Sukses

Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung

Masyarakat tak lama lagi dapat menggunakan Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB. Setelah melalui serangkaian uji coba, pemerintah menetapkan target peresmian pada 18 Agustus 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat tak lama lagi dapat menggunakan Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB. Ditargetkan, KCJB akan diresmikan pada 18 Agustus 2023 mendatang.

Sejauh ini, pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana Kereta Cepat Jakarta Bandung hampir rampung. Menyusul uji coba operasi KCJB dari Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat menuju Stasiun Halim, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.

"Pembangunan KCJB sudah ada di angka 89 persen saat ini. Secara paralel seluruh aspek diselesaikan oleh KCIC bersama seluruh kontraktor," ujar Corporate Communication Manager PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC Emir Monti kepada Liputan6.com, Kamis 25 April 2023.

Ada 4 stasiun yang akan dilalui oleh KCJB. Terdiri dari Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, serta Stasiun Tegalluar. Stasiun Tegalluar sendiri menjadi depo tempat singgah rangkaian KCJB.

Emir menjelaskan, KCIC saat ini tengah melakukan berbagai persiapan menjelang operasional secara efektif. Misalnya, dengan melakukan testing and commissioning atau proses pemeriksaan dan pengecekan sistem kereta. Uji coba kereta cepat ini untuk mengejar target peresmian yang ditetapkan pemerintah, yakni 18 Agustus 2023.

Usai menggelar uji coba operasi beberapa waktu lalu, kecepatan KCJB belum pada posisi maksimal. Kecepatannya, baru 180 kilometer per jam. "Pengujian akan terus dilakukan hingga mencapai puncak kecepatan operasional di 350 kilometer per jam dan puncak kecepatan teknis di 385 km per jam," Emir mengungkapkan.

Seberapa besar total biaya proyek pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung? Apa saja spesifikasi kereta peluru untuk KCJB? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung

3 dari 4 halaman

Infografis Intip Biaya Pembangunan Kereta Cepat Jakarta Bandung

4 dari 4 halaman

Infografis Spesifikasi Kereta Peluru Fuxing CR400AF untuk KCJB

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini