dan mengurangi gap kemampuan teknologi antara provinsi besar dengan sedang agar semakin kecil," katanya.

Faisal menjelaskan bahwa di bawah kepemimpinan dirinya, program pertama yang akan dilakukan adalah konsolidasi ke dalam. Hal itu dilakukan karena kepengurusan harus memiliki pemahaman satu sama lain antara pengurus dan anggota.

"September kita akan gelar rapat kerja setelah itu menggelar seminar di Balikpapan. Kita buat dulu program kerja bersama-sama," jelasnya.

"Kita bersama-sama seluruh pengurus kita buat program kerja setelah itu baru susun program kerja berdasarkan skala prioritas," tambah Faisal.

Faisa menyebut, ASKOMPSI akan menggali kekuatan di dalam guna mengurangi jarak antara daerah yang memang kuat dengan daerah yang jauh dan uang sedikit.

"Caranya, kawan-kawan yang sudah besar bisa melakukan transfer knowledge, jadi yang di bawah tidak perlu untuk mencari konsultan yang berbiaya besar," sebutnya.

"Kita akan perjuangkan pemerataan pembangunan TIK di Indonesia suaya adil dan merata," imbuh Faisal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Adanya Asosiasi

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mengungkapkan bahwa Indonesia sangat membutuhkan keberadaan asosiasi, termasuk ASKOMPSI. Pasalnya, di asosiasi, semua unsur bisa menyatu dan berkontribusi untuk negeri.

"Indonesia adalah bangsa yang heterogen. Asosiasi merupakan wujud menjaga persatuan dan kesatuan dalam bentuk asosiasi," ungkapnya.

"Selamat kepada ketua umum yang baru dan semoga dapat melaksanakan tugas ini dengan baik," imbuh Isran.

Selain itu, Direktorat Jendral (Dirjen) Dukcapil, Teguh Setyabudi mengatakan bahwa ASKOMPSI dapat membantu dalam mewujudkan sistem pemerintahan yang terpadu dan menyeluruh untuk mencapai birokrasi yang berkinerja tinggi.

"Selamat kepada dewan pembina dan pengurus yang telah dikukuhkan, semoga betul-betul bekerja lebih baik dan berkontribusi dalam hal pembangunan untuk Indonesia," katanya.

Kepala Dinas Kominfo Kalimantan Selatan, Muhamad Muslim berharap dengan kepemimpinan Fasial sinergitas antara pusat dengan daerah semakin kuat. Pasalnya, banyak kegiatan prioritas di pusat yang bisa dikawal dan bisa disukseskan melalui daerah.

"Sehingga adanya sinergitas dalam membangun sistem pemerintahan berbasis elektronik dapat optimal. Mudah-mudahan dengan kepengurusan yang baru, ASKOMPSI memiliki goal yang terukur sehingga digitalisasi dapat terwujud lebih cepat," ujarnya.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini