Sukses

Kepemilikan Lahan di Depo Pertamina Plumpang, Menteri ATR Sudah Identifikasi

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/Kepala BPN) Hadi Tjahjanto sudah mengidentifikasi kepemilikan lahan yang berada di kawasan Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/Kepala BPN) Hadi Tjahjanto sudah mengidentifikasi kepemilikan lahan yang berada di kawasan Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Pihaknya tengah mengukur mana lahan yang dimiliki PT Pertamina dan warga.

"Kemarin Kakanta (kepala kantor pertanahan) Jakarta Utara sudah saya perintahkan langsung turun ke lapangan untuk mengidentifikasi, identifikasi mana yang dimilki rakyat, mana punya Pertamina, mana punya PT kan, itu mana saja," kata Hadi di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Mantan Panglima TNI ini menunggu hasil lahan yang sudah diukur itu. Nantinya, dia akan membuat keputusan untuk membantu kedua belah pihak.

"Silahkan diukur kemudian hasilnya nanti dilaporkan ke saya sehingga saya bisa mengambil keputusan untuk membantu Pertamina, dan termasuk membantu masyarakat," ucapnya.

Hadi belum bisa memastikan apakah akan memberikan lahan itu ke warga. Menurutnya, pihaknya perlu melakukan pemetaan dengan Pertamina apakah area Depo BBM Plumpang itu masuk zona aman atau bahaya.

"Kita akan juga bisa berkoordinasi dengan Pertamina bisa gak zona aman ini kita berikan HGB di atas HGL, sehingga pertamina tidak kehilangan asetnya kekayaannya tetapi masyarakat menerima manfaat. Kita bisa dengan prosedur nanti adalah konsolidasi tanah. Kita atur mana jalan, mana fasilitas umum, sosial, rumahnya tidak landed, vertikal, seperti itu," tuturnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Dibangun Buffer Zone

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto mengatakan, seharusnya di depo tersebut memang dibangun zona penyangga (buffer zone) demi mengantisipasi bahaya, misalnya seperti kebakaran. Bahkan, di daerah itu sempat direncana untuk dibangun kanal untuk melindungi pemukiman.

"Terkait buffer zone, ini kejadian di Plumpang. Sebetulnya sudah cukup lama bahwa memang tanah Plumpang Depo Pertamina itu padat sekali dikelilingi. Itu sudah dari dulu sudah direncanakan, Pak Erick kalau nggak salah dalam jumpa persnya akan memindahkan ke lokasi Pelindo tapi dalam 2,5 tahun. Itu masa yang cukup lama," kata Himawan.

"Memang dulu ada rencana membuat semacam kanal yang melindungi selebar 50 m. Kami belum sempat diskusi teknis, kami baru koordinasi beberapa dengan teman-teman Pertamina," tambahnya.

Reporter: Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.