Sukses

Sandiaga Uno Hadiri Lebaran Betawi di Monas, Sampaikan Pesan Jokowi

Sandiaga mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berhalangan hadir karena menghadiri undangan pertemuan G7 di Hiroshima, Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno hadir di perayaan Lebaran Betawi 2023 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (21/5/2023).

Begitu tiba di lokasi acara, dia disambut riuh warga yang hendak berfoto. Sandi juga terlihat berjoget dengan warga yang hadir dengan menggerakan jempol yang di angkat ke atas.

Sandiaga mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang berhalangan hadir karena menghadiri undangan pertemuan G7 di Hiroshima, Jepang. Sandiaga Uno, menyebut Jokowi turut menyampaikan pesan kepada masyarakat Betawi di hari lebarannya itu.

"Saya ditugaskan Pak Presiden langsung untuk menghadiri acara ini, beliau menyampaikan pesan karena tidak bisa hadir disini karena masih di Hiroshima untuk KTT G7," kata dia.

Menurut Sandi, Jokowi meminta dirinya hadir langsung ke tengah masyarakat Betawi di perayaan di Monas. Jokowi, ingin Sandi menyapa masyarakat untuk menunjukkan bahwa pemerintah ingin menjaga hubungan baik antarsesama.

"Saya dipesani langsung sama beliau tolong di sapa masyarakat di sini untuk menunjukan bahwa kita menjunjung tinggi ukhuwah Islamiyah kita," kata Sandi.

Lebih lanjut, Sandi juga menyinggung soal perayaan Lebaran Betawi yang tahun ini kembali dihelat usai absen setidaknya tiga tahun sejak Pandemi Covid-19. Sandi juga mengaku senang Lebaran Betawi kembali dirayakan di pusat kota Jakarta.

"Nah ini, perhelatan ini kembali lagi kita adakan setelah Covid ya dan dulu sebelum ini rame banget di Setu Babakan. Nah sekarang balik ke pusat kota di Monas ada hiburan khas yang luar biasa," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sandiaga Beri Pantun

Pada momen ini, Sandiaga juga menyempatkan diri berpantun. Dia juga mengingatkan kepada masyarakat yang hadir bahwa Pantun telah diakui The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO.

"Pantun ini sudah mendapatkan penghargaan UNESCO ya sebagai warisan budaya tak benda, jadi ini harus dipakai terus di setiap acara kita biar tidak lupa," ucap dia.

"Jalan ke Monas pakai Bajaj bertiga

Sambil membawa roti buaya,

Meriahkan Lebaran Betawi 2023

Gencarkan masyarakat berbudaya," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.