Sukses

Dewas KPK Bakal Panggil Irjen Dedi Prasetyo Terkait Polemik Pencopotan Brigjen Endar Priantoro

Syamsudin menyebut pihaknya membutuhkan keterangan Irjen Dedi Prasetyo untuk menentukan dugaan ada atau tidaknya pelanggaran etik yang dilakukan pimpinan KPK berkaitan dengan pemberhentian Brigjen Endar Priantoro.

Liputan6.com, Jakarta Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) menyatakan bakal meminta keterangan dari Asisten SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo berkaitan dengan pemberhentian Brigjen Endar Priantoro dari jabatan Direktur Penyelidikan KPK.

"Kasus pencopotan Pak Endar masih dalam proses. Dewas masih perlu klarifikasi pihak kepolisian, yakni Asisten SDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo," ujar anggota Dewas KPK Syamsudin Haris, saat dikonfirmasi, Rabu (3/5/2023).

Syamsudin menyebut pihaknya membutuhkan keterangan Irjen Dedi Prasetyo untuk menentukan dugaan ada atau tidaknya pelanggaran etik yang dilakukan pimpinan KPK. Namun, sejauh ini Dedi belum memiliki waktu mendatangi Dewas KPK.

"Sudah beberapa kali dijadwalkan, tetapi Beliau masih ada kesibukan lain," kata dia.

Dewan Pengawas (Dewas) KPK telah merampungkan pemeriksaan terhadap para pimpinan KPK terkait tindak lanjut laporan Brigjen Endar Priantoro yang dicopot dari jabatan Direktur Penyelidikan KPK.

Dari serangkaian pemeriksaan yang telah dilakukan Dewas, sayangnya Ketua KPK Firli Bahuri tidak terlihat oleh wartawan yang telah menunggu di pintu utama Gedung lama KPK, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2023).

Berdasarkan pantauan merdeka.com, sejak sekitar pukul 11.00 WIB, awak media telah berkumpul di pintu depan dan menemui dua Wakil Ketua KPK, Alexander Mawarna dan Nurul Ghufron. Kemudian disusul, Wakil Ketua Nawawi Pomolango sekitar pukul 13.00 WIB.

Namun ketika menantikan kedatangan Ketua KPK Firli Bahuri yang juga telah dijadwalkan menjalani pemeriksaan, hingga sampai sore hari tak kunjung terlihat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pimpinan KPK Selesai Diperiksa

Sampai akhirnya, anggota Dewas KPK Albertina Ho keluar gedung sekitar pukul 16.00 WIB. Kepada wartawan dia menyampaikan bahwa pemeriksaan terhadap para pimpinan KPK, termasuk Ketua KPK Firli Bahuri, telah selesai dilaksanakan.

"Semua sudah. Kalau materi klarifikasi enggak boleh. Sudah semua pokoknya dari pagi sampai sore," ujar Albertina.

Meski telah dipastikan Firli menjalani pemeriksaan oleh Dewas KPK hari ini, tetapi Albertina tidak memerhatikan keluar masuknya para pimpinan KPK. Termasuk Firli Bahuri yang diduga datang dan keluar dari pintu samping.

"Saya ya ndak tau, wong Pak Firli kok saya yang ditanya. (Semua pimpinan datang) datang semua, semuanya datang. (pemeriksaan) Sudah selesai semua. Yuk pulang yuk, sudah mau buka," ucap Albertina.

Dari lima pimpinan KPK semuanya telah menjalani pemeriksaan oleh Dewas, hanya Ketua KPK Firli Bahuri dan Wakil Ketua Johanis Tanak yang tidak terlihat di depan awak media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.