Sukses

Buka Pameran All Food Indonesia, Moeldoko: Digitalisasi Jadi Senjata Tingkatkan Kapasitas UMKM

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyerukan pentingnya digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, ia juga berpesan agar penggunaan teknologi tidak menggantikan tenaga kerja di sektor UMKM.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyerukan pentingnya digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, ia juga berpesan agar penggunaan teknologi tidak menggantikan tenaga kerja di sektor UMKM.

“Presiden Jokowi menaruh perhatian pada pertumbuhan UMKM, khususnya tentang peningkatan usaha kelas mikro menjadi kelas kecil, kelas kecil menjadi kelas menengah. Caranya melalui digitalisasi,” kata Moeldoko saat membuka pameran All Food Indonesia yang diikuti puluhan pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang, Banten, dikutip dari siaran pers diterima, Sabtu (18/3/2023)

Namun Moeldoko mewanti, jangan sampai alat teknologi yang efisien mengurangi tenaga kerja dan menjadi tidak bijaksana. Oleh karena itu, pengaturan antara digital dan konvensional haris diatur demi menciptakan kemudahan dan meminimalisir risiko dari hadirnya teknologi.

"Peningkatan sektor kewirausahaan lokal berbasis ekonomi kreatif selalu menjadi fokus program pemerintah dan sektor ekonomi lokal terus diharapkan berinovasi agar mampu berjalan berdampingan dengan tuntutan global," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Digitalisasi Terhadap 19 Juta UMKM

Moeldoko mencatat, hingga saat ini, pemerintah telah berhasil melakukan digitalisasi terhadap 19 juta UMKM. Pemerintah pun terus melakukan berbagai upaya untuk mencapai target digitalisasi 30 juta UMKM di 2024.

“Saya mengapresiasi acara pameran seperti ini, karena ujungnya adalah mewujudkan keinginan presiden untuk meningkatkan kelas UMKM. Saya juga berharap acara ini menjadi satu semangat baru produsen,” Moeldoko menandasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.
    Moeldoko adalah purnawirawan Jenderal TNI yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia.

    Moeldoko