Sukses

Anies Beri IMB dan Jokowi Kasih KTP ke Warga Tanah Merah, Ini Bedanya Menurut PSI

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyoalkan Anies Baswedan yang memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada warga Tanah Merah atau yang tinggal dekat dengan Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyoalkan Anies Baswedan yang memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada warga Tanah Merah atau yang tinggal dekat dengan Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Diketahui, dalam kejadian kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang ini mengakibatkan belasan orang meninggal dunia.

"Jadi janganlah kita main politik identitas, kalau bikin kontrak politik itu pakai akal sehat agar bisa dipertanggungjawabkan kalau enggak bapak dosa loh ke orang yang meninggal ini. Karena kalau enggak bapak kasih IMB kan mereka mungkin sudah dipindah ke tempat yang aman atau ada program lah," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie kepada wartawan, Selasa (7/3/2023).

Ia pun menyebut, Pemerintah Daerah (Pemda) DKI bisa saja melakukan relokasi atau pemindahan masyarakat ke tempat aman. Karena, DKI disebutnya mempunyai dana tahunan mencapai Rp89 triliun.

"DKI punya dana Rp89 triliun per tahun, 5 tahun Rp450 triliun, apa susahnya mengambil sebagian dari uang anggaran itu untuk memindahkan orang ke tempat yang aman," sebutnya.

Grace pun menyindir soal kegiatan Formula E yang menghabiskan uang mencapai triliunan rupiah. Selain itu, ia menyebut sejumlah kebijakan Anies kala itu hanya bagus di luarnya saja dan tidak sampai ke dalamnya.

"Formula-E yang cuma sekian hari saja Rp1 triliun lebih habis gitu kan. Jadi lagi-lagi Pak Anies nih mohon maaf. Tapi kebanyakan kebijakan yang sifatnya kosmetik, di luar kayaknya cantik kayaknya indah, tapi tidak memberikan solusi yang permanen untuk masyarakat," ungkapnya.

"Sayang aja punya budget untuk hal-hal yang lain-lain yang sifatnya bukan prioritas, tapi yang prioritas yang keselamatan yang nyawa yang air bersih itu enggak dikerjain," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beda dengan Pemberian KTP oleh Jokowi

Sementara itu, saat disinggung soal Joko Widodo (Jokowi) yang dulu pernah memberikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada warga di lokasi tersebut.

Hal itu disebut Bendahara Umum PSI Suci Mayang Sari memiliki tujuan berbeda dengan Anies yang memberikan IMB.

"Jadi kalau Pak Jokowi itu memberikan KTP itu kaitannya dengan fasilitas yang harus dimiliki oleh warga kan, Kartu Jakarta Pintar juga kartu kesehatan, kayak gitu," ujar Mayang.

"Jadi beda tujuannya, kalau Pak Anies kan memberikan IMB untuk tinggal di rumah itu kan, kalau KTP kan dia bisa pindah, dia berhak mendapatkan fasilitas dari pemerintah bedanya disitu," pungkasnya.

 

 

Reporter: Nur Habibie/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.