Sukses

Kebakaran Rumah di Bintaro Berhasil Dipadamkan, Tak Ada Korban Luka dan Jiwa

Liputan6.com, Jakarta Kebakaran rumah di Jalan MKJ 3 Nomor 2, RT 003/RW 15 di Kelurahan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Sekatan pada Rabu (29/3/2023) berhasil dipadamkan. Kebakaran padam sekitar pukul 09.10 WIB.

Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Syamsul Huda mengatakan pihaknya menerjunkan 15 unit mobil pemadam dengan jumlah 60 personel untuk memadamkan api di lokasi kebakaran.

Menurut Syamsul kobaran api dapat dipadamkan dalam kurun waktu sekitar 1,5 jam. Dia menyebut kebakaran diduga terjadi akibat arus pendek listrik dari mesin pemanas air yang disimpan di lantai dasar yang dengan cepat merambat ke benda mudah terbakar di rumah tersebut.

"Pemilik rumah, sepulang dari belanja melihat ada asap dari lantai bawah gudang penyimpanan sepatu. Kemudian berteriak meminta tolong ke warga. Selanjutnya warga berupaya memadamkan api dengan alat pemadam api ringan namun tak berhasil," kata Syamsul dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (29/3/2023).

Rumah berlantai dua yang terbakar ini dihuni satu Kepala Keluarga (KK) dengan total terdapat empat jiwa yang tinggal didalamnya. Tak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini.

Kendati demikian, belum ada rincian estimasi kerugian yang dipaparkan akibat kebakaran ini.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan peristiwa kebakaran di Jalan MKJ 3 Nomor 2, RT 003/RW 15, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan kebakaran Bintaro terjadi pada Rabu (29/3/2023) pukul 08.35 WIB pagi. Kebakaran melalap rumah tinggal di Bintaro, Pesanggrahan. "Penyebab, masih dalam pendataan," kata Isnawa dalam keterangan tertulis, Rabu (29/3/2023).

 

2 dari 2 halaman

Personel Diturunkan ke Lokasi Kebakaran

Sebagai upaya penanganan, saat ini api sedang dalam proses pemadaman oleh 13 unit pemadam kebakaran (Damkar).

Selain itu, turut dikerahkan 1 Unit TRC BPBD, 1 Unit PLN, 1 Unit PMI, 1 Unit AGD Dinkes, 1 Unit Dishub, dan 1 Unit Satpol PP untuk menanggani kejadian kebakaran ini.

Pada kejadian ini, personil PSKB/Tagana dinas sosial (Dinsos), Personil Polsek dan Personil Koramil juga ikut diturunkan ke lokasi kebakaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.