Sukses

Jadi Irjen Kemendag, Ahmad Luthfi Batal Nyagub Jateng?

Menurut dia, menjadi bakal cagub maupun Irjen Kementerian merupakan hal penting, sehingga ketegasan Luthfi diperlukan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat ini menjalani proses untuk menjadi Irjen Kemendag. Selain itu, PAN juga meliriknya untuk mengusung Luthfi sebagai Bakal Calon Gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024. 

Menurut Pakar ilmu politik Universitas Indonesia Cecep Hidayat, Ahmad Luthfi sejatinya harus tegas memilih antara dua jalan tersebut. Agar masyarakat mengetahui secara pasti posisi yang bakal diambilnya. 

“Apa target dia yang mau disasar sampai dengan Oktober nanti? Menjadi Irjen Kementerian atau menjadi bakal cagub? Dia harus tegas menyampaikan di awal, sehingga masyarakat juga tahu mana yang jadi posisi cadangan. Jangan sampai seperti itu,” kata dia yang dikutip dari Antara, Selasa (11/6/2024).

Menurut dia, menjadi bakal cagub maupun Irjen Kementerian merupakan hal penting, sehingga ketegasan Luthfi diperlukan.

“Kalau sebagai Irjen, dia punya integritas tinggi, punya kompetensi profesional, kemudian juga punya kemampuan manajerial yang memadai untuk tugas pengawasan, mengemban tugas pengawasan internal di kementerian,” ujar Direktur Eksekutif Indonesian Strategic Research (ISR) itu.

Sementara itu, ia menilai langkah PAN yang siap mengusung Luthfi merupakan upaya pragmatis dengan mencari tokoh-tokoh populer. Menurut dia, kiprah Luthfi sebagai Kapolda Jateng yang menjadi salah satu unsur dalam forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) bisa membuatnya dikenal masyarakat.

“Luthfi ini relatif populer, dikenal. Nah, ini jadi modal awal. Kalau kita bicara pilkada, ya, ketokohan tokoh dibutuhkan. Jadi, sudah dikenal, ya, sekarang kerjanya enggak mulai dari awal, dari nol. Jadi, tinggal tahap kedua, tiga, yaitu membuat Luthfi disukai, kemudian membuat Luthfi ini dipilih,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan meminta dewan pimpinan wilayah partai mengusung Luthfi sebagai bakal Calon Gubernur Jawa Tengah dalam Pilkada 2024.

"Saya minta Jawa Tengah, Pak Luthfi nanti dibawa ke rakorwil," kata Zulkifli usai Rakorwil PAN Jawa Tengah di Semarang, Sabtu (8/6).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Zulhas Sebut Proses Irjen Kemendag Sudah Hampir Selesai

Selain itu, Zulhas yang juga menjadi Menteri Perdagangan mengatakan bahwa Luthfi sedang dalam proses untuk menjabat sebagai Irjen Kemendag.

Zulhas menyampaikan pernyataan tersebut untuk menjawab pertanyaan wartawan mengenai kemungkinan jenderal bintang dua tersebut harus pensiun dini jika diusung PAN sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah.

"Sedang proses untuk Irjen Kemendag, sudah hampir selesai," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.