Sukses

Ada Ajang Formula E Jakarta, Begini Skenario Rekayasa Arus Lalin di Kawasan Ancol

Polisi menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan kendaraan di kawasan Ancol, Jakarta Utara saat ajang Formula E berlangsung.

Liputan6.com, Jakarta Polisi menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan kendaraan di kawasan Ancol, Jakarta Utara saat ajang Formula E berlangsung.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman membeberkan ada tiga cara bertindak selama gelaran itu, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.

"Ada kategori hijau, kuning, dan merah," kata Latif, Jumat (2/6/2023).

Latif memaparkan, lalu lintas dikategorikan hijau jika kendaraan masih tertampung pada kantong parkir dalam Ancol. Selain itu, sirkulasi lalu lintas baik di dalam maupun di luar Ancol berjalan normal.

Sementara itu, arus lalu lintas dikategorikan kuning jika kantong parkir dalam Kawasan Ancol sudah penuh. Kemudian, sebagian jalan di dalam Ancol sudah digunakan sebagai lokasi parkir. Lalu, antrian menumpuk di pintu masuk kawasan Ancol radius 100-500 meter.

Latif menyebut, cara bertindak dilakukan pengalihan arus lalin di setiap pintu masuk Ancol, Jembatan Hailay, traffic light Bintang Mas, traffic light Pasir Putih dan Jembatan PLTU arah ke pintu Karnaval.

Kedua, parkir diarahkan ke kantong parkir candang yaitu sekitaran Kemayoran. Ketiga, dari arah tol: keluar Ancol Barat ditutup dialihkan ke arah Kemayoran

Sedangkan, arus lalu lintas dikategorikan merah apabila kantong parkir dalam kawasan Ancol sudah penuh. Kemudian, sebagian jalan dalam kawasan sudah dijadikan sebagai lokasi parkir.

Lalu antrean menumpuk di pintu masuk Kawasan ancol. Kantong parkir cadangan di luar Kawasan ancol sudah penuh. Berikutnya, jalan di sekitar kawasan Ancol (Lodan Raya, RE.Martadinata) sudah macet.

"Sirkulasi lalu lintas tidak bergerak Radius kemacetan 1 kilometer," ujar Latif terkait Formula E Jakarta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalihan Arus Lalu Lintas di Sekitar Ancol

Latif menerangkan, cara bertindak dilakukan pengalihan arus lalu lintas di setiap pintu masuk Ancol, perempatan Parangtritis, jembatan Hailay, traffic light bintang mas, traffic light manga dua, traffic light pasir putih, jembatan goyang, dan jembatan PLTU arah ke pintu karnaval.

Kedua, dari arah Penjaringan: dialihkan di perempatan parangtritis belok kanan Kembali ke penjaringan atau kampung bandan arah tamansari.

Ketiga, dari arah Gunung Sahari: dialihkan ke kiri ke jalan manga dua raya jakpus.

Keempat, dari arah Kemayoran: putar balik di bundaran Kemayoran atau masuk ke tol Kemayoran atau ke Kampung Pademangan Timur. Kelima, dari arah tol: keluar Ancol Barat ditutup dan keluar Ancol Timur ditutup.

Latif menyebut, pengalihan arus turut disiapkan seandainya situasi dikategorikan merah.

Pertama, di keluar Ancol Barat, keluar Kemayoran dan keluar Ancol Timur dari arah. Kedua, dari arah Bandara: diarahkan ke keluar Tol Tanjung Priok,- Jalan Yos Sudarso, Jalan Enggano - RE Martadinata atau pos 6 putar balik-masuk di Gerbang Tol Tanjung Priok 2 atau putar balik depan Mapolres masuk Gate Kebon Bawang.

Ketiga, dari arah Cawang/ Tanjung Priok: diarahkan ke keluar Tol Gedongsongo.

"Kemudian dan ke Lodan Raya kembali," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.