Sukses

Infografis 5 Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan

Demonstrasi ribuan orang dari 5 organisasi profesi kesehatan menghentak perhatian publik. Mereka menolak RUU Omnibus Law Kesehatan yang sedang dibahas pemerintah dan DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Rancangan Undang-Undang Omnibus Law Kesehatan atau RUU Kesehatan mendapat penolakan dari 5 organisasi profesi kesehatan. Mereka yang menolak RUU Kesehatan terdiri dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI).

Ribuan orang dari 5 organisasi profesi kesehatan menggelar aksi damai untuk menghentikan pembahasan RUU Kesehatan oleh pemerintah dan DPR. Unjuk rasa digelar di kawasan Patung Kuda, persimpangan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin 8 Mei 2023.

Bukan hanya di kawasan tersebut. Demonstrasi menolak RUU Kesehatan Omnibus Law itu juga berlangsung di depan Gedung Kementerian Kesehatan atau Kemenkes di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia atau PPNI Harif Fadillah menyoroti RUU Kesehatan berpotensi memperlemah perlindungan tenaga kesehatan. Selain itu, RUU tersebut dianggap mendegradasi profesi kesehatan dalam sistem kesehatan nasional.

Kemudian RUU Omnibus Law Kesehatan berpotensi memperlemah peran masyarakat madani dalam iklim demokrasi di Indonesia. Termasuk, berpotensi memecah belah organisasi profesi yang mengawal profesionalisme anggota, dan lebih mementingkan tenaga kesehatan asing.

"Kami mengimbau kepada seluruh anggota organisasi profesi untuk tetap solid memperjuangkan kepentingan profesi dan masyarakat," ucap Ketua PPNI itu, Senin 8 Mei 2023.

Adapun Ketua Umum Pengurus Besar atau PB IDI Mohammad Adib Khumaidi menegaskan, aksi damai ini bentuk keprihatinan para organisasi profesi kesehatan. Terutama dalam melihat proses pembuatan regulasi yang terburu-buru dan tidak memperhatikan masukan dari organisasi profesi yang notebene merupakan pekerja lapangan.

"Kami tetap menjamin akses pelayanan kesehatan untuk masyarakat tetap terlayani dengan baik. Kami juga ingin mengingatkan pemerintah bahwa masih ada banyak permasalahan kesehatan di lapangan yang perlu diperhatikan oleh pemerintah," Ketum PB IDI itu menegaskan.

Apa saja di antara tuntutan massa demonstran yang mengemuka? Bagaimana respons Kemenkes terhadap unjuk rasa penolakan RUU Kesehatan? Bagaimana ragam tanggapan demonstrasi penolakan dari 5 organisasi profesi kesehatan? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Lima Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan

3 dari 4 halaman

Infografis Demonstrasi Tolak RUU Kesehatan, Begini Respons Kemenkes

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Lima Organisasi Profesi Tolak RUU Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini