Sukses

Puncak Arus Balik Lebaran Idul Fitri Diprediksi 24-25 April, Kapolri: Rekayasa Lalin Disiapkan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan puncak arus balik lebaran Idul Fitri diprediksi akan terjadi pada 24-25 April 2023. Kebijakan rekayasa lalu lintas pun disiapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan puncak arus balik lebaran Idul Fitri diprediksi akan terjadi pada 24-25 April 2023. Kebijakan rekayasa lalu lintas pun disiapkan.

"Perlu dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa khususnya dari jajaran kepolisian seizin Menko PMK dan Menhub untuk pengaturan baik dij alur tol maupun di jalur arteri," kata dia saat konferensi pers via zoom, Minggu (23/4/2023)

Listyo menerangkan, kebijakan rekayasa mulai dari one way, contra flow dan ganjil genap akan diberlakukan agar beban jalan pada puncak arus balik dapat terurai. Bukan tanpa alasan, Listyo menyebut beban dengan kapasitas jalan baik di arteri maupun tol tak sebanding.

"Karena memang beban di tanggal 24 April dan 25 April puncak arus balik tersebut memang harus diurai karena apabila tidak akan terjadi kondisi stuck. Karena memang beban terkait dengan luas jalan ini memang beban yang ada melampaui kapasitas baik di jalan tol maupun arteri," ujar dia.

Listyo menyebut, kebijakan one way akan diberlakukan mulai dari KM 414 KM Gerbang Tol Kalikangkung sampai Gerbang Tol KM 70 Cikatama. Tak menutup kemungkinan, one way turut diterapkan sampai mengarah ke Jakarta.

"Kami telah mempersiapkan mulai dari KM 70, KM 36 bahkan sampai KM 3 500. Jadi hal ini kita persiapkan semua termasuk pengaturan contra flow," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

One Way Disesuaikan

Listyo menambahkan, pemberlakukan one way disesuaikan dengan perhitungan jasa marga untuk pemantauan terkait dengan volume kepadatan lalu lintas.

Harapannya, pengguna jalan khususnya pemudik bisa ikuti apa yang diputuskan oleh para petugas di lapangan.

"Sehingga kemudian penanganan arus balik bisa berjalan optimal karena kepatuhan terhadap aturan yang diberikan petugas dilapangan tentunya sangat membantu kelancaran dan keselamatan para pengguna jalan," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini