Sukses

Presiden Jokowi Panggil Menhan Prabowo Subianto ke Istana, Bahas Politik?

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/6/2023).

Prabowo mengatakan dirinya dipanggil oleh Jokowi.

"Ya saya dipanggil presiden, menghadap presiden," ujar Prabowo kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/6/2023).

Ada pun Prabowo tiba di Istana pada pukul 16.46 WIB dengan memakai kemeja batik bewarna coklat. Prabowo menyebut hal biasa apabila seorang menteri dipanggil oleh presiden.

"Saya kan baru pulang dari luar negeri. Jadi saya laporan. Kan biasa menteri dipanggil presiden," jelas Prabowo.

Prabowo tak menjawab saat ditanya apakah dirinya akan membahas soal politik dengan Jokowi. Ketua Umum Partai Gerindra itu hanya tertawa saat ditanya awak media.

Prabowo sendiri datang melalui pintu belakang Istana. Sedangkan biasanya, Prabowo datang melalui pintu depan Istana.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto makan siang bersama di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Minggu, 18 Juni 2023.

Jokowi mengungkapkan Prabowo meminta bertemu dengannya karena ada hal penting yang ingin disampaikan.

"Kemarin karena memang Pak Prabowo ingin ketemu dan ingin menyampaikan sesuatu yang penting," jelas Presiden Jokowi kepada wartawan usai meninjau Smelter Freeport di Kabupaten Gresik Jawa Timur, Selasa 20 Juni 2023.

Untuk itu, dia menerima Ketua Umum Partai Gerindra itu di Istana Bogor. Jokowi menekankan dirinya tak bersantai-santai, meski di akhir pekan.

"Ya hari Minggu jangan dipikir saya tidur hari Minggu. Jadi saya terima, saya terima, saya terima. Karena jamnya pas jam 1 (siang) ya," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Rinci Pertemuan dengan Presiden Jokowi

Jokowi tak mau menjelaskan secara rinci apa saja yang dibahasnya dengan Prabowo. Saat ditanya apakah ada pembahasan Pilpres, dia mengakui membahas politik dengan Prabowo.

"Ya utamanya soal politik, saya bicara apa adanya," ucap dia.

Disisi lain, Jokowi menjelaskan dirinya kerap bertemu dengan para menteri baik di hari kerja maupun akhir pekan.

Tak hanya Prabowo, Jokowi mengungkap dirinya juga makan bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"Sebelumnya kan saya juga makan dengan Pak Ganjar Pranowo. Sebelumnya saya juga makan dengan Pak Erick juga. Biasa, sering juga makan malam, makan siang dengan Pak Luhut juga sering. Cuman enggak diunggah," ungkap Jokowi.

 

3 dari 4 halaman

Sore Ini Erick Thohir Akan Temui Jokowi Bahas Piala Dunia U-17

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan gambaran tentang Piala Dunia U-17 yang disampaikan oleh FIFA.

"Besok saya baru rapat untuk pembentukan panitia U-17. Nanti insya Allah jam 16.30 Wib, saya dengan bapak presiden untuk menyampaikan beberapa requirement dari FIFA. Karena selama ini kan saya belum sampaikan secara publik nanti saya sampaikan ke bapak Presiden," kata Erick kepada wartawan, Senin (26/6/2023).

Setelah menemui Jokowi, Erick kembali melakukan pembicaraan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terkait dengan stadion yang akan digunakan dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17.

"Stadion mana yang perlu direnovasi tambahan sejalan dengan tentu dengan 22 stadium yang akan direnovasi oleh pemerintah. Sejalan juga dengan Var yang akan dilakukan oleh liga pada Februari tahun depan, tetapi trainingnya dimulai tahun ini. Jadi saya belum bisa jawab secara detail," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Akan Cari Solusi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan akan mencari solusi terkait bentroknya jadwal penyelenggaraan Piala Dunia U-17 dan konser grup band Coldplay di Indonesia. Adapun Coldplay akan menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 15 November 2023.

Sementara itu, FIFA U-17 World Cup 2023 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Jokowi menekankan bahwa Indonesia memiliki banyak stadion yang sudah siap digunakan untuk pertandingan sepak bola.

"Ya nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK. Yang lain kan ada, ada JIS kan ada," kata Jokowi kepada wartawan usai meninjau Pasar Palmerah Jakarta, Senin (26/6/2023).

"Ada di Manahan (Solo), ada. Ada di Jalak Harupat (Bandung) ada. Banyak. Ada di Surabaya, Stadion Bung Tomo ada juga. Wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap," sambungnya.

Di sisi lain, dia menyampaikan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh FIFA. Jokowi pun memerintahkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir mempersiapkan penyelengaraan Piala Dunia U-17 dengan matang.

"Itu kepercayaan yang diberikan Internasional, kepercayaan yang diberikan FIFA kepada Indonesia. Saya sudah perintahkan kepada ketua PSSI untuk betul-betul disiapkan betul," jelas dia.

"Kalau venuenya kan memang sudah ada dari yang kemarin sudah kita perbaiki, artinya tinggal digunakan, tetapi manejemen semuanya harus disiapkan betul," imbuh Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.