Sukses

Cak Imin Ajak PBB Gabung Koalisi PKB-Gerindra, Yusril Tunggu PDIP Umumkan Capres

Cak Imin menyebut, partainya terus mendekati PBB dengan harapan agar Yusril mau bergabung bersama Koalisi PKB-Gerindra.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menawarkan Partai Bulan Bintang (PBB) pimpinan Yusril Ihza Mahendra untuk bergabung bersama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). PKB, kata Cak Imin, terus mengajak parpol lain untuk bergabung ke KIR bersama Gerindra.

"Tentu kita menawarkan kepada PBB dan partai-partai lain untuk bergabung dengan koalisi Kebangkitan Indonesia raya. Koalisi kebangkitan Indonesia Raya ini akan terus berupaya agar partai-partai terus bergabung bersama kita," kata Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Cak Imin menyebut, partainya terus mendekati PBB dengan harapan agar Yusril mau bergabung bersama Koalisi PKB-Gerindra.

"PBB nanti kita akan terus dekati tetapi tadi sudah saya sampaikan semoga nanti akhirnya bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya," ucapnya.

Sementara itu, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra masih mengikuti perkembangan politik jelang Pemilu 2024 untuk bergabung ke koalisi. Kata dia, hingga saat ini PBB belum menentukan ke koalisi mana akan berlabuh.

"PBB memang betul sampai hari ini blm menentukan koalisinya. Kalaupun di pemerintahan sama-sama dengan PKB juga dalam koalisi kabinet Pak Jokowi," ucapnya.

Menurutnya, koalisi Pilpres 2024 baru final akan terbentuk ketika PDI Perjuangan sudah menentukan capresnya. Sebab, PDIP adalah partai penguasa yang juga memiliki tiket sendiri untuk mengusung capres-cawapres 2024.

"koalisi ini benar-benar akan terbentuk apabila PDIP sudah bersikap. Akan terbentuk apabila PDIP sudah bersikap karena kita tahu PDIP itu yang memegang suara terbanyak di DPR," tuturnya.

"Kita sekarang kemudian juga PDIP juga sedang memerintah sekarang, oleh karena itu keputusan dari PDIP itu akan mendorong terbentuknya koalisi yang lain," ucap Yusril menandaskan.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cak Imin Cek Kesaktian Yusril di Pilpres

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengungkap isi pertemuan empat mata antara dirinya dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra. Diketahui, pertemuan tersebut terjadi saat Yusril menyambangi Kantor DPP PKB sore hari ini.

“Reunian khusus tadi, jadi Pak Yusril ini orang hebat yang pernah menjadikan orang jadi presiden,” kata Cak Imin saat ditanya awak media di Kantor DPP PKB Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Cak Imin mencatat, ada dua sosok yang dijadikan presiden oleh Yusril, pertama Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Oleh sebab itu, Cak Imin mengaku penasaran siapa sosok yang akan menjadi presiden 2024.

“Nah ini saya pengen ngecek ‘kesaktiannya’ di 2024 ini siapa yg menang? Saya ngecek ke Pak Yusril, ternyata dia minta waktu seminggu untuk mendeteksi,” canda Cak Imin.

Sebelumnya berdasarkan pantauan di loksi, Yusril datang ke Kantor DPP PKB tanpa pengawalan. Dia mengemudikan mobilnya seorang diri. Kedatangannya langsung disambut oleh Sekjen PKB Hasanuddin Wahid.

“Wah ini dia, satu-satunya ketum partai yang nyetir sendiri. Sudah saatnya juga yang begini menyetir Indonesia haha,” canda Hasanuddin.

Mendengar itu Yusril terihat semringah. Dia pun dikawal masuk ke ruang dalam kantor DPP PKB untuk bertemu Cak Imin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.