Sukses

PAN Sodorkan Nama Erick Thohir Jadi Cawapres ke Prabowo dan Megawati

Sekjen PAN Eddy Soeparno berharap usulan partainya bisa dipertimbangkan. PAN menilai Erick Thohir memiliki rekor yang patut diperhitungkan.

Liputan6.com, Jakarta Partai Amanat Nasional (PAN) saat ini tengah disibukkan dengan beberapa agenda politik. Di antaranya mencalonkan Erick Thohir sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk Pemilu 2024.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengatakan, partai berlambang matahari putih ini telah melakukan komunikasi politik kepada dua petinggi partai, yakni Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto.  

Tujuannya, untuk mempertimbangkan pencalonan Erick Thohir oleh PAN sebagai bakal calon wakil presiden bersama Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.  

"Ya seperti apa yang kita sampaikan ke Ketua Umum PDIP Megawati, bahwa memohon mempertimbangkan Erick Thohir sebagai cawapres," kata Eddy, saat ditemui di Bogor, Minggu, 11 Juni 2023.  

"Dan hal yang sama kita sampaikan juga kepada Gerindra supaya Erick Thohir dipertimbangkan sebagai cawapresnya Prabowo," ujar dia. 

Eddy berharap, usulan partainya bisa dipertimbangkan. PAN menilai Erick Thohir memiliki rekor yang patut diperhitungkan.  

"Sampai hari ini komunikasi kami tetap berjalan, tetap berlangsung. Mau terbuka maupun tertutup, kami tetap melanjutkan dengan semua pihak, terutama dengan teman-teman KIB," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Alasan PAN Calonkan Erick Thohir sebagai Cawapres

Eddy menjelaskan alasan PAN mencalonkan Erick Thohir sebagai bacawapres pada Pemilu 2024. Pertama, kata Eddy, Menteri BUMN dan Ketum PSSI ini aktif berkegiatan dengan PAN.  

"Hubungan beliau sangat dekat dengan PAN. Kita merasa sangat kompak untuk bekerja sama dengan Erick Thohir, sehingga banyak kader-kader PAN di seluruh Indonesia mendorong bahwa PAN wajib mengusung Erick Thohir sebagai cawapres di luar kader kita," kata dia. 

Kemudian, lanjut Eddy, Erick sukses membawa Timnas Indonesia ke Asian Games kemudian juga sukses menjadi ketua pemenangan Jokowi di Pilkada 2019. Lebih lanjut, Erick dinilai sukses mengelola PSSI.  

3 dari 3 halaman

Unggul Elektoral, Erick Thohir Dinilai Figur Paling Layak Diusung Cawapres

Raihan elektabilitas positif Menteri BUMN Erick Thohir menjadi modal besar untuk diusung sebagai calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024. Daya elektoral kuat Erick Thohir menjadi sebuah keunggulan besar.

Tercatat pada hasil rekaman survei Indikator Politik Indonesia pada 26 - 30 Mei 2023. Nama Erick Thohir sukses tempati daftar cawapres teratas dengan raihan elektabilitas sebesar 15,5 persen.

"Kami merasa bahwa erick thohir merupakan figur yang pantas untuk kita dorong (maju cawapres)," tutur Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno.

Eddy menyampaikan, sudah cukup lama mengenal sosok Erick Thohir. Menurut dia Ketua Umum PSSI itu merupakan pemimpin yang mempunyai kompetensi besar dan komitmen kuat mendorong kemajuan bangsa ke depan.

"Erick thohir sudah hampir tiga tahun belakangan ini sering bekegiatan dengan kita," imbuh Eddy

Dia menyebut Erick Thohir sudah menjadi bagian keluarga besar partai berlambang matahari tersebut. Sosoknya bahkan banyak disuarakan untuk maju menjadi cawapres pada dua mendatang.

"sangat intens hubungannya (PAN-Erick Thohir) dengan kita," sambung Eddy.

Karenanya dia menyatakan, partainya berkomitmen penuh mengusung Ketua Umum PSSI ini sebagai cawapres. Terlebih Erick Thohir menjadi sosok yang banyak disuarakan para kader PAN diberbagai daerah.

"Mangkannya saya sampaikan pembahasan tentang Erick Thohir itu menu wajib bagi PAN," jelas Eddy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • PAN

  • politik

Video Terkini