Sukses

Menko PMK Muhadjir Effendy Sarankan Jemaah Muhammadiyah Potong Hewan Kurban Besok

Diketahui, terjadi perbedaan waktu penyelenggaraan Salat Idul Adha antara jemaah Muhammadiyah dan pemerintah. Pemerintah baru akan menunaikan Salat Idul Adha pada Kamis, 28 Juni 2023.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyarankan, jemaah Muhammadiyah yang lebih dulu menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu (28/6/2023) ini agar melakukan pemotongan hewan kurban pada Kamis, 27 Juni 2023 besok.

"Penyembelihannya sebaiknya besok bersama sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan salat Idul Adha besok biar kompak," kata Muhadjir ditemui usai Salat Idul Adha di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Diketahui, terjadi perbedaan waktu penyelenggaraan Salat Idul Adha antara jemaah Muhammadiyah dan pemerintah. Pemerintah baru akan menunaikan Salat Idul Adha pada Kamis, 28 Juni 2023.

Kendati demikian, Muhadjir tak melarang jemaah Muhamadiyah yang sudah Salat Idul Adha hari ini untuk menyembelih hewan kurban.

"Sebetulnya sekarang juga sudah boleh untuk yang melaksanakan Idul Adha hari ini bisa memotong kurban hari ini tapi agar ada semangat kebersamaan nunggu 1 hari nggak masalah karena hari tasyriknya 3 hari, masih ada waktu dua hari untuk kita untuk menyembelih kurban," jelas dia.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah di halaman Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (28/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Muhammadiyah Laksanakan Salat Idul Adha

Pantauan Liputan6.com, salat dimulai sekitar pukul 06.40 WIB. Pukul 06.00 WIB ribuan jamaah sudah memenuhi shaf. Jamaah terlihat membludak hingga sisi jalan Menteng Raya digunakan sebagai lokasi salat.

Ada pun yang bertugas sebagai khatib atau imam Salat Idul Adha 1444 Hijriah pagi ini adalah KH Endang Mintardja, selaku Wakil Sekretaris Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. Sementara khutbah yang disampaikan adalah 'Model Beragama Nabi Ibrahim Alaihissalam'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini