Sukses

TNI Berhasil Rebut Wilayah Distrik Bibida Papua yang Dikuasai OPM

Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil merebut wilayah Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, yang sebelumnya dikuasai Organisasi Papua Merdeka (OPM). Upaya ini merupakan tindak lanjut dari pengejaran kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya.

Liputan6.com, Jakarta Tentara Nasional Indonesia (TNI) berhasil merebut wilayah Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, yang sebelumnya dikuasai Organisasi Papua Merdeka (OPM). Upaya ini merupakan tindak lanjut dari pengejaran kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya.

Diketahui, anggota OPM pimpinan Undius Kogoya merupakan pelaku dari penembakan dan pembakaran warga sipil bernama Rusli di Paniai, Papua Tengah, Selasa (11/6/2024).

"TNI terus melakukan pengejaran terhadap OPM," kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letnan Jenderal (Letjen) TNI Richard Tampubolon dalam keteranganya, Sabtu (15/6/2024).

Aparat Keamanan (APKAM) Gabungan berhasil memukul mundur anggota Undius Kogoya sampai ke arah Distrik Bibida bersamaan proses evakuasi jenazah Rusli.

"Selesai proses evakuasi berhasil dilakukan, TNI melanjutkan pengejaran terhadap kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya sebagai pelaku penembakan dan pembakaran," ucap Richard.

Sampai dengan Jumat (14/6/2024) kemarin, kata Richard, telah dipastikan Distrik Bibida berhasil kembali direbut dari OPM. Diikuti keberhasilan para prajurit menemukan beberapa amunisi dan alat perlengkapan senjata jenis senapan milik OPM.

Hasil tersebut ditemukan oleh prajurit TNI di sebuah tempat di tengah-tengah wilayah Distrik Bibida. Disinyalir tertinggal karena kelompok OPM melarikan diri dari pengejaran para prajurit TNI.

"Keberhasilan prajurit TNI merebut wilayah Distrik Bibida yang selama ini dikuasai oleh OPM, merupakan upaya TNI untuk mewujudkan situasi aman dan kondusif di wilayah Papua," tutur Richard.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sopir Taksi Asal Makassar Tewas Dibunuh OPM saat Melintas di Paniai Timur

Diketahui Rusli (40) seorang sopir Bulusibatang, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan harus meregang nyawa akibat serangan dari OPM saat melintas di Kampung Timida, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah Selasa (11/6/2024).

Rusli tiba-tiba diserang dengan kondisi mobil yang kemudian dibakar oleh OPM. Kejadian itu diketahui saat masyarakat yang datang dari arah Kampung Enarotali hendak ke Kampung Kopo, Distrik Paniai Timur.

Berdasarkan keterangan masyarakat, Rusli sudah berada di mobil dalam keadaan tersungkur. Diperkirakan, korban telah meninggal dunia di dalam mobilnya yang dibakar OPM.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.
    Tentara Nasional Indonesia (disingkat menjadi TNI) adalah nama untuk angkatan bersenjata dari negara Indonesia.

    TNI

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • Papua

  • Penembakan

  • Prajurit TNI

  • Paniai