Sukses

Mudik Gratis Kapal Laut Dibuka Hari Ini, Simak Syarat dari Kemenhub

Pendaftaran mudik gratis kapal laut dari Kementerian Perhubungan resmi dibuka hari ini, Kamis (23/3/2023). Hal ini dibenarkan oleh Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditken Hubla) Kemenhub Sriyadi.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran mudik gratis kapal laut dari Kementerian Perhubungan resmi dibuka hari ini, Kamis (23/3/2023). Hal ini dibenarkan oleh Kepala Subbagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditken Hubla) Kemenhub Sriyadi.

"Benar (mudik gratis kapal laut dari Kemenhub di buka hari ini 23 Maret 2023)," kata dia kepada Liputan6.com saat dikonfirmasi.

Berdasarkan dari data yang diperoleh, untuk bisa mengikuti mudik gratis kapal laut dari Kemenhub ini, masyarakat harus membuka link pendaftaraan di mudikgratis.dephub.go.id.

Masyarakat yang hendak mengikuti program ini harus mengikuti sejumlah syarat dari Kemenhub. Adapun syarat untuk bisa mudik gratis kapal laut itu adalah:

  1. Siapkan indentitas diri Sobat Mudik
  2. Pada tanggal 23 Maret-5 April buka situs mudikgratis.dephub.go.id, pilih Kapal Laut dan ikuti instruksi yang ada untuk mendaftar secara online
  3. Setelah sukses, Sobat Mudik wajib melakukan verifikasi pendaftaran ke posko yang sudah disediakan, dengan membawa persyaratan berupa identitas diri yang asli (KTP, SIM C, dan KK) juga STNK Motor paling lambat 3x24 jam setelah tanggal pendaftaran online.
  4. Untuk jadwal verifikasi pada Senin 25 Maret sampai Minggu 7 April 2023 pada pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Untuk lokasi poskonya berada di:

  1. Kantor Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 8, Jakarta Pusat.
  2. Terminal Penumpang Nusantara, Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Jalan Panaitan Nomor 105 Tanjung Priok Jakarta Utara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

DKI Jakarta Buka Pendaftaran Mudik Gratis 23 Maret 2023

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyelenggarakan program mudik dan balik gratis angkutan lebaran 2023. Pendaftaran mudik gratis bakal dibuka pada 23 Maret 2023.

"Saat ini telah dilakukan Sosialisasi Kegiatan Mudik Gratis Pemrpov DKI Jakarta dan akan dibuka Pendaftaran pada tanggal 23 Maret 2023," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan resmi, dikutip Senin 20 Maret 2023.

Dishub DKI Jakarta menyediakan 278 unit bus dengan target 11.120 penumpang untuk mudik. Selain itu, juga disediakan 13 unit truk yang ditargetkan mengangkut 390 unit sepeda motor.

Sedangkan untuk arus balik disiapkan 204 unit bus dengan kuota 8.160 penumpang. Lalu, ada 10 unit truk dengan kuota 300 unit sepeda motor.

Sehingga, total ada 482 unit bus dengan kuota 19.280 penumpang dan 23 unit truk dengan 690 unit sepeda motor yang bakal diangkut untuk program mudik dan balik gratis pada lebaran 2023 ini.

Adapun proses pendaftaran dilakukan secara online dan offline. Untuk pendaftaran online akan dilakukan melalui website yang akan dimuat pada media sosial Dishub DKI Jakarta, Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, hingga laman resmi dishub.jakarta.go.id.

Sementara itu, pendaftaran secara offline bakal dilakukan di enam lokasi service point, yakni di Kantor Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Kantor Suku Dinas Perhubungan di 5 wilayah kota administrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.