Sukses

Top 3 News: Janji Politik Anies Baswedan Disorot Usai Warga Jadi Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Menurut anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak, sudah sepatutnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu turut bertanggung jawab atas musibah kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat malam 3 Maret 2023 menelan korban jiwa dari masyarakat sekitar.

Permukiman warga yang hanya berjarak beberapa meter saja dari pusat utama si jago merah pun dikaitkan dengan hasil janji politik Anies Baswedan terhadap Kampung Tanah Merah.

Menurut anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak, sudah sepatutnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu turut bertanggung jawab atas musibah yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang.

Dengan adanya peristiwa itu, lanjut Gilbert, sudah sepatutnya masyarakat yang tinggal di permukiman Depo Pertamina Plumpang segera direlokasi. Tentunya hal itu demi terhindar dari musibah berulang di kemudian hari.

Sementara itu, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengunjungi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Minggu 5 Maret 2023 di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Prabowo Subianto mengatakan, bersama Surya Paloh membahas Pemilu 2024 saat bertemu. Dia kemudian menegaskan, baik Gerindra maupun NasDem akan saling menghormati putusan masing-masing partai di Pemilu 2024.

Hal senada juga disampaikan oleh Surya Paloh, dia sepakat untuk menjaga agar stabilitas pada Pemilu 2024 tetap terjaga. Serta menjaga keamanan dan kerukunan, agar pesta demokrasi yang akan datang tak seperti Pemilu sebelumnya.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Direktur Utama Pertamina atau Dirut Pertamina Nicke Widyawati angkat bicara usai kejadian kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Dirinya bahkan langsung terbang ke Jakarta, Indonesia meski sedang melakukan perjalanan bisnis ke Jepang usai mengetahui kejadian kebakaran.

Nicke menyampaikan rasa dukanya terhadap korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Dia meminta maaf atas kejadian tak terduga tersebut.

Sleain itu, Nicke memastikan pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik bagi korban dan keluarga korban hingga pulih. Seluruh biaya perawatan itu bakal ditanggung oleh Pertamina.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 5 Maret 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Warga Jadi Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Janji Politik Anies Baswedan Disorot

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara menelan korban jiwa dari masyarakat sekitar.

Permukiman warga yang hanya berjarak beberapa meter saja dari pusat utama si jago merah pun dikaitkan dengan hasil janji politik Anies Baswedan terhadap Kampung Tanah Merah.

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak menyatakan, sudah sepatutnya mantan Gubernur DKI Jakarta itu turut bertanggung jawab atas musibah yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang.

“Sejak awal sudah diketahui bahwa Depo Pertamina Plumpang tidak boleh ditempati dengan jarak tertentu. Lahan tersebut adalah milik PT Pertamina yang ditempati warga, akan tetapi oleh Anies sewaktu menjabat Gubernur diberi Izin Mendirikan Bangunan, yang jelas bertentangan dengan peraturan,” tutur Gilbert kepada wartawan, Minggu 5 Maret 2023.

Dengan adanya peristiwa itu, lanjut Gilbert, sudah sepatutnya masyarakat yang tinggal di permukiman Depo Pertamina Plumpang segera direlokasi. Tentunya hal itu demi terhindar dari musibah berulang di kemudian hari.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Prabowo dan Surya Paloh Sepakat Beda Jalur di Pemilu 2024

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengatakan, membahas Pemilu 2024 saat bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh di kediamannya, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu 5 Maret 2023.

"Saya berbicara cukup luas, cukup mendalam, kita dapat suatu kesimpulan tertentu, kita sepakat untuk saling menghormati keputusan politik masing-masing, kita sepakat bahwa kita ingin suasana bangsa dan negara selalu dalam keadaan damai, dalam keadaan rukun, dalam keadaan bersatu, bahwa persaingan, rivalitas itu perlu," kata Prabowo.

Dia pun menegaskan, baik Gerindra maupun NasDem akan saling menghormati putusan masing-masing partai di Pemilu 2024.

"Kita sudah sepakat kita akan menghormati keputusan politik masing-masing, kita masing-masing akan menghormati apapun keputusan politik Pak Surya dengan NasDem, sebagai sahabat apapun kita hormati keputusan politik," ungkap Prabowo.

Hal senada juga disampaikan oleh Surya Paloh, dia sepakat untuk menjaga agar stabilitas pada Pemilu 2024 tetap terjaga. Serta menjaga keamanan dan kerukunan, agar pesta demokrasi yang akan datang tak seperti Pemilu sebelumnya.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Lima Pernyataan Dirut Nicke Widyawati Usai Insiden Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Direktur Utama Pertamina atau Dirut Pertamina Nicke Widyawati yang sedang melakukan perjalanan bisnis ke Jepang langsung terbang ke Indonesia setelah kebakaran melanda Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat malam 3 Maret 2023.

Nicke pun menyampaikan rasa dukanya terhadap korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Dia meminta maaf atas kejadian tak terduga tersebut.

"Di sini saya beserta jajaran Pertamina juga menyampaikan permohonan maaf yang mendalam atas terjadinya insiden ini. Tidak ada satu pun dari kita menginginkan insiden ini terjadi," ujar Dirut Pertamina Nicke Widyawati dengan suara sedikit bergetar di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta, Sabtu 4 Maret 2023.

Berdasarkan informasi, dari 35 orang korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang dirawat, sebanyak 25 orang dirawat di RSPP, dua orang dirawat di RS Pertamina Jasa, tiga orang di RSUD Koja, satu orang di RS Cipto Mangunkusumo, dua orang di RS Tugu Koja, dan dua orang di RS Pelabuhan.

Nicke memastikan pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik bagi korban dan keluarga korban hingga pulih. Seluruh biaya perawatan itu bakal ditanggung oleh Pertamina.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.