Sukses

Top 3 News: Megawati Pertanyakan pada KSAD Siapa Paling Depan Jika Ada Serangan di Indonesia

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menyatakan penguatan militer Indonesia dapat dilakukan dengan melihat peta geopolitik dan geografis, di mana, sebagai negara maritim sudah seharusnya memperkuat TNI Angkatan Laut (AL). Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menyatakan penguatan militer Indonesia dapat dilakukan dengan melihat peta geopolitik dan geografis, di mana, sebagai negara maritim sudah seharusnya memperkuat TNI Angkatan Laut (AL). Itulah top 3 news hari ini.

Megawati menyampaikan hal tersebut saat mengisi sambutan dalam acara peluncuran 58 buku dalam rangka Hari Jadi ke-58 Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) RI di Gedung Lemhannas, Jakarta Pusat, Sabtu 20 Mei 2023.

Menurut Megawati, dirinya pernah berdiskusi dengan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Ia menanyakan apabila ada serangan datang maka siapa yang terdepan dalam melakukan perlawanan di Indonesia.

Sementara itu, aparat kepolisian menangkap pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua inisial KTH alias PH yang melakukan aksi penembakan terhadap anggota Brimob di wilayah Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan pada Rabu 30 November 2022 lalu. Dalam peristiwa itu, Bripda Gilang meninggal dunia.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, awalnya petugas melakukan penggerebekan terhadap lokasi persembunyian pelaku penganiayaan di wilayah Yahukimo pada Selasa, 16 Mei 2023.

Kemudian menurut Ahmad, ditemukan fakta bahwa AS bergabung dengan KKB Papua pimpinan KTH alias PH sejak 2021. Di tahun itu pula, dia membeli senjata api dari H dengan menukarkan emas 20 gram.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Kejaksaan Agung (Kejagung) yang melakukan penyitaan terhadap kendaraan jenis mobil Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkominfo Johnny G. Plate.

Seperti diketahui, Johnny G. Plate ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai dengan 2022.

Kabar itu juga dibenarkan Kasubdit Penyidikan Direktorat Penyidikan Jampidsus Kejagung Haryoko Ari Prabowo. Dia membenarkan adanya mobil milik Menkominfo Johnny G. Plate yang disita penyidik sebagai barang bukti kasus tersebut.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 21 Mei 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Megawati Tanya ke KSAD: Kalau Ada Serangan, yang Maju Duluan Siapa?

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menyatakan penguatan militer Indonesia dapat dilakukan dengan melihat peta geopolitik dan geografis, di mana sebagai negara maritim sudah seharusnya memperkuat TNI Angkatan Laut (AL)

Hal itu disampaikan Megawati Soekarnoputri saat mengisi sambutan dalam acara peluncuran 58 buku dalam rangka Hari Jadi ke-58 Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas) RI di Gedung Lemhannas, Jakarta Pusat, Sabtu 20 Mei 2023.

“Kita itu negara kelautan. Tiga matra itu darat, laut, dan udara itu harus berpikir realistis-objektif, saya sering lihat ini apa maunya,” kata Megawati yang dilansir dari Antara.

Putri Proklamator RI itu menyatakan pernah berdiskusi dengan KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman. Ia menanyakan apabila ada serangan datang maka siapa yang terdepan dalam melakukan perlawanan di Indonesia. 

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Polisi Tangkap Pimpinan KKB Penembak Mati Bripda Gilang di Yahukimo, Papua

Polisi menangkap pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua inisial KTH alias PH yang melakukan aksi penembakan terhadap anggota Brimob di wilayah Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan pada Rabu 30 November 2022 lalu. Dalam peristiwa itu, Bripda Gilang meninggal dunia.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyampaikan, awalnya petugas melakukan penggerebekan terhadap lokasi persembunyian pelaku penganiayaan di wilayah Yahukimo pada Selasa, 16 Mei 2023.

“Diamankan 22 orang di Polres Yahukimo, ditemukan bahwa salah satu orang yang diamankkan atas nama AS umur 25 tahun yang terlibat dalam aksi penembakan terhadap anggota Satgas Preventif Operasi Damai Cartenz yang mengakibatkan Bripda GAP meninggal dunia, Briptu F dan Bripda DB luka-luka,” tutur Ahmad kepada wartawan, Minggu 21 Mei 2023.

Menurut Ahmad, ditemukan fakta bahwa AS bergabung dengan KKB Papua pimpinan KTH alias PH sejak 2021. Di tahun itu pula, dia membeli senjata api dari H dengan menukarkan emas 20 gram, yang kemudian senjata api tersebut diserahkan kepada KTH alias PH pada 3 Maret 2022 di Markas Yamoi.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kejagung Sita Mobil Milik Menkominfo Johnny G. Plate Terkait Korupsi BTS 4G

Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan penyitaan terhadap kendaraan jenis mobil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Politikus Partai NasDem itu ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 sampai dengan 2022.

Kasubdit Penyidikan Direktorat Penyidikan Jampidsus Kejagung Haryoko Ari Prabowo membenarkan adanya mobil milik Johnny G. Plate yang disita penyidik sebagai barang bukti kasus tersebut.

“Iya, baru satu,” ujar Bowo kepada wartawan, Minggu 21 Mei 2023.

Bowo belum merinci lebih jauh terkait jenis dan kisaran harga mobil Johnny G. Plate yang disita penyidik.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.